15+ Obat Asam Urat Alami Dari Tumbuhan dan Cara Membuatnya

Kebanyakan orang tidak mengetahui bergotong-royong untuk mengobati penyakit radang persendian ini, kita dapat menggunakan obat asam urat alami dari tumbuhan. Namun, mereka lebih memilih menggunakan obat yang ada diapotik atau obat - obatan yang diberikan oleh dokter. Perlu anda ketahui sebagian besar obat yang beredar, hanya memiliki fungsi untuk mengurangi rasa sakit sesaat, bukan untuk menghilangkan atau mengobati asam urat, yang mana sewaktu - waktu penyakit tersebut dapat kambuh kembali.

Pilihan tersebut mereka ambil mungkin saja karena faktor ketidaktahuan atau mereka ingin mencicipi manfaatnya secepat kilat. Padahal obat - obatan yang beredar tersebut, apabila dikonsumsi tanpa sepengetahuan dokter, berkemungkinan mengakibatkan efek samping dalam jangka waktu tertentu bagi kesehatan anda dikemudian hari. Apalagi dikonsumsi tidak sesuai aturan.

Keluhan penyakit asam urat, pada umumnya dapat dirasakan dan dialami oleh seorang pria maupun wanita yang telah memasuki usia 40 tahun ke atas. Namun, berdasarkan catatan angka kesehatan dunia yang diperoleh dari WHO, penyakit ini lebih didominasi oleh pria dibandingkan wanita. Kenapa demikian ? Hal itu dikarenakan, dalam kondisi sehat pun apabila dilakukan pengecekan, maka dapat ditemukan perbandingan nilai normal asam urat pria dan wanita yaitu 2 : 1.

Wanita memiliki peluang lebih kecil dikarenakan, mereka memiliki hormon estrogen yang dapat membantu untuk mengeluarkan asam urat melaui sistem metabolisme badan menjadi lebih efektif. Namun, jikalau seorang wanita telah memasuki usia monopause (umumnya diusia 50 tahun ke atas), maka secara bertahap mereka akan kehilangan fungsi ini seiring dengan bertambahnya usia.

Apakah Kadar Asam Urat di Dalam Tubuh Anda Normal ?

Bagaimana dengan kondisi kesehatan anda ? Apakah kadar asam urat di dalam badan anda berada diangka normal atau melibihi batas normal (tinggi) ? Berapakah nilai normal asam urat pria dan wanita ? Untuk lebih jelasnya, coba anda perhatikan tabel di bawah ini :

Usia dan Gender
Batas Bawah
Batas Atas
Laki - Laki Dewasa
2 mg/dL
7,5 mg/dL
Wanita Dewasa
2 mg/dL
6,5 mg/dL
Laki - Laki lansia 40 tahun ke atas
2 mg/dL
8,5 mg/dL
Wanita lansia 40 tahun ke atas
2 mg/dL
8 mg/dL
Anak Laki – Laki usia 10 – 18 tahun
3,6 mg/dL
5,5 mg/dL
Anak Perempuan usia 10-18 tahun
3,6 mg/dL
4 mg/dL

Berapakah usia anda ? perhatikan tabel di atas, jikalau kadar uric acid di dalam badan anda berada di antara batas bawah dan batas atas, itu menunjukan asam urat normal dan anda tak perlu kuatir dengan kondisi tersebut, Namun, begitu sebaliknya. Jika sudah mendekati batas atas, sebaiknya perlu berhati - hati, karena anda memiliki kemungkinan besar untuk terkena penyakit radang persendian.


Kebanyakan
Pasien penderita asam urat stadium lanjut - terjadi penumpukan kristal purin di persendian
Perlu anda ketahui, sebenarnya uric acid di dalam badan kita memiliki fungsi yang teramat penting lho... fungsi asam urat yaitu sebagai salah satu zat yang ada di dalam badan kita untuk membantu proses regenerasi sel - sel yang rusak. Dapat di bayangkan bagaimana badan kita jikalau tidak memiliki zat ini ? tentu saja sel yang rusak tidak akan diperbarui.

Namun, disaat kita mengkonsumsi makanan yang mengandung purin ibarat makanan yang berasal dari produk hewani dan nabati diantaranya kacang - kacangan, daging jenis tententu, buah - buahan jenis tertentu (emping), sayuran jenis tertentu dan sebagainya, maka kadar uric acid di dalam badan kita akan meningkat. Dalam kondisi ibarat ini, secara otomatis ginjal akan bekerja untuk membantu mengeluarkan uric acid berlebih yang tidak dibutuhkan.
Ternyata asam urat bukanlah suatu penyakit melainkan substansi penting yang ada di dalam badan berfungsi membantu proses regenerasi sel.
Penumpukan uric acid di dalam badan bisa terjadi oleh siapa saja. Apabila fungsi ginjal pada diri seseorang tidak bekerja secara maksimal. maka kadar asam urat di dalam badan nya akan meningkat. Ini bearti ia memiliki kelainan genetik pada ginjal yang dimilikinya. Disisi lain, faktor usia juga turut mempengaruhi. Dikarenakan usia semakin menua, secara tidak pribadi fungsi ginjal akan menurun. Apabila ia tetap mengkonsumsi makanan penyebab asam urat tanpa terkontrol, berkemungkinan besar di usianya yang ke sekian tahun, ia akan mengalami problem kesehatan di tempat persendian.

Namun, jikalau kondisi tersebut terjadi pada diri seseorang yang memiliki fungsi ginjal yang normal, maka ginjal akan menetralkan asam urat dengan cara mengeluarkan uric acid yang tidak diperlukan melalui susukan pembuangan berbentuk urine dan kotoran (fases).

Jika tidak bisa dinetralkan, maka zat asam tersebut akan mengendap di urat tempat persendian dan ginjal. Pada awalnya endapan tersebut hanya akan membentu micro kristal. Namun, endapan tersebut dalam waktu tertentu akan membentuk kristal keras dan lambat laun akan membatu. Endapan juga dapat terjadi di ginjal, karena volumenya berlebih, ginjal tidak bisa mengubah asam untuk dikeluarkan dalam bentuk urine atau fases. Inilah mengapa dalam dunia kedokteran dikenal dengan "batu ginjal". Dan apabila ini terjadi, maka si pasien wajib menjalani proses basuh darah selama hidupnya, alasannya disebabkan darah pada si pasien tersebut sudah bersifat asam yang akan meracuni organ lainnya jikalau ia tidak menjalani basuh darah.

Bagaimana Cara Menurunkan Asam Urat ?

Pada awal ditemukan gejala, penyakit ini dapat dirasakan dengan tanda - tanda ibarat badan selalu merasa lelah disertai pegal - pegal linu, namun belum terasa sakit di persendian, Kemudian gejala lanjutan, disertai sering mencicipi kesemutan terutama tempat kaki, sering mencicipi sakit didaerah persendian ibarat tertusuk - tusuk. Rasa sakit didaerah persendian akan dirasakan sangat hebat terutama dimalam hari dan jikalau persendian ditekan rasa sakit akan bertambah.

Umumnya, penyakit ini menyerang adegan kaki. Namun, tak menutup kemungkinan, asam urat kronis dapat hinggap di tempat persendian manapun ibarat jari jemari, lengan, engsel kaki dan sebagainya. Bahkan, komplikasi asam urat dapat mengakibatkan penyakit mematikan. Anda dapat membaca tautan tersebut untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut akan hal itu.

Coba anda perhatikan gambar kaki penderita asam urat di atas. Kondisi tersebut sudah cukup parah. Karena kristal asam sudah membatu di tempat persendian. Hal yang buruk yang akan terjadi adalah, kesulitan untuk melaksanakan aktvitas ibarat berjalan dan sebagainya. Ini akan berdampak buruk yang dapat mengakibatkan kerusakan tulang, kerusakan sendi, sehingga akan menjadi penyebab kelumpuhan permanen, bahkan kerusakan ginjal.

Untuk itu, anda perlu berhati - hati jikalau kadar asam urat di dalam badan anda sudah mendekati batas atas atau sudah melebihi batas atas. Fakta yang ditemukan dilapangan, kenapa pembengkakan dapat terjadi ibarat yang terlihat pada gambar di atas ? jawabannya tidak lain adalah walaupun mereka sudah mengetahui mengidap penyakit ini pada ketika gejala awal ditemukan setelah dilakukannya pemeriksaan sampel darah / urine dan sudah diberikan saran dari dokter, mereka mengabaikannya. Apa yang mereka abaikan ? Kebiasaan mengkonsumsi makanan penyebab asam urat.


Misalnya saja, disaat moment perayaan tertentu ibarat lebaran. Banyak sekali menu makanan yang tersedia, salah satunya emping. Emping termasuk produk buah - buahan memiliki kandungan purin yang tinggi. Karena enak, tetap saja mereka mengkonsumsinya, tanpa memikirkan efek yang ditimbulkan dikemudian hari. "Ah... nantikan bisa berobat ke dokter, terus dikasi obat..." pantas saja, penyakit ini sering kambuh. Jujur, inilah yang harus kami katakan... sebagian besar kasus yang terjadi demikian, walaupun tidak semuanya demikian. Masih ada faktor lainnya ibarat pengaruh genetik (keturunan), obesitas dan lainnya.

Jadi, langkah utama untuk mengatasi asam urat yaitu dengan cara memperhatikan apa yang anda konsumsi. Perhatikan, mana yang diperbolehkan dan mana yang tidak, mana yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebih dan mana yang tidak, mana yang tidak boleh dikonsumsi sama sekali dan mana yang tidak. Cara ini yaitu langkah awal yang sangat efektif untuk menyembuhkan asam urat.

Selanjutnya adalah, anda dapat mengunjungi dokter untuk menerima obat asam urat atau menggunakan obat asam urat alami dari tumbuhan dan cara membuatnya yang akan kami bagikan di bawah ini. Ada kalimat super yang dapat kami sampaikan "apa yang anda konsumsi, jadikanlah sebagai obat". Bukan bearti anda harus minum obat setiap hari. Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi ibarat pisang, kentang dan tomat. Jadikan ini sebagai menu santapan anda, secara tak pribadi anda telah minum obat alami.

Beberapa tanaman obat asam urat alami dari tumbuhan ini, terkadang dengan mudahnya kita temukan. Namun, karena ketidaktahuan kita akan manfaatnya, tanaman ini pun diabaikan begitu saja. Nah, jikalau anda menemukan tanaman ini, jadikan tanaman ini sebagai tanaman obat keluarga di rumah anda ya. Mengenai resep dan cara membuatnya, selengkapnya simak di bawah ini :

# 1. Daun Sambiloto

Admin sendiri sudah menanam tanaman ini yang tumbuh di perkarangan depan rumah. Untuk menamamnya, anda cukup mengambil biji yang sudah tua, kemudian semai di tanah yang cukup air dan unsur hara. Tanaman ini menjadi salah satu tumbuhan obat yang paling mujarab. Apa khasiatnya ? Dapat dijadikan sebagai obat anti peradangan (infeksi) termasuk asam urat, analgesik alami, penghilang rasa nyeri alami ibarat aspirin, melancarkan air seni (batu ginjal), meurunkan tekanan darah tinggi dan suhu badan (demam) dan penawar racun.

Kebanyakan

Adapun cara membuat rambuan herbal dari daun sambiloto yaitu sebagai berikut :
  1. Sediakan 10 gram daun sambiloto kering yang sudah dicuci bersih
  2. Rebus dengan 4 gelas air bersih hingga menyisakan kira - kira 2 gelas air
  3. Tunggu hingga hirau taacuh dan saring
  4. Minum ramuan ini di waktu pagi dan malam masing - masing 1 gelas. Jika rasa sakit masih ada, lakukan secara rutin setiap harinya. Jika tidak ada rasa sakit lagi, tetap konsumsi ramuan ini namun dengan aturan cukup meminumnya 2 kali dalam seminggu hingga kadar asam urat normal, hentikan penggunaan.

# 2. Daun Sirsak

Biasanya, kita mengenal tanaman ini dari buahnya yang familiar kita sebut dengan "nangka belanda". Bukan hanya buahnya saja yang berkhasiat, tanaman ini juga memiliki ragam manfaat dimulai dari akar, batang, daun hingga buah. Anda dapat membaca selengkapnya disini.

Diantara khasiatnya antara lain, mempercepat proses penyembuhan luka bakar, menurunkan kadar gula dan kolesterol dalam darah, membantu melebarkan pembuluh darah yang tersumbat karena kolesterol, menghancurkan lemak kolesterol yang menempel di pembuluh darah, penurun demam, anti peradangan, membasmi cacing benalu di dalam usus dan mengatasi asam urat. Bahkan dapat menyembuhkan penyakit kanker jenis tertentu.

Kebanyakan

Untuk membuat ramuan ini sangalah mudah sekali. Anda cukup menyediakan 8 lembar daun sirsak bewarna hijau renta yang kemudian direbus dengan 3 gelas air bersih. Tunggu hingga mendidih dan menyisakan kira - kira 2 gelas sehari. Cara meminum dan aturan penggunaan sama dengan ramuan sambiloto. Ingat : jangan gunakan ramuan ini berulang kali. Jika ingin membuatnya, gunakan daun sirsak yang baru.

Selain daun sirsak, anda juga dapat mengkonsumsi buah sirsak untuk asam urat.

# 3. Daun Salam

Mendengar nama ini, jikalau anda ibu rumah tangga pastilah tidak abnormal lagi dengan daun yang satu ini. Biasanya digunakan sebagai materi untuk mengharumkan atau untuk melunakkan kuliner daging, sayur nangka dan sebagainya. Namun, kebanyakan ibu rumah tangga tidak mengetahui khasiat lainnya. Apa khasiatnya ?

Kebanyakan

Daun salam memiliki kandungan senyawa flavonoid, tanin, astiri alkaloid yang merupakan senyawa alami berasal dari tumbuhan. Diantara khasiatnya yaitu dapat mengurangi rasa nyeri disebabkan oleh peradangan dan membantu meningkatkan kinerja fungsi ginjal serta dapat meningkatkan volume urine. Setelah anda meminum ramuan ini, volume urine anda akan meningkat, ini respon yang poositif dari badan anda. Ginjal berusaha mengeluarkan asam urat dari dalam badan anda berbentuk urine.

Untuk membuat ramuan ini cukuplah mudah. Langkah - langkah membuatnya samahalnya dengan cara di atas. Yang perlu anda perhatikan yaitu pilihlah daun salam yang masih segar bewarna hijau tua. Aturan minum juga sama. Di sisi lain, buah pohon salam juga sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Anda dapat memakan buahnya yang bewarna merah kehitaman. Rasanya manis dan sepet.

# 4. Kumis Kucing

Jangan salah paham, bukan kumis kucing yang berasal dari hewan peliharan anda. Kumis kucing yaitu bunga dari tumbuhan liar yang memiliki nama latin Orthosiphon Aristatus. Dikenal dengan nama kumis kucing, jikalau kita perhatikan, bunga dari tanaman ini memang ibarat sekali dengan kumis kucing. Tak jarang bagi mereka yang menggemari mengkoleksi tanaman hias, terkadang dijadikan sebagai tanaman hias di depan perkarangan atau ditempatkan di dalam pot. Itu dikarenakan bunganya yang mengagumkan bewarna putih ibarat kumisnya kucing.

Kita dapat memanfaatkan daun atau bunganya untuk dijadikan sebagai materi obat alami ibarat untuk mengatasi asam urat. Kandungan senyawa alami di dalam tanaman obat ini antara lain saponin, mionositol, sinensetin, glikosida orthosiphonin dan kalium. Menurut penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dunia, tanaman ini sangat ampuh untuk menghancurkan kerikil ginjal maupun asam urat sudah mengkristal sekalipun.

Kebanyakan

Cara kerjanya memang tak pribadi dapat dirasakan, paling tidak setelah anda meminum ramuan ini selama 3 hari, barulah akan dirasakan manfaatnya. Senyawa tersebut akan membantu untuk menetralkan asam urat di dalam darah dan membuangnya melalui urine dan fases. Kaprikornus anda perlu bersabar, rasakan khasiat dengan meminum ramuan ini secara rutin dipagi dan sore hari.

Untuk mengobati asam urat kronis dengan kumis kucing, anda perlu membuat ramuannya ibarat petunjuk berikut ini :
  1. 10 gram daun kumis kucing kering 
  2. 10 gram  daun meniran kering
  3. 10 gram jahe merah (iris tipis - tipis)
  4. 3 gelas air bersih
  5. Campur semua materi menjadi satu
  6. Rebus ramuan hingga mendidih dan menyusut menyisakan kira - kira 3 gelas air
  7. Angkat dan diamkan hingga dingin
  8. Minum ramuan ini di waktu pagi dan malam selama rasa sakit masih ada
Jika rasa sakit sudah hilang, segera lakukan pemeriksaan sampel darah untuk mengetahui apakah ada perubahan. Jika kadar asam urat telah normal dan stabil, hentikan penggunaan.

# 5. Meniran

Tumbuhan ini biasanya hidup dipinggiran jalan, perkarangan rumah, kebun atau pada tanah yang tak terawat. Tak banyak orang yang mengetahui manfaat dari tanaman ini. Bahkan ia dianggap sebagai hama pengganggu tanaman lain, karena dianggap ibarat rumput. Padahal khasiatnya sangat luar biasa. Telah banyak produk kesehatan herbal (kapsul meniran) yang menggunakan tanaman ini untuk menyembuhkan banyak sekali macam penyakit kronis ibarat memperbaiki kerusakan hati pada penderita pasien hepatitis. Sangat luar biasa bukan. Anda tidak percaya ?

Kebanyakan

Berdasarkan penelitian ilmiah yang dilakukan oleh Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, Apt seorang kepala sentra studi obat - obatan materi alami Departemen FARMASI Fakultas MIPA Universitas Indonesia, tanaman mineral mempunyai banyak sekali senyawa aktif yang baik bagi kesehatan badan kita. Diantaranya lignan filantin dan hepofilantin yang berfungsi untuk memperbaiki kerusakan jaringan dan sel hati yang rusak. Senyawa ini juga akan menghambat dan mengurangi pertumbuhan virus hepatitis di dalam darah.

Menurut Prof. Sumali, masih ada senyawa lainnya ibarat nifilin, filinirunin, sekorinin, alosekurinin, nirantin, norsekurinin, filantin, hipofilantin dan flavonoid (kuersetin, kuersitrin, isokuersitrin, astragalin, ruitin dan kaemferol). Susah sekali namanya... hehe..Senyawa alami ini berguna untuk mengatasi penyakit batuk, menurunkan demam, memperlancar air kencing (batu ginjal), sakit gigi, sakit perut dan infeksi susukan kemih. Kita dapat memanfaatkan daun dan akarnya untuk dijadikan sebagai obat.

Untuk membuat ramuan mengatasi asam urat, anda membutuhkan 10 gram daun meniran segar dan 3 gelas air. Rebus hingga mendidih hingga air menyusut kira - kira meninggalkan 2 gelas air. Diamkan hingga hirau taacuh dan saring. Kemudian minum ramuan ini di waktu pagi dan malam hari sebelum tidur. Aturan penggunaan samahalnya dengan ke empat ramuan di atas. Daripada anda membeli obatan herbal yang harganya ratusan ribu, sama sajakan jikalau anda membuat ramuannya sendiri di rumah.

# 6. Tumbuhan Anting - Anting

Anda dapat mencarinya di google penelusuran jikalau belum mengetahui rupa dari tanaman ini. Memang sangat mengejutkan dikarenakan tanaman ini dapat tumbuh liar ibarat tumbuhan meniran yang dianggap sebagai rumput pengganggu. Bahkan, terkadang tanaman anting - anting tumbuh di pinggiran jalan dan dibasmi oleh mesin pemotong rumput atau racun. Padahal, sangat disayangkan.

Hal yang unik mengenai tanaman ini yaitu tanaman yang disukai oleh kucing. Sering kali kucing mengunyah akar dari tanaman ini. Itu dikarenakan tanaman ini sangat baik untuk pencernaan si kucing. Anda dapat mencoba memberi tanaman ini kepada si kucing, tak lama kemudian si kucing pasti mengunyahnya.

Kebanyakan

Tak hanya baik untuk si kucing. Rebusan akar tumbuhan anting - anting inipun sangat baik untuk organ pencernaan manusia. Bahkan manfaat lainnya dapat dijadikan obat alami untuk mengatasi rematik, radang persendian (asam urat), mengurangi rasa sakit, antibiotik alami, peluruh kerikil ginjal dan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk membuat ramuan mengobati asam urat dengan tumbuhan anting anting, anda dapat mengikuti petunjuknya di bawah ini :
  1. Sediakan 15 gram akar anting - anting kering atau segar yang sudah dicuci dengan air bersih
  2. Rebus dengan 3 gelas air bersih hingga mendidih dan menyusut kira - kira menyisakan 2 gelas air saja
  3. Diankan hingga dingin
  4. Minum ramuan ini di waktu pagi dan malam sebelum tidur selama sakit
Jangan lupa untuk menamam tanaman ini perkarangan rumah anda untuk dijadikan sebagai tanaman obat. Apabila sewaktu - waktu diperlukan anda dapat memanfaatkannya kembali.

# 7. Tanaman Sidaguri

Ini yaitu salah satu tumbuhan rumput yang bisa jadi obat herbal selain meniran dan anting - anting. Mungkin, nama tumbuhan ini terdengar abnormal di indera pendengaran anda. Namun, jikalau anda melihat gambar dari sidaguri, anda akan kaget. Karena tanaman ini terkadang tumbuh di pinggiran jalan, kebun atau perkarangan rumah anda. Ciri - ciri dari tumbuhan sidaguri yaitu memiliki bunga yang bewarna kuning atau putih. Disaat mekar, biasanya dihinggapi kupu - kupu untuk menghisap sari bunganya. Agar anda tidak salah mengenali tanaman ini, cari saja di google penelusuran gambar. Di sana anda akan menemukan tumbuhan sidaguri.

Kebanyakan

Tanaman sidaguri dan manfaatnya seringkali digunakan oleh masyarakat perdesaan untuk digunakan sebagai obat anti peradangan, rematik dan menurunkan asam urat. Tanaman ini juga dapat dijadikan obat luat untuk mengatasi infeksi ibarat pada luka borok, korengan dan sebagainya.

Untuk mengobati asam urat dengan sidaguri anda membutuhkan 10 gram daun atau akar dari tanaman sidaguri. Dapat dikeringkan terlebih dahulu atau dalam bentuk basah. Kemudian didihkan dengan 3 gelas air bersih hingga menyusut dan menyisakan 2 gelas air saja. Minum secara rutin di waktu pagi dan sore selama sakit.

# 8. Buah Jeruk Nipis

Untuk kali ini, kita akan menggunakan adegan buahnya dari tanaman jeruk nipis. Biasa seringkali dijadikan penyedap rasa asam pada suatu kuliner ibarat bakso dan sebagainya. Buahnya memang kecil bewarna hijau ataupun orange kekuningan ketika telah masak. Namun, buah jeruk nipis dapat kita gunakan untuk mengobati asam urat kronis.

Kebanyakan

Vitamin C pada jeruk inilah yang akan membantu dalam menurunkan kadar asam urat. Fungsi vitamin C pada buah jeruk nipis dapat meningkatkan kinerja ginjal untuk membantu menetralkan asam urat dan membuang asam urat berlebih melalui urin (air kencing).

Cara mengatasi asam urat dengan jeruk nipis sangat praktis. Caranya sebagai berikut :
  1. Ambil 2 buah jeruk nipis tua 
  2. Peras jeruk nipis untuk diambil sarinya dan tempatkan pada gelas
  3. Seduh dengan air hangat sebanyak 1 gelas
  4. Minum di waktu pagi dan sore hari
Tambahkan 1 sdt gula pasir, madu atau gula merah murni untuk menghilangkan rasa asam. Minum selama 4 hari berturut turut hingga sembuh. 3 hari sisanya bearti anda tidak meminumnya. Begitu seterusnya hingga asam urat normal.

 # 9. Jahe Merah

Apakah anda tahu dengan minuman bajigur dan serbat ? Nah, minuman tersebut terbuat dari jahe merah lho.. dikala cuaca dingin, paling cocok jikalau minum minuman ini karena sifatnya yang menghangatkan tubuh. Selain itu, manfaat jahe merah lainnya dapat membantu meredakan batuk, flu, gangguan sistem pencernaan, menghentikan peradangan akut, meningkatkan stamina dan gairah se**sual, dll.

Sebuah fakta mengenai jahe merah yang kami dapatkan dari majalah Food and Chemical Toxicology, jahe merah memiliki kandungan senyawa kimia berupa 6-shogaol.  Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan akut dan kronis yang disebabkan oleh kristal asam urat. Selain itu, komponen aktif lainnya yaitu Gingerol, berfungsi untuk mengurangi enzim penyebab peradangan dan mencegah pengiriman sinyal rasa nyeri ke otak.

Cara pengolahan jahe merah untuk asam urat yaitu sebagai berikut :
  1. Siapkan 2 ruas jahe seukuran ibu jari dan selanjutnya di potong potong
  2. Setelah dicuci bersih, rebus jahe merah dengan 3 gelas air hingga air menyusut menyisakan kira kira 2 gelas air
  3. Angkat dan minum selagi hangat
  4. Tambahkan 1 sdt gula merah atau 1 sdm madu murni untuk menambah khasiat ramuan

# 10. Tanaman Tempuyung

Tak disangka bahwa obat asam urat alami dari tumbuhan berasal dari tumbuhan tempuyung. Bagi anda, mungkin terdengar asing. Setelah melihat bentuk daun tempuyung pada gambar di bawah ini, mungkin anda akan mengetahui dimanakah anda pernah menemukannya ? Tepat sekali, tumbuhan yang satu ini kerapkali tumbuh liat di pinggiran jalan, kebun, perkarangan rumah dan sebagainya. Seringkali kita anggap rumput sehingga dicabut begitu saja.

Kebanyakan

Ketika anda menemukan tanaman ini, jangan dicabut ya. Mungkin sewaktu - waktu dapat berguna untuk mengatasi problem kerikil ginjal, menurunkan kadar asam urat dengan cara menghambat kinerja enzim xantin oksidase, dan bersifat anti virus. Hal ini berkat adanya senyawa flavonoid dalam daun tempuyung.

Beberapa senyawa kimia yang ditemukan pada daun tempuyung antara lain alfalaktuserol, manitol, beta laksuterol, inositol, kalium, taraksasterol dan flavonoid.

Cara mengolah daun tempuyung untuk asam urat sangat sederhana, ambil 5 hingga 6 lembar daun tempuyung segar. Kemudian basuh bersih dan rebus bersama dengan 2 gelas air hingga menyisakan 1 gelas air. Minum selagi hangat di waktu pagi hari saja. Dosis pemakaian, minum ramuan herbal ini selama 3 hari berturut turut di pagi hari, 4 hari tidak minum. Kemudian diminggu selajutnya dengan dosis yang sama hingga kadar ucic acid turun. Hentikan pemakaian jikalau telah sembuh.

# 11. Tumbuhan Pegagan

Tanaman obat ini juga seringkali dianggap sebagai rumput liar. Biasanya akan tumbuh dengan baik di tempat dengan tingkat kelembaban tinggi ibarat empang sawah, perkarangan rumah dan sebagainya. Mirip dengan tumbuhan teratai karena pegagan memiliki stolon stolon sebagai alat perkembangbiakan tanaman.

Kebanyakan

Sejumlah penelitian oleh mahir kesehatan membuktikan bahwa daun pegagan memiliki kandungan senyawa kimia yang dapat menawarkan efek farmokologis bagi tubuh. Diantara senyawa kimia tersebut yaitu asiaticoside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic, meso inositol, centellose, carotenoid dan garam mineral ibarat zat besi, kalsium, zat samak, magnesium, natrium dan vellarine.

Manfaat daun pegagan juga seringkali dijadikan sebagai tumbuhan herbal untuk mengatasi permasalahan jerawat dengan cara menumbuk halus daun pegagan kemudian ditempel ke permukaan jerawat. Sedangkan khasiat daun pegagan untuk kesehatan dapat digunakan sebagai obat alami untuk membersihkan darah dari zat asing, peluruh kerikil ginjal, meningkatkan daya ingat, penambah stamina tubuh, menurunkan asam urat dan panas tinggi, menurunkan kadar asam urat dan sebagainya.

Cara mengkonsumsi daun pegagan yaitu dengan cara direbus hingga mendidih. Untuk mengobati asam urat membutuhkan 7 lembar daun pegagan. Kemudian direbus hingga mendidih bersama dengan 2 gelas air. Minum diwaktu pagi hari hingga kadar ucid acid turun.

# 12. Daun Sendok

Daun sendok memiliki nama latin Plantago mayor merupakan salah satu jenis tanaman liar yang masuk ke dalam famili Plantaginaceae. Seringkali dianggap gulma atau tanaman pengganggu karena tumbuh ibarat rumput liar. Biasanya dapat dijumpai pada kebuh teh, ladang, perkarangan rumah dan hutan tropis. Dikatakan daun sendok hal itu dikarenakan tumbuhan ini bentuknya ibarat sekali dengan sendok.

Kebanyakan

Setelah dilakukan penelitian, ternyata daun sendok bukalah tumbuhan liar melainkan tanaman herbal yang memiliki kandungan senyawa kimia diantaranya flavonoid, polifenol, tanin, vitamin B1, vitamin C dan kalium. Beberapa khasiat daun sendok antara lain :
  • Menetralkan kadar asam urat dalam darah
  • Bersifat anti peradangan
  • Peluruh dahak (baik untuk penderita TBC)
  • Sebagai anti septik alami
  • Menormalkan acara fungsi hati
Diperoleh dari sebuah buku berjudul "Herbal Sakti Atasi Asam Urat" oleh Neti Suriana, penerbit Mutiara Allamah Utara cetakan tahun 2014, untuk membuat ramuan herbal dari tumbuhan daun sendok untuk menurunkan asam urat sebagai berikut :
  • 1 genggam daun sendok kering
  • 10 gram temulawak kering
  • 1 gengam akar sidaguri
  • 4 gelas air untuk merebus
Cara membuat : basuh semua materi yang telah disediakan hingga bersih, kemudian rebus hingga mendidih dan menyisakan 2 gelas air. Saring, selanjutnya diminum selagi hangat diwaktu pagi dan sore hari masing - masing 1 gelas.

# 13. Daun Landep

Memiliki bunga bewarna kuning dengan aroma wangi, daun berbentuk jorong miring hingga menyerupa sudip, ujung adegan atas daun berbentuk meruncing yaitu ciri ciri tumbuhan landep. Sama ibarat sebelumnya, tumbuhan landep juga seringkali dianggap sebagai gulma yang biasanya tumbuh di semak semak, perkarangan rumah dan kebun.

Kebanyakan

Tumbuhan herbal ini dapat berkembang biak dengan biji yang mengandung senyawa flavonoida dan polifenol. Kedua senyawa ini dapat berperan aktif untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah dan membuangnya bersamaan dengan urine.

Beberapa khasiat landep bagi kesehatan antara lain :
  • Daun landep untuk obat luar dapat menghentikan pendarahan dengan cara ditumbuk, mengatasi problem penyakit kulit ibarat panu dan kadas serta menurunkan demam dengan cara di kompres
  • Sedangkan daun landep untuk obat dalam berguna menetralkan asam urat, susah buang air kecil dan untuk menurunkan demam

# 14. Buah Mahkota Dewa

Tanaman mahkota tuhan sudah cukup populer terdengar ditelinga kita. Buahnya bewarna merah jikalau telah matang. Namun, tidak dapat dikonsumsi secara langung dan harus diolah terlebih dahulu dengan cara dikeringkan. Banyak orang telah menyadari khasiat mahkota dewa, sehingga tak jarang ditemui di sekitar perkarangan rumah untuk dijadikan sebagai obat herbal.

Kebanyakan

Manfaat mahkota tuhan tidak terlepas dari banyak sekali kandungan yang ada di dalamnya. ibarat alkaloid, saponin, flavonoid, polifenol, tanin, sterol dan terpen. Secara farmokologis, mahkota tuhan menawarkan beberapa manfaat ibarat sebagai zat antioksidan alami, anti alergi, menurunkan kadar gula darah, asam urat dan kolesterol, meningkatkan sistem imunitas tubuh, mengobati penyakit hepatitis dan sebagainya.

Bagian yang paling banyak dijadikan sebagai materi obat herbal yaitu buahnya yang telah matang dengan tata cara pengolahan membuang bijinya kemudian daging buahnya di iris tipis selanjutnya dijemur hingga benar - benar kering.

Ramuan mahkota tuhan untuk asam urat sebagai berikut :
  • Sediakan 5 gram buah mahkota tuhan kering
  • 15 gram akar sidaguri kering
  • Rebus bersama dengan 3 gelas air hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas air
Minum ramuan ini selagi hangat dengan dosis penggunaan 2 kali dalam seminggu diwaktu pagi saja. Lakukan secara rutin hingga sembuh.

# 15. Daun Selederi

Sepertinya daun selederi sudah tak abnormal terdengar ditelinga kita. Seringkali disebut sebagai daun sop atau sup karena kegunaanya untuk menambkan cita rasa dan aroma busuk pada kuliner ibarat mie, soto, bakso dan lainnya.

Kebanyakan

Daun selederi mulai populer dijadikan sebagai tanaman obat semenjak tahun 40-an. Diketahui kandungan daun selederi terdapat beberapa zat aktif, mineral dan vitamin. Diantaranya yaitu kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan fosfor.

Untuk mengobati asam urat, selederi dapat dikonsumsi sebagai lalap setiap kali makan atau dengan cara direbus bersama dengan 3 gelas air hingga mendidih dan menyisakan 2 gelas air. Minum air rebusannya dengan dosis 1 gelas sehari diwaktu pagi, dengan pemakaian 2 kali dalam seminggu.

Catatan : Anda dapat memilih salah satunya saja dan baca aturan pakai

Perlu anda ketahui sebelumnya, obat asam urat alami dari tumbuhan ini tidak menawarkan manfaat secepat kilat ibarat obat - obatan kimia pada umumnya. Paling tidak, anda dapat mencicipi manfaatnya setelah meminumnya selama 2 - 3 hari.

Namun, tanaman ini dapat dijadikan solusi untuk menyembuhkan asam urat tanpa efek samping apapun. Jadi, tak ada salahnya anda mengambil pilihan untuk mencoba ramuan tradisional ini, apalagi ramuan hebal yang kami tuliskan ini sudah ditindaklanjuti dan diakui manfaatnya secara ilmiah oleh pakar kesehatan. Jadi, anda tak perlu ragu akan khasiatnya.