6 Hal Untuk Meningkatakan Daya Ingat

Setiap orang pasti akan senang memiliki daya ingat yang kuat, sehingga mampu menghapal dan mengingat sesuatu dengan baik. Daya ingat akan menguat pada masa awal remaja dan akan menurun secara perlahan-lahan bersamaan bertambahnya umur. Gaya hidup yang baik dapat meningkatakan daya ingat seseorang.Dengan gaya hidup yang baik dapat memebantu tumbunya neuron baru atau yang disebut dengan neurogenesis. Gaya hidup berperan penting terhadap daya ingat seseorang seperti pola makan, stress, kurang tidur dan masih banyak lagi yang dimana dapat menghambat kinerja otak. Berikut adalah beberapa hal yang dapat meningkatkandaya ingat anda supaya tidak mudah lupa :




1.Perhatikan makanan yang anda makan
Sangat penting apabila anda makan untuk memperhatikan kandungan dari makanan tersebut seperti antioksidan, omega 3, lemak nabati dan yang lainnya yang dimana dapt berperan penting untuk meningkatkan daya ingat seseorang. Makanan seperti kembang kol, brokoli, minyak ikan dan minyak kelapa sangat baik untuk meningkatkan daya ingat.

2.Latihan untuk mengingat
Semakin sering untuk melakukan latihan maka akan meningkatkan daya ingat seseorang. Lakukanlah menghafal sesuatu seperti menghafal al qur’an, pertama-tama akan sulit tapi lama-kelamaan akan mudah. Dengan begitu anda tidak mudah lupa dan memiliki banyak hafalan.

3.Jangan melakukan banyak hal dalam satu waktu
Melakukan banyak hal dalam satu waktu membuat otak tidak bekerja dengan baik sehingga membuat anda mudah lupa. Fokuslah terhadap satu hal dulu kemudian selesaikan hal yang berikutnya dengan begitu otak dapat bekerja dengan baik sehingga dapat meningkatkan daya ingat anda.

4.Kualitas tidur yang baik
Seseorang yang memiliki kualitas tidur yang baik maka otak juga akan beristirahat secara optimal, setelah bangun tidur maka otak akan berfikir dengan jernih dan tidak mudah lupa. Tidur yang cukup dapat meningkatkan daya ingat seseorang.

5.Lakukanlah permainan otak
Melakukan permainan otak dapat meningkatkan daya ingat dikarenakan otak diajak untuk bekerja secara optimal dan Meningkatkan stimulus sehingga otak tidak melemah. Luangkan waktu untuk melakukan permainan otak.

6.Berpuasa
Puasa sangat baik untuk meningkatkan daya ingat seseorang dikarenakan ketika berpuasa akan sedikit menghasilkan glukosa dan lebih banyak menghasilkan keton, dimana keton merupakan lemak sehat yang akan membantu meningkatkan daya ingat. Puasa senin-kamis sangat baik untuk membuat tubuh menjadi sehat bahkan dapat meningkatkan daya ingat.

Itulah 6 hal yang dapat meningkatkan daya ingat anda, daya ingat menurun dikarenakan banyak factor. Penyebab menurunnya daya ingat salah satunya adalah gaya hidup sehat, dizaman modern ini banyak yang tidak memperhatikan gaya hidup sehat, sehingga menyebabkan  daya ingat menurun dan mudah lupa.