8 Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Mandi sudah menjadi kebiasaan setiap orang yang dilakukan pada setiap harinya. Kebanyakan orang melakukan mandi supaya tubuh menjadi lebih segar, menghilangkan bau badan dan rasa lelahpun terobati. Dengan mandi seakan-seakan semua rasa penat dan lelah hilang bersama guyuran air yang membasahi tubuh. Beberapa orang mandi menggunakan air hangat entah karena takut dingin atau ingin mendapatkan sensasi yang berbeda. Kira-kira apa manfaat mandi air hangat untuk kesehatan tubuh?Berikut adalah beberapa manfaat yang didapat ketika mandi air hangat:




1.Memperlancar aliran darah
Mandi air hangat dapat memperlancar aliran darah dikarenakan dengan air hangat jantung lebih terpacu sehingga memompa lebih cepat dan memperlancar aliran darah. Mandi air hangat yang dilakukan 1-2 kali dalam seminggu sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh bahkan kesehatan jantungpun juga terjaga.

2. Membuat tidur lebih pulas
Siapa yang tidak suka tidur dengan pulas?setiap orang pasti akan menginginkan tidur pulas, tapi banyak orang yang sulit untuk mendapatkannya. Dengan mandi air hangat dapat membantu anda supaya mendapatkan tidur pulas  dikarenakan air hangat tubuh menjadi tenang dan melemaskan otot-otot yang tegang setelah beraktifitas seharian sehingga tidurpun menjadi pulas.

3. Menghilangkan nyeri sendi
Setelah melakukan olahraga atau aktifitas yang melelahkan terkadang membuat otot kaku bahkan nyeri sendipun terasa sakit. Mandin air hangat dapat membuat otot menjadi tidak tegang dan nyeri sendi dapat terobati. 

4. Menurunkan tekanan darah
Mandi air hangat dapat menurunkan tekanan darah dikarenakan jantung berdetak lebih kencang, akan tetapi bagi penderita jantung alangkah lebih baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai mandi air hangat supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

5. Menurunkan berat badan
Mandi dengan air hangat seperti melakukan sauna, dapat mengurangi berat badan apabila dilakukan secara rutin dan teratur.

6. Membersihkan kulit
Tentunya mandi akan membersihkan kulit, tetapi mandi dengan air hangat lebih optimal dalam membersihkan kulit dari kotoran maupun keringat yang menempel pada kulit.

7. Mengurangi sakit kepala
Sakit kepala atau pusing biasanya disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah, sehingga dengan mandi air hangat dapat mengurangi sakit kepala karena pembuluh darah dikepala menjadi lancer.

8. Mencegah batuk dan flu (pilek)
Dengan mandi air hangat, lendir yang ada ditenggorokan dapat berkurang sehingga dapat mencegah batuk dan penyakit flu. Bahkan mandi air hangat dapat meringankan gejala flu maupun batuk.

Itulah 8 manfaat mandi air hangat untuk kesehatan tubuh, dengan mandi air hangat semoga kesehatan tubuh anda dapat terjaga dengan baik.