5 Makanan yang Harus Dihindari Ketika Hamil

Sebuah kehamilan adalah kado terindah bagi pasangan suami istri, bagaimana tidak?ketika dirumah sepi tanpa ada tangisan seorang bayi tiba-tiba hadir buah hati yang mencairkan suasana. Tetapi sebelum seorang wanita melahirkan alangkah pentingnya menjaga kesehatan janin selama kehamilan. Sebelum seorang wanita melahirkan apakah ada pantangan untuk tidak makan sesuatu?makanan sangatlah penting untuk menjaga kesehatan janin, karena apa yang dimakan akan menjadi sumber makanan bagi janin. Coba bayangkan apabila anda salah mengkonsumsi makanan, maka bisa berakibat fatal pada kesehatan janin anda. Berikut adalah makanan yang harus dihindari ketika sedang hamil:



1.Makanan setengah masak
Sekarang banyak beredar makanan setengah masak atau bahkan makanan yang belum dimasak sama sekali, seperti sushi, tiram, telur setengah masak dan daging maupun ikan yang masaknya tidak optimal. Ketika makanan tersebut tidak diolah secara baik dikhawatirkan akan ada virus maupun bakteri yang ada dalam makanan tersebut yang belum mati ikut termakan oleh wanita yang sedang hamil, bakteri maupun virus tadi akan berakibat buruk terhadap tumbuh kembang janin.

2.Hotdog
Bakteri Listeria monocytogenes adalah bakteri yang menyebabkan seeorang wanita akan mengalami keguguran, ataupun mengalami gangguan kesehatan janin yang lainnya. Bakteri ini biasanya terdapat pada makanan seperti hotdog dan olahan ikan laut seperti salmon, ikan tuna ikan putih dan masih banyak lagi. Memasak yang optimal sangat penting untuk membunuh bakteri tersebut. Untuk menghindari cemaran bakteri Listeria monocytogenes, cucilah peralatan dan tangan ada ketika kontak langsung dengan makanan tersebut. Kebersihan tangan dan lingkungan sangatlah penting untuk menjaga kesehatan janin anda.

3.Ikan yang besar
Ikan-ikan yang besar seperti hiu, lele jumbo, dan ikan besar lainnya dikhawatirkan mengandung merkuri sehingga akan mengganggu kesehatan janin. Kandungan merkuri yang terdapat pada ikan akan menghambat perkembangan otak dan saraf pada janin. Karena sekarang banyak sekali perairan yang tercemar oleh industry pabrik sehingga membuat ekosistem yang ada diperairan menjadi tidak baik. Sebaiknya jangan terlalu sering untuk makan-makanan tersebut.

4.Makan lalapan
Makan lalapan seperti daun kemangi, kecambah, semanggi dan lobak dikahawatirkan akan ada bakteri karena bakteri tidak akan keluar dengan hanya dicuci. Biasanya makanan tersebut tidak dimasak, hanya dibilas dengan air bersih sedangkan anda tidak tahu apakah didalam makanan tersebut ada bakterinya atau tidak.

5.Jus Buah
Jus buah yang tidak mengalami pasteurisasi dimungkinkan akan ada bakteri E. coli apalagi dalam pembuatannya tidak memperhatikan kebersihan alat maupun bahannya. Bakteri E. coli dalam jumlah banyak akan mempengaruhi kesehatan janin anda.


Itulah makanan dan minuman yang harus dihindari ketika anda sedang hamil, perhatikan makanan dan minuman anda ketika hamil sehingga dapat melahirkan anak yang sehat. Gaya hidup sehat dan olahraga teratur seperti senam kehamilan dapat menjaga kesehatan janin anda

rumus ideal berat badan, serit rambut, mainan untuk anak 1 tahun, rumus berat ideal, menghitung bb ideal