4 Kebiasaan Buruk Ketika Sedang Makan

Setiap orang memiliki kebiasaan yang dilakukan dalam segalah hal, tak terkecuali ketika makan. Makan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi supaya kesehatan dan keberlangsungan hidup tetap terjaga. Tetapi apabila kebiasaan makan yang kita lakukan salah dapat menyebabkan gangguan kesehatan maupun berdampak buruk bagi tubuh. Kebiasaan buruk saat makan harus segera dihilangkan, kebanyakan dari kita tidak paham apakah yang kita lakukan buruk atau tidak yang terpenting ketika lapar ya makan. Berikut adalah kebiasaan buruk yang dilakukan ketika makan:

1.Makan sambil bicara
Banyak orang tua yang mengajarkan kepada anaknya untuk makan tidak sambil bicara, makan sambil bicara dapat menyebabkan seseorang tersedak. Jika tersedaknya parah maka akan menutup saluran pernapasan dan dapat menyebabkan kematian. Selain itu, makan sambil bicara membuat udara yang masuk kedalam perut terlalu banyak sehingga membuat perut menjadi kembung dan begah.



2.Makan malam terlalu larut
Waktu malam hari digunakan tubuh untuk beristirahat termasuk system pencernaan. Apabila makan terlalu larut maka membuat system pencernaan bekerja diluar jam kerjanya yang akan membuat  siklus tidak seimbang. Sehingga makan larut malam menyebabkan perut anda semakin buncit dan terpenting lagi adalah kualitas tidur anda berkurang. Sebaiknya aturlah jadwan makan supaya tidak makan terlalu larut sehingga metabolism tubuh terjaga dengan baik.

3.Makan dengan porsi yang besar
Bebrapa orang tidak merasa puas apabila tidak makan menggunakan porsi yang besar. Bahkan ada yang nambah ketika selesai makan. Makan terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan system pencernaan. Selain itu makan terlalu banyak membuat tubuh memiliki berat badan yang berlebih. Berat badan yang berlebih akan menyebabkan seseorang mengalami obesitas. Sebaiknya makanlah secukupnya dan berhentilah ketika kenyang, banyak yang ngemil atau makan sambil nonton tv yang membuat nafsu makan bertambah besar sehingga rasa kenyang tidak terasa karena keasyikan nonton tv. Buatlah kebiasaan untuk makan dimeja makan sehingga anda lebih focus dan nyaman ketika makan.

4.Tidak mengunyah makanan dengan halus
Entah karena sudah biasa atau karena belum tahu mengunyah makanan yang sebentar dan tidak halus dapat membuat sistem pencernaan bekerja keras untuk mencerna makanan. Selain itu makan terlalu cepat membuat air liur yang membantu untuk mencerna makanan ketika sampai disistem pencernaan juga sedikit sehingga banyak enzim maupun nutrisi yang tidak dapat diproses oleh sitem pencernaan. Kunyahlah makanan anda sehingga halus dan nikmatilah makanan anda, jangan terlalu cepat dan terburu-buru.

Demikaian 4 kebiasaan buruk ketika makan, semoga dengan hal tersebut membuat kita berusaha menjaga kebiasaan makan dengan baik.