4 Langkah Mengatasi Kapalan

Kapalan merupakan penebalan kulit yang berada ditelapak kaki maupun ditelapak tangan. Kebanyakan orang pasti sudah mengalami yang namanya kapalan. Kapalan terjadi pada kebanyakan pria tetapi tidak menutup kemungkinan seorang wanita yang memiliki pekerjaan berat juga mengalami kapalan. Kapalan terjadi akibat adanya penekanan terhadap kulit baik ditelapak tangn maupun ditelapak kaki sehingga membuat kulit menjadi tebal dan kasar. Kapalan membuat orang tidak percaya diri apalagi bila terjadi ditelapak tangan, karena akan terlihat kasar apabila berjabat tangan dengan seseorang. Maka perlu adanya tindakan supaya kapalan dapat segera diatasi sehingga tidak menimbulkan sakit pada kulit. Berikut adalah cara mengatasi kapalan yang harus anda ketahui:

1.Rendam dengan air hangat
Rendamlah kaki maupun tangan anda yang terdapat kapalan kedalam air hangat selama 15 menit. Perendaman ini bertujuan untuk melunakan kapalan yang ada ditelapak tangan maupun kaki. Jika kapalan tidak terlalu parah maka kulit akan mengelupas dengan mudah. Lakukanlah secara rutin supaya kapalan dapat dihilangkan dengan tuntas.



2.Gosok dengan batu apung
Gosoklah dengan lembut kapalan yang ada ditelapak tangan maupun kaki dengan batu apung. Gosoklah hingga kulit yang kapalan mengelupas dan berhati-hatilah jangn sampai terluka. Jika dirasa sudah cukup maka hentikanlah penggosokan dengan batu apung.

3.Mengunakan pelembab atau krim
Gunakan pelembab atau krim yang mengandung asam salisilat. Bahan ini melembutkan kulit dan mencegah kapalan terjadi pada kulit anda. Beberapa dokter merekomendasikan untuk menggunakanya untuk menghilangkan kapalan.

4.Konsultasikan dengan dokter
Apabila dengan langkah-langkah tersebut diatas tidak dapat menyembuhkan karena kapalan yang terjadi terlalu banyak dan sudah parah, sebaiknya anda periksakan kedokter sehingga ada penangan lebih lanjut dan yang jelas menggunakan alat yang streril dan aman sehingga mencegah terjadinya infeksi.

Itulah 4 langkah mengatasi kapalan, semoga dapat diterapkan dan dapat menyembuhkan kapalan sehingga membuat anda lebih percaya diri.