Anda Akan Berhenti Membersihkan Telinga Bagian dalam Setelah Membaca ini!

Anda Akan Berhenti Membersihkan Telinga Bagian dalam Setelah Membaca ini!

Banyak orang membersihkan indera pendengaran untuk menjaga indera pendengaran mereka supaya tetap bersih dan sehat. namun, sebaiknya indera pendengaran tidak perlu untuk dibersihkan. indera pendengaran memiliki rezim kebersihan pada kawasan mereka sendiri, dan dengan menempatkan alat bantu di telinga, anda hanya mengganggu proses alami ini. bahkan hal ini lebih buruk yang menyebabkan cedera.

The American Academy of Otolaryngology Head and Neck Surgery (AAO-HNSF), memperingatkan supaya tidak menggunakan penyeka kapas/ cotton buds dan kebiasaan menggali dalam indera pendengaran anda. mereka menyelidiki dengan membersihkan indera pendengaran terlalu berlebihan akan menyebabkan risiko gangguan pendengaran.

Serumen atau kotoran telinga, yaitu fitur yang sehat dari indera pendengaran anda yang bertindak sebagai biro membersihkan diri. ini memiliki pelindung, pelumas dan karakteristik anti-bakteri. hal ini berpindah dari gendang indera pendengaran ke pembukaan telinga, membersihkan jalan masuk telinga, kemudian mengering dan jatuh keluar. ini yaitu proses pengaturan dirinya sendiri dalam keadaan normal, dan anda tidak perlu mengganggu. jikalau tidak adanya kotoran telinga, indera pendengaran akan menjadi kering dan gatal.

Apa yang terjadi saat menggunakan penyeka kapas untuk membersihkan indera pendengaran anda?
Bila anda menggunakan penyeka kapas, anda benar-benar mendorong kotoran lebih dalam ke dalam indera pendengaran anda, dan ia akan bergerak ke dalam area di mana seharusnya itu tidak boleh. hal ini dapat terjebak terhadap gendang telinga, yang dapat menyebabkan segala macam komplikasi.

Jamur, kuman dan virus dari luar indera pendengaran akan didorong ke dalam indera pendengaran dan dapat menyebabkan bisul yang sangat menyakitkan. Kedua, jikalau kotoran terjebak jauh di dalam liang telinga, ini mampu menyebabkan gangguan pendengaran. dan Jika mendapat dorongan lebih jauh, hal ini mampu merusak gendang indera pendengaran bahkan menyebabkan pecah.

Apakah harus indera pendengaran dibersihkan?
Secara ideal, indera pendengaran anda seharusnya tidak harus dibersihkan. dengan anda membersihkan adegan dalam telinga, anda hanya menciptakan bulat setan. Dr Douglas Backous, gelar M.D, ketua AAO-HNSF dan eksekutif pendengaran dan operasi dasar tengkorak di Swedia Neuroscience Institute Seattle, menjelaskan bahwa saat anda terus-menerus menggosok kulit indera pendengaran anda, ini dapat menyebabkan peningkatan pelepasan histamin. hal ini akan membuat kulit iritasi dan meradang. dan semakin anda menggaruk, maka akan semakin gatal.

Satu-satunya kotoran indera pendengaran harus dibersihkan hanya saat anda sudah dinilai oleh seorang dokter, yang telah memperhatikan penumpukan lilin (impaksi serumen). kondisi ini muncul dengan gejala ibarat sakit telinga, gangguan pendengaran, tinnitus, gatal, kedaluwarsa dan keluar cairan. dan sebaiknya penumpukan lilin harus dibersihkan oleh seorang professional medis.

Jika anda ingin melanjutkan membersihkan indera pendengaran anda, jangan memasukkan alat bantu ke dalam indera pendengaran adegan dalam. bersihkan hanya indera pendengaran adegan luar dengan menggunakan kain. produsen penyeka kapas juga merekomendasikan jenis ini untuk membersihkan telinga.
Namun, hal terbaik yaitu biarkanlah indera pendengaran anda bekerja sendiri dan memungkinkan mereka untuk membersihkan diri secara alami.