5 Gejala Stroke yang Perlu Diketahui

KESEHATANKU-Setiap orang berharap supaya memiliki tubuh yang sehat dan tidak mengalami sakit. Kesehatan memang sangat penting dan patut untuk disyukuri. Dengan memiliki tubuh yang sehat seseorang dapat melakukan segala aktifitasnya sehingga menghasilkan karya dan memberikan manfaat bagi orang lain. Bayangkan saja apabila tiba-tiba seseorang terkena stroke, tentu akan sangat sulit untuk melakukan sebuah pekerjaan. Jangankan pekerjaan bahkan untuk mengurus dirinya sendiri saja tidak bisa. 

Beberapa penderita stroke apalagi stroke berat tidak bisa menggerakan bebrapa bagian tubuhnya. Penyakit stroke ringan mungkin tetap bisa melakukan beberapa kegiatan tetapi tetap saja mengalami kesulitan. Penyebab penyakit stroke adalah karena aliran darah yang menuju otak tidak lancar, sehingga kebutuhan otak akan darah tidak terpenuhi dengan baik. Otak yang kekurangan darah membuat sel-sel otak menjadi mati yang menyebabkan beberapa jaringan pada tubuh tidak berfungsi. Untuk itu kenalilah gejala-gejala stroke sehingga dapat dilakukan pencegahan. Berikut adalah gejala-gejala stroke yang perlu diketahui:


5 Gejala Stroke yang Perlu Diketahui


1. Penglihatan Menjadi tidak Tajam
Gejala stroke yang satu ini tidak terlalu diperhatikan dan banyak yang menganggapnya sesuatu yang sepele. Padahal penglihatan yang kabur dan tidak tajam menjadi salah satu indikasi penyakit stroke.

2. Pusing
Apabila sering merasa pusing secara tiba-tiba maka perlu diwaspadai karena bisa jadi pusing yang tiba-tiba tersebut merupakan gejala penyakit stroke. Jika terlalu sering sakit kepala sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk lebih mengerti keadaan anda sebenarnya.

3. Nyeri pada bagian tertentu
Tanpa adnya pekerjaan yang berat tiba-tiba mengalami nyeri pada bagian tubuh. Nyeri merupakan salah satu gejala stroke yang sering muncul, biasanya nyeri muncul pada bagian kaki, lengan bahkan wajah.

4. Sulit mengerakan bibir
Bagi penderita stroke melakukan senam wajah sangat sulit, tetapi bagi orang sehat melakukan senam wajah sangat mudah. Salah satu gerakan ssenam wajah adalah senyum, menggerak-gerakan bibir. Apabila sulit untuk menggerakan bibir atau bagian wajah yang lainnya itu berarti gejala stroke sudah nampak.

5. Sulit Untuk Berfikir
Karena kurangnya pasokan darah keotak meyebabkan beberapa bagian sel-sel yang ada diotak menjadi mati. Sehingga akan sulit menerima respon dari luar. Ini yang menyebabkan sipenderita sulit untuk berkomunikasi dan menghitung.

Demikian 5 gejala yang menyebabkan penyakit stroke, Lakukan gaya hidup sehat supaya aliran darah yang menuju keseluruh tubuh lancar terutama pada bagian otak. Sehingga stroke dapat kita hindari. Apabila tanda-tanda diatas dirasakan pada tubuh sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter sehingga dapat segera diatasi.