9 Cara Alami Untuk Mencegah Kanker Prostat

9 Cara Alami Untuk Mencegah Kanker Prostat

Kanker prostat yaitu jenis kanker yang terbentuk di kelenjar prostat pria, kelenjar ini yang bertanggung jawab untuk menciptakan dan mengangkut sperma. Kanker prostat paling umum mensugesti laki-laki di atas usia 65. Secara statistik, kurang dari satu persen dari laki-laki di bawah usia 50 akan membuatkan kanker prostat.

Kanker prostat cenderung berkembang sangat lambat dan sering tidak memiliki gejala. namun Jika didiagnosis lebih awal, kebanyakan penderita kanker prostat biasanya akan selamat dari penyakit tersebut.

Beberapa faktor risiko untuk kanker prostat ibarat usia dan genetik, ini tidak dapat dihindari. namun, ada beberapa perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi resiko terkena kanker prostat. Berikut yaitu 9 cara alami untuk membantu mencegah kanker prostat:

1. Tomat dan makanan merah Lainnya
Tomat, semangka, dan makanan merah lainnya memiliki antioksidan yang sangat baik dan berpengaruh yang dikenal sebagai likopen. beberapa penelitian telah menyampaikan bahwa pria yang mengkonsumsi buah ini dan produk yang mengandung tomat memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat dibandingkan pria yang tidak. penelitian lainnya juga menyampaikan memasak tomat akan mempermudah tubuh anda untuk menyerap likopen.

2. Buah-buahan dan Sayuran
Nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat. sayuran hijau memiliki senyawa yang membantu tubuh anda untuk melawan zat penyebab kanker yang disebut karsinogen. Diet kaya akan nutrisi juga dapat membantu memperlambat penyebaran kanker.

3. Makan ikan secara rutin
Asam lemak juga dikenal sebagai omega-3, dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat. anda dapat menemukan Omega-3 dalam beberapa ikan termasuk sarden, tuna, dan salmon.

Beberapa andal di University of California, Los Angeles, menyampaikan bahwa makan diet yang rendah lemak dan mengonsumsi pelengkap minyak ikan akan memperlambat perkembangan kanker prostat. ini akan lebih mudah untuk menyembuhkan kanker yang belum menyebar di luar prostat.

4. Tanaman kedelai dan Teh Hijau
Menurut American Cancer Society (ACS), sebuah nutrisi yang disebut isoflavon telah dikaitkan dengan penurunan ancaman kanker prostat. isoflavon banyak ditemukan pada Tahu (terbuat dari kedelai), Buncis, Kecambah Alfalfa, Kacang kacangan.

Beberapa penelitian juga telah menyampaikan bahwa pria yang minum teh hijau, atau mengambil pelengkap ekstrak teh hijau, akan memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat dibandingkan mereka yang tidak. anda juga mampu melihat 11 manfaat teh hijau terbukti untuk kesehatan.

5. Konsumsi lemak Nabati
Penelitian menyampaikan bahwa ada keterkaitan antara lemak hewani dan peningkatan risiko kanker prostat. selain daging, lemak hewan juga ditemukan pada mentega, dan keju. bila memungkinkan anda dapat mengganti lemak hewani dengan lemak nabati.

Sebagai alternatif anda mampu menggantikan mentega dengan minyak zaitun, permen dengan buah, makanan kemasan dengan sayuran segar, keju dengan Kacang atau biji-bijian.

6. Berhenti mer0k*k
Sebuah penelitian dari Harvard School of Public Health University of California, Pasien kanker prostat yang merok0k lebih cenderung kemungkinan akan memiliki kambuhnya penyakit. per*k0k juga lebih berkemungkinan besar memiliki jenis yang kasar dari kanker prostat.

Ini belum terlambat untuk berhenti. bila dibandingkan dengan per0kok dikala ini, pasien kanker prostat yang berhenti mer0kok selama lebih dari 10 tahun memiliki risiko simpulan hidup yang sama dengan mereka yang tidak pernah mer0kok.

7. Makanan yang kontroversial
Beberapa studi menyampaikan bahwa kadar folat rendah dalam darah anda akan meningkat risiko untuk kanker. anda dapat menemukan folat dalam banyak makanan, ibarat sayuran hijau, kacang-kacangan, dan jus jeruk. meningkatkan asupan makanan tersebut dapat mengurangi risiko kanker prostat. namun, pelengkap asam folat dalam bentuk ulah buatan manusia, ini dapat meningkatkan risiko kanker.

8. Olahraga
Terlalu banyak lemak, terutama di adegan tengah tubuh anda ini terkait dengan peningkatan risiko kanker prostat. Olahraga teratur dapat membantu anda mempertahankan berat tubuh yang sehat. cobalah olahraga yang ringan ibarat berjalan, bersepeda atau berenang.

Olahraga tidak perlu melelahkan. ubahlah rutinitas olahraga anda dan ajak beberapa sobat anda untuk berpartisipasi. Kemungkinan anda lebih untuk berolahraga bila anda menikmatinya.

9. Konsultasikan dengan Dokter
Tanyakan secara detail kepada dokter anda wacana ancaman terhadap perkembangan kanker prostat. dan bicarakan segera dengan dokter bila anda memiliki tanda-tanda ibarat ketidaknyamanan di tempat panggul atau dubur anda, kesulitan buang air kecil, dan adanya darah dalam urin anda.