5 Langkah yang Harus Dilakukan Ketika Disengat atau Digigit Serangga

Kehadiran serangga memang tidak bisa diduga, tiba-tiba langsung menyengat dan tidak tau dari mana arahnya. Serangga bisa diketemukan dirumah, jalan, tempat kerja, sekolah apalagi dialam terbuka. Gigitan serangga memang sangat beragam ada yang bisa menyebabkan bengkak bahkan menyebabkan kelumpuhan dan kematian. Semua tergantung jenis serangga yang menggigit, biasanya serangga ketika menggigit atau menyengat meninggalkan racun sehingga membuat daerah yang terkena gigitan menjadi bentol, bengkak adan timbul rasa nyeri. Untuk mengatasi gigitan serangga, berikut ada beberapa langkah yang harus diperhatikan:

1.Menjauh Dari tempat kejadian
Ketika serangga menyerang dan menggigit , sebaiknya anda mencari tempat yang lebih aman sehingga tidak ada sengatan untuk yang kedua kalinya.



2.Cepatlah untuk membuang dan membunuh serangga yang menggigit
Bagaimanapun serangan serangga biasanya tidak pernah kita duga, biasanya dengan cepat serangga menggigit tubuh sehingga membuat tubuh terkena racunnya. Seketika itu juga harus ada reflex yang cepat untuk mencabut sengatan serangga dan membnuhnya sehingga racun yang masuk kedalam tubuh tidak terlalu banyak.

3.Membersihkan daerah sengatan
Bersihkan daerah sengatan serangga menggunakan air sabun atau air biasa, dengan dibersihkan menggunakan air  racun yang masih dipermukaan kulit dapat dihilangkan.

4.Mengkompres daerah sengatan
Sengatan serangga menimbulkan bekas berupa bengkak entah itu kecil maupun besar dan biasanya timbul rasa gatal maupun nyeri. Untuk mengurangi rasa yang ditimbulkan oleh sengatan serangga maka kompreslah daerah sengatan menggunakan es batu.

5.Periksakan kedokter
Apabila dengan langkah langkah diatas tidak dapat menyebabkan nyeri mauapun rasa sakit berkurang sebaiknya konsultasikan dengan dokter sehingga akan mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Itulah 5 langkah untuk mengatasi gigitan maupun sengatan serangga, semoga dengan hal tersebut diatas apabila terkena sengatan serangga kita tidak panik dan dapat melakukan pertolongan pertama sehingga membuat gigitan serangga tidak semakin parah.