6 Hal yang Menyebabkan Sering Kentut

Buang gas atau yang disebut dengan kentut memang tidak menyenangkan bagi yang mencium baunnya tapi bagi yang mengeluarkan kentut itu sangat melegakan. Keluarnya kentut tidak bisa kita prediksi, terkadang bisa keluar disaat sedang kumpul bersama, rapat, didalam ruangan, atau bahkan ketika beribadah. Kira-kira kentut memberikan tanda-tanda apa ya mengenai kesehatan?banyak orang mengira jika bisa kentut berarti tubuh seseorang sedang mengalami kondisi yang prima. Tetapi jika mengeluarkan kentut sembarangan juga akan membuat situasi menjadi tidak nyaman. Karena kentut biasanya memiliki bau yang tidak sedap sehingga membuat yang menciumnya menjadi tidak nyaman. Berikut adalah penyebab keluarnya kentut dari tubuh:





1.Mengeluarkan bakteri yang diambang batas
Didalam perut terdapat banyak macam bakteri, apabila didalam perut terjadi proses  fermentasi baik diusus besar maupun kecil harus ada keseimbangan gas. Apabila dalam usu besar dan usus kecil tidak seimbang maka akan menyebabkan perut menjadi kembung. Dengan begitu gas akan keluar sehingga beberapa bakteri ikut keluar bersama gas. Untuk mengatasi keseimbangan pada usus besar dan kecil maka konsumsilah buah-buahan dan kacang-kacangan.

2.Makan sambil bicara
Dari segi adab makan sambil bicara memang tidak baik, inilah salah satu penyebab seseorang mengeluarkan kentut. Dengan makan sambil bicara maka banyak udara yang masuk bersamaan dengan makanan. Banyaknya gas yang masuk kedalam system pencernaan akan membuat perut menjadi kembung sehingga menyebabkan anda untuk mengeluarkan gas entah itu kentut atau bersendawa. Sebaiknya makanlah secara perlahan dan jangan sambil bicara karena itu lebih baik dan supaya tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersedak.

3.Minum susu dan olahahannya
Salah satu penyebab kentut adalah minum susu dan produk olahannya seperti keju. Saat usia semakin usia bertambah enzim laktat semakin berkurang sehingga menyebabkan proses penyerapan susu yang terjadi dalam system pncernaan tidak optimal sehingga menyebabkan anda mengeluarkan gas.

4.System pencernaan yang bermasalah
Ketika anda sering buang gas, maka system pencernaan anda sedang terganggu. Apalagi jika intensitas buang gas terlalu sering. Sebaiknya periksakan kepada dokter sehingga akan didiagnosa penyebabnya.

5.Wanita menopause
Wanita yang sedang menopause akan lebih sering mengalami kentut dikarenakan perubahan hormone yang terjadi pada tubuh wanita. Entah itu estrogen atau progesterone yang mendominasinya. Olahraga yang teratur dapat mebantu masalah ini karena usus mengalami pergerakan yang teratur.

6.Sembelit
Sembelit akan menyebabkan anda sering kentut karena sulit untuk buang air besar, makan akan banyak gas diperut anda untuk dikeluarkan. Banyak minum air putih dan olahraga teratur untuk mencegah sembelit.

Itulah 6 hal yang menyebabkan sering kentut, kentut adalaah sesuatu yang alami dan tidak menimbulkan masalah yang berarti. Tetapi jika terlalu sering itu dapat mengganggu orang disekitar anda. Lakukanlah pemeriksaan jika terlalu sering kentut.