5 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan memang tidak menyenangkan, jangankan untuk makan sekedar menelan ludah saja sakit. Kondisi cuaca dan imunitas seseorang dapat mempengaruhi kesehatannya, yang dapat menyebabkan tenggorokan menjadi sakit. Sakit tenggorokan dapat disebabkan karena terjadinya radang pada tenggorokan. Untuk menyembuhkannya maka perlu dilakukan pertolongan pertama sebelum diperiksakan kedokter. Apabila dengan pertolongan pertama bisa sembuh maka tidak perlu pergi kedokter. Berikut adalah pertolongan pertama yang bisa dilakukan:

1.Berkumur  dengan air garam
berkumur dengan air garam sangat baik untuk mengurangi bahkan menyembuhkan sakit tenggorokan. Air garam yang hangat sebagai antiseptik, selain itu garam memiliki sifat dalam membersihkan lendir pada tenggorokan tempat bersarangnya bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan serta dapat meredakan rasa sakit.



2.Minum Obat anti peradangan
minum obat anti peradangan merupakan cara mudah yang dilakukan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.  mengkonsumsi obat anti peradangan non-steroid, seperti tablet yang mengandung ibuprrofen. Obat anti peradangan dapat dibeli diapotik-apotik maupun ditoko obat terdekat. Obat anti peradangan adalah kombinasi penghilang rasa sakit dan anti-peradangan, sehingga mereka akan membuat Anda merasa lebih baik dan mereka juga akan mengurangi beberapa pembengkakan terkait dengan sakit tenggorokan.

3.Cukupi  Kebutuhan cairan tubuh
Minum air putih yang cukup selain terhindar dari dehidrasi juga dapat mengurangi alergi dan bakteri yang berkumpul ditenggorokan. Kebutuhan jumlah cairan dalam tubuh apabila sudah terpenuhi maka akan menjaga membran mukus tetap lembab sehingga perlawanan terhadap bakteri atau alergen menjadi lebih kuat.

4.Cukupilah waktu istirahat
Istirahat sangatlah penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima, terlebih lagi apabila sedang sakit. Istirahat yang cukup akan membantu tubuh untuk menyembuhkan sakit tenggorokan yang diderita karena dengan istirahat pemicu sakit tenggorokan yang  dipicu oleh virus influenza  dapat diatasi sendiri oleh tubuh ketika tubuh mendapatkan istirahat yang cukup.

5.Konsumsilah sayuran berkuah
Sayuran yang berkuah dan mengandung natrium dapat menjadi obat sakit tenggorokan anda. Natrium dalam kaldu benar-benar memiliki sifat anti-inflamasi, dan rasa sakitnya perlahan-lahan akan menghilang. 

Demikian 5 hal yang dapat menyembuhkan sakit tenggorokan yang anda derita, semoga 5 hal tersebut cukup untuk menyembuhkan sakit tenggorokan anda sehingga tidak perlu periksa kedokter.