5 Kebiasaan yang Menyebabkan Penuaan Dini

5 Kebiasaan yang Menyebabkan Penuaan Dini-Banyak anggapan bahwa penuaan dini disebabkan oleh stres dan merokok. Kedua faktor tersebut benar, tetapi di sisi lain ada banyak faktor lain yang menyebabkan proses penuaan lebih dini lebih cepat. Beberapa Kebiasaan yang anda lakukan dapat menjadi penyebab proses penuaan dini. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan proses penuaan dini lebih cepat:

1. Mendengarkan musik terlalu keras
Mendengarkan musik favorit memang menyenangkan tetapi biasanya dengan suara keras. Padahal mendengarkan musik dengan suara terlalu keras dapat menyebabkan proses penuaan dini. Hal ini karena, suara keras, sehingga Anda berisiko kehilangan pendengaran di awal, sehingga dapat menyebabkan kerugian permanen. Dianjurkan. Jangan biarkan diri anda mendengarkan musik atau suara keras yang ditimbulkan oleh suara mesin untuk waktu yang lama. Gunakan ear phone untuk menghindari polusi suara yang dapat mengganggu pendengaran.

5 Kebiasaan yang Menyebabkan Penuaan Dini


2. Memasak makanan terlalu lama
Memasak makanan dengan waktu yang lama dapat menyebabkan peningkatan peradangan, yang merusak sel-sel tubuh, meningkatkan risiko penyakit, seperti kanker. Tingkat tertinggi senyawa ini adalah makanan tinggi lemak dan daging, sedangkan tingkat terendah makanan kaya karbohidrat yang ditemukan, seperti sayuran, kata Melina Jampolis, spesialis gizi dokter. Makanan ini saat dimasak terlalu lama, Anda bisa mempercepat proses penuaan dapat dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes, penyakit lain yang umum pada orang tua. Hindari makanan cepat saji (fast food), makanan olahan, daging yang tinggi lemak. Makan buah-buahan dan sayuran yang kaya akan antioksidan, seperti jeruk dan bayam mencegah pembentukan senyawa tersebut. 

3. Sikap tubuh yang salah ketika menggunakan peralatan
Bila Anda menggunakan laptop atau smartphone menyebabakan tubuh terpengaruh, salah satunya leher menjadi tegang. Bahkan penempatan smarphone atau leptop yang terlalu dekat dapat menyebabkan radiasi yang menjadi salah satu penyebab penuaan dini. selain itu, posisis duduk yang salah dapat menyebabkan tubuh Anda membungkuk secara permanen. 

4. Kehilangan Keseimbangan tubuh
Di usia tua, sering menyebabkan hilangnya keseimbangan, mungkin jatuh bangun yang menyebabkan patah tulang. Menurut penelitian, di Amerika Serikat, lebih dari 1,6 juta karena cedera jatuh terkait kondisi tubuh yang sudah tua. Oleh karena itu, ketika masih muda, cobalah olahraga yang membutuhkan kelincahan seperti tenis, badminton, sepakbola dan olahraga yang menyehatkan lainnya.


5. Tidak mengenakan kacamata hitam
Anda harus melindungi mata Anda dari radiasi ultraviolet. Menghabiskan berjam-jam diluar ruangan tanpa perlindungan yang memadai, dapat meningkatkan risiko kanker kulit, katarak sekitar kelopak mata, seperti dilansir Badan Perlindungan Lingkungan. Jika Anda berada di sekitar air, pasir, atau salju, kita tahu bahwa elemen-elemen ini dapat memantulkan cahaya ultraviolet yang dapat merusak mata dan kulit. Solusi adalah dengan menggunakan kacamata hitam ketika  berada  dilingkungan terbuka.

Demikian 5 Kebiasaan yang dapat menyebabkan proses penuaan dini, Semoga dengan memperhatikan hal tersebut kita terhindar dari penuaan dini. Meskipun tua tidak bisa dihindari tetapi kalau tua belum saatnya pasti juga tidak menyenangkan.