19 Bahaya Akibat Kurang Tidur

19 Bahaya Akibat Kurang Tidur

Kita tahu yang bahwa manfaat tidur akan mengisi kembali energi kita, namun jikalau sebaliknya kita kurang tidur hal ini akan mensugesti fungsi sehari-hari dan kesejukan kita. efek kumulatif dari kurang tidur sangat besar lengan berkuasa bagi kesehatan kita. di sini ada beberapa berita yang akan mengejutkan anda, hal ini akan menjelaskan kepada anda beberapa hal yang mungkin behubungan dengan kebiasaan tidur anda.

Berikut yang perlu anda ketahui perihal efek yang merusak dari kurang tidur :

1. Meningkatkan risiko kanker
Ini terutama kanker payudara dan kanker prostat. bahkan, korelasi antara kurang tidur dan kanker telah diamati secara komprehensif sehingga Organisasi Kesehatan dunia yang mendefinisikan kerja shift malam sebagai penyebab kanker.

2. Berat tubuh bertambah
Bagi orang yang mencoba untuk mempertahankan berat tubuh yang sehat, kurang tidur tidak dianjurkan sama sekali. Kelelahan membuat orang lapar, dan orang-orang yang tidak cukup tidur cenderung mengkonsumsi ratusan kalori lebih dalam sehari.

3. Meningkatkan risiko infeksi
Penelitian telah menyampaikan bahwa protein yang berpihak pada peradangan ini ditemukan dalam jumlah besar pada orang yang menderita kurang tidur. Kecenderungan peradangan ialah ancaman dalam dirinya sendiri yang dapat mengakibatkan banyak penyakit lainnya.

4. Depresi
Kurang tidur tidak hanya mensugesti keadaan fisik, tetapi juga mental. Salah satu efek samping yang umum dari kurang tidur ialah depresi. dengan tekanan psikologis yang disertai kurang tidur ini merupakan sebuah lahan subur banyak sekali gangguan mental.

5. Kehilangan kendali
Efek psikologis lain dari kurang tidur ialah menurunnya kemampuan untuk mengendalikan emosi. Orang-orang yang tidak cukup tidur memiliki banyak kesulitan mengendalikan emosi mereka dan ini cenderung mengalami suasana hati yang lebih ekstrim bahkan mereka mengekspresikan lebih blak-blakan.

Baca juga: Dua materi alami untuk menerima tidur nyenyak 

6. Menurunnya kecerdasan emosional
Kurang tidur tidak hanya dinyatakan kerusakan emosional pribadi, namun seseorang yang tidak menerima cukup tidur mengalami kesulitan untuk menghubungkan dan membaca terhadap perasaan orang lain yang akan memiliki dampak serius.

7. Melemahnya sistem kekebalan tubuh
Hal ini juga diketahui bahwa dikala anda sakit anda perlu banyak istirahat supaya membiarkan sistem kekebalan tubuh melaksanakan tugasnya, tetapi sistem kemampuan kekebalan tubuh ini merupakan jalan dua arah. artinya jikalau istirahatnya bekerja lebih baik akan mempercepat proses penyembuhan, dan membuat tubuh kita rentan terhadap penyakit.

8. Meningkatkan risiko diabetes
Banyak penelitian telah menyampaikan bahwa kurang tidur akan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap insulin. arti dari efek ini akan meningkatkan berkali-kali risiko diabetes tipe 2.

9. kerusakan permanen pada kulit
Kurang tidur mengakibatkan tubuh melepaskan sejumlah kelebihan hormon stres kortisol. Salah satu agresi hormon ini merusak pembentukan kolagen pada kulit.

10. Merusak efektivitas vaksin
Menurut sebuah studi yang dilakukan di University of California, San Francisco, kurang tidur pada malam hari dapat mengurangi efektivitas vaksin. Hasil merekomendasikan tidur antara 7 hingga 9 jam setiap malam supaya tidak merusak kemanjuran vaksin.

11. Penyakit Jantung
Ketegangan dan stres yang disebabkan oleh kurang tidur mengakibatkan tubuh melepaskan hormon yang dapat mengakibatkan serangan jantung. Bahkan, orang-orang yang kurang tidur dari 6 jam semalam meningkatkan risiko maut sebesar 48% tanggapan dari komplikasi jantung di kemudian hari.

12. Peningkatan tekanan darah
Risiko lain yang terkait dengan kurang tidur yaitu materi kimia dan hormon yang dilepaskan dalam keadaan kurang tidur ialah peningkatan tekanan darah. Studi amerika menemukan bahwa risiko orang yang menderita kurang tidur akan berbagi tekanan darah tinggi 3,5 kali lebih besar dari orang-orang yang cukup tidur.

13. Denyut jantung tidak teratur
Masalah lain yang timbul dari kurang tidur ialah denyut jantung tidak teratur. permasalahan kesehatan ini ialah hasil dari gangguan dalam operasinya jantung atau sistem transmisi yang dapat mengancam kehidupan.

14. Stroke
Berbagai penelitian telah menyampaikan bahwa kurangnya tidur dapat mengakibatkan stroke. Sebuah studi yang dilakukan pada Angkatan Darat AS, menemukan bahwa kurang tidur akan mengganggu 700 gen yang berbeda untuk bertanggung jawab sistem yang kompleks dalam tubuh, dan salah satu ancaman ini stroke.

15. Tubuh lemah
Hormon pertumbuhan tertentu dilepaskan selama tidur nyenyak. Bahan kimia ini dapat membantu sel-sel dan jaringan tubuh melaksanakan regenerasi, meningkatkan massa otot dan memperkuat kulit. dengan demikian gangguan kurang tidur akan mensugesti proses-proses penting ini.

16. Kerusakan tulang
Kurang tidur dapat mengakibatkan kerusakan yang signifikan pada tulang dan kepadatan tulang.

17. Meningkatkan sakit kronis
Banyak orang menderita sakit kronis di bagian-bagian tertentu dari tubuh mereka. Salah satu efek samping dari kurang tidur akan meningkat rasa sakit ini.

18. Penurunan kemampuan mental
Kerusakan kekuatan tubuh tanggapan dari kurang tidur ini juga mengekspresikan mental. dengan kata lain, kurang tidur membuat orang kinerjanya buruk di bawah tekanan, mengakibatkan gelisah, keputusan tergesa-gesa dan salah bahkan kesunyian yang kritis. tentunya semua ini akan mengakibatkan kerusakan yang signifikan pada kemampuan kreatif.

19. Kerusakan memori dan penyakit Alzheimer
Kurang tidur akan merugikan kemampuan berguru dan mengakibatkan kerusakan sel-sel otak, yang pada hasilnya dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.