5 Tanaman Obat Alami Mengobati Penyakit Diabetes Militus

Tanaman Obat Alami Mengobati Diabetes Militus : Sering kali penyakit diabetes disebut dengan nama lainnya yaitu penyakit gula atau kencing manis. Kurang berfungsinya pankreas merupakan salah satu organ badan insan yang menghasilkan hormon insulin menjadi penyebab diabetes, sehingga kadar gula dalam darah meningkat.

Penyakit ini terbilang cukup serius dikarenakan bila sudah hingga pada kondisi kronis biasanya akan menyerang organ badan terpenting terutama pada adegan kaki hingga terjadinya kerusakan jaringan dan pembusukan.

Oleh alasannya ialah itu, bagi yang sudah memiliki gejala penyakit kencing manis sebaiknya segera diatasi. Untuk mengobati diabetes tak selamanya menggunakan resep obat yang diberikan oleh dokter, kita sendiri bahwasanya dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan tanaman obat yang dapat kita manfaatkan.

Tanaman

Berikut ini ialah beberapa tumbuhan obat untuk mengobati penyakit diabetes militus yang dapat kita gunakan dengan biaya yang murah namun khasiatnya luar biasa tidak menjadikan efek samping.

1. Sambiloto, Pegagan dan Kumis Kucing
Bahan :
  • 10 Gram daun sambiloto
  • 10 Gram daun pegagan
  • 10 Gram daun kumis kucing
  • 5 Gelas air
Cara membuat : Rebus semua materi dengan 5 gelas air hingga mendidih dan kira-kira menyisakan 3 gelas air saja. Minum ramuan ini diwaktu pagi, siang dan sore masing-masing 1 gelas satu jam sebelum makan hingga kadar gula menjadi normal. Jika sudah terdapat luka atau koreng, daun rebusan dapat digunakan, dengan cara digerus hingga halus kemudian tempelkan pada kawasan luka.

2. Buah Mahkota Dewa
Ambil buah mahkota tuhan yang sudah memerah dan ambil dagingnya dengan cara mengiris tipis tanpa mengenai bijinya, karena bijinya beracun. Jemur irisan daging buah mahkota tuhan tersebut hingga kering. Dengan takaran 10 gram buah mahkota tuhan yang sudah kering. Rebuslah dengan 4 gelas air hingga menyisakan sekitar 2 gelas air saja. Minum diwaktu pagi dan sore 1 jam sebelum makan hingga kadar gula darah menurun.

3. Biji Mahoni
Dengan mengambil satu gengam biji mahoni yang sudah kering kemudian digiling atau ditumbuk halus hingga menjadi bubuk. Seduh abu mahoni tersebut dengan dosis 1 1/2 SDM dengan air panas. Nikmati selagi hangat diwaktu pagi dan sore masing-masing 1 gelas.

4. Brotowali, Sambiloto dan Kumis Kucing
Bahan yang diharapkan untuk membuat ramuan obat diabetes diharapkan 2 jari brotowali, 10 lembar sambiloto, 10 lembar daun kumis kucing. Semua materi dipotong atau diiris tipis yang kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan menyisakan 2 gelas saja. Minum diwaktu pagi dan sore 1 jam sebelum makan.

5. Buah Mengkudu
Sangat mudah untuk membuatnya. Dengan mengambil 2 buah mengkudu atau pace yang sudah menguning diiris tipis - tipis untuk diblender dengan air secukupnya. Saring untuk menerima sarinya, minum 3 kali sehari (pagi, siang dan malam) 1 jam sebelum makan.

Note : dalam merebus ramuan, tidak dianjurkan menggunakan materi yang terbuat dari logam untuk merebus, baiknya gunakan tempat rebusan yang terbuat dari tanah liat.

Semoga ramuan di atas dapat bermanfaat. Dalam penggunaannya, bila kadar gula dalam darah sudah normal, dosis penggunaan dapat dikurangi. Namun, sebagai tindakan pencegahan dari penyakit gula ini, ramuan dapat diminum 1 kali sehari atau 3 hari 1 kali. Lakukan pengecekan rutin untuk mengontrol gula darah.