8 Penyebab Rusaknya Ginjal

8 Penyebab Rusaknya Ginjal-Ginjal sangat penting dalam sekresi yaitu mengeluarkan zat-zat yang tidak bermanfaat bagi tubuh yang berbentuk urin. Selain itu, ginjal juga berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. kita harus menjaga kesehatan ginjal karena memiliki peranan yang penting. Jika kondisi ginjal terganggu, maka akan mempengaruhi kesehatan kita secara keseluruhan. Oleh karena itu, untuk menjaga kondisi ginjal, maka sangatlah penting untuk memperhatikan gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi. Salah satu cara supaya memiliki ginjal yang sehat adalah  mengadopsi gaya hidup yang baik dan menghindari hal-hal yang dapat merusak ginjal.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat merusak ginjal, sehingga sangat penting untuk diperhatikan dan apabila sudah mengetahui sebaiknya dihindari:

1. Rokok
Salah satu kebiasaan merokok berakibat buruk yaitu dapat merusak ginjal. Merokok dapat mengganggu sirkulasi darah ke berbagai organ. Jika sirkulasi darah  terganggu, maka fungsi ginjal akan terganggu dan bermasalah.

8 Penyebab Rusaknya Ginjal


2. Alkohol
Efek buruk alkohol pada kesehatan tampaknya tak terbantahkan. terbukti tidak hanya hati, kerusakan ginjal dapat juga disebabkan oleh minum-minuman keras.

3. Soda
Menurut sebuah studi tahun 2008, orang yang minum dua cangkir soda atau lebih, setiap hari dapat menyebabkan risiko penyakit ginjal kronis. Meskipun begitu, namun berdasarkan New York Times ada hubungan yang jelas antara minuman bersoda dengan kesehatan ginjal , minuman bersoda mengandung kadar asam fosfat yang tinggi. Asam fosfat yang tinggi dapat menyebabkan batu ginjal dan penyakit ginjal lainnya, termasuk gagal ginjal.

4. Menunda kencing
Menunda atau menahan kebiasaan buang air kecil juga dapat mempengaruhi fungsi ginjal. Menunda atau menahan dapat tekanan yang berat saat berkemih, dan kondisi tersebut membuat tidak kondusif untuk ginjal.

5. Kurangnya air minum
Memenuhi asupan air sangat penting. Air dapat membersihkan tubuh dari racun. Kurangnya minum akan dapat memicu akumulasi racun dalam darah, dan ini dapat mengganggu fungsi ginjal.

6. Kurang berolahraga
Kurangnya gerak atau aktivitas fisik juga dapat mempengaruhi ginjal. Selain kesehatan secara keseluruhan, olahraga juga dapat membantu mencegah gangguan ginjal. Aktivitas fisik atau olahraga dapat sangat mengurangi risiko hingga 30% dari masalah ginjal.

Baca Juga: 5 Penyebab Imunitas Menurun

7. Kurangnya asupan mineral
Adapun vitamin, kurangnya mineral tertentu juga mempengaruhi kondisi ginjal. Jika tubuh kekurangan magnesium, tubuh tidak dapat benar menyerap kalsium. Jika kalsium tidak dapat diserap optimasi, maka hal ini dapat menyebabkan batu ginjal. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa makan sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian

8. Penggunaan obat-obatan tertentu
Kebiasaan konsumsi obat penghilang rasa sakit dapat mempengaruhi fungsi ginjal. Anda harus menyadari efek samping dari obat yang kita pakai. Efek samping yang terdapat pada obat sebaiknya dapat Anda konsultasikan dengan dokter, sehingga kesehatan ginjal anda dapat terjaga dengan baik.

Demikian 8 hal yang menyebabkan ginjal anda terganggu kesehatannya sehingga membuat penurunan pada fungsi ginjal.