8 Manfaat Mentimun Bagi Tubuh

8 Manfaat Mentimun Bagi Tubuh-Siapa yang tidak tahu tentang mentimun??, mentimun dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk kesehatan Anda. Di Indonesia sendiri, mentimun tidak asing dan mudah didapatkan, biasanya mentimun digukanan untuk melengkapi makanan gado-gado maupun nasi goreng. Namun, banyak orang masih tidak tahu betapa banyaknya manfaat bagi kesehatan dari mentimun. Berikut adalah beberapa manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi mentimun untuk kesehatan tubuh anda:

1. Mencegah kanker
Mentimun diketahui mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Ketiganya memiliki peranan yang penting dalam melawan kanker berdasarkan penelitian seperti kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim, dan mengurangi risiko kanker prostat.

8 Manfaat Mentimun Bagi Tubuh


2. Sumber vitamin B
Mentimun kaya akan vitamin B, dimana vitamin B sangat dibutuhkan oleh tubuh sehingga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit..

3. Mencegah Dehidrasi
Mentimun mengandung 95 persen air, sehingga dapat menjaga tubuh Anda dari dehidrasi, dan membantu tubuh menghilangkan racun. Mentimun memiliki kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Kulit mentimun juga mengandung vitamin C yang cukup banyak

4. Perawatan Kulit 
Jika Anda tidak suka makan mentimun, Anda dapat menggunakannya untuk mengatasi iritasi kulit dan luka bakar. Selain itu timun juga bisa mengurangi pembengkakan, karena sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi pembengkakan.

5. Menyegarkan Nafas
kesegaran mentimun dapat membuat mulut menjadi segar pula sehingga membuat nafas menjadi segar. Gunakan irisan mentimun, lalu tekan ke langit-langit mulut dengan lidah Anda selama 30 detik, bahan kimia yang terdapat dalam timun dapat membunuh bakteri serta menghilangkan bau mulut.

6. Obat Sembelit dan diet
Karena mentimun yang rendah kalori, dan memiliki kandungan air yang sangat tinggi, mentimun merupakan obat dieta alami yang ideal untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Air yang tinggi dan serat makanan mentimun sangat efektif untuk membuang racun dalam sistem pencernaan. Makan mentimun setiap hari dapat dianggap sebagai obat sembelit kronis.

7. Mengendalikan tekanan darah
Mentimun mengandung banyak kalium, magnesium dan serat. Hal ini secara efektif akan berperan dalam mengatur tekanan darah. Hal ini membuat mentimun sangat membantu dalam mengatasi hipertensi.


8. Mencegah Nyeri sendi
Mentimun juga kaya akan vitamin A, B1, B6, C, D, asam folat, kalsium, magnesium dan kalium. Mentimun memiliki kandungan silika, yang dimana dapat berkontribusi terhadap kesehatan sendi, meningkatkan dan memperkuat jaringan ikat. 

Demikian 8 manfaat yang didapat apabila mengkonsumsi timun, Semoga dengan mengkonsumsi timun secara rutin kesehatan tubuh terjaga dengan baik.