8 Cara Wajib Dilakukan Untuk Mencegah Penyakit Cacingan

Cara mencegah cacingan lebih baik dari pada langkah mengobati penyakit cacingan. Ya.. lebih baik mencegah dari pada mengobati, itulah yang pepatah katakan. Pasalnya cacing yang hidup pada badan insan sifatnya yang parasit ibarat parasit pada sebuah pohon yang akan menjadikan aneka macam macam penyakit diantaranya Anemia, Gizi buruk, Diare, Infeksi organ badan dan penyakit lainnya. 

Anak-anak perlulah menerima perhatian yang khusus untuk menghindari penyakit ini diderita oleh buah hati kesayangan kita. Apalagi disaat ia bermain dengan media tanah yang teramat kotor. Walaupun demikian tak baik juga terlalu over protektif terhadap si anak.

Cara

Bukan hanya si anak saja yang dapat menderita penyakit ini. Orang sampaumur pun dapat terkena. Nah, untuk mencegahnya, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Diantaranya sebagai berikut :

1. Biasakan Mencuci Tangan
Mencuci tangan sebelum makan yaitu hal yang perlu dilakukan dan menjadi kebutuhan hidup. Sepertinya, cara ini yaitu hal yang sepele sekali. Namun, taukah kau tangan kita memiliki ragam bakteri. Jika tidak mencuci tangan dengan bersih dapat dipastikan apa yang tak terlihat oleh mata kita akan masuk disaat kita makan mengunakan tangan. Apalagi yang kita makan yaitu makanan ibarat lalapan pasti menggunakan tangan tanpa sendok. Mencuci tanganpun janganlah asal basuh tangan dan terlihat bersih, gunakanlah sabun antiseptik yang dapat membunuh kuman dan basil tak terlihat.

2. Olah Makanan Dengan Baik
Apasaja yang kita konsumsi mestilah kita perhatikan, apakah makanan yang kita konsumsi sudah memenuhi standar gizi dan sehat serta cara pengolahannya benar. Ada makanan tertentu misalnya dagin dan ikan, makanan jenis ini mesti diolah benar-benar cara memasaknya. Harus masak sempurna, hindari makanan ini dengan pengolahan setengah matang. Bisa jadi, larva cacing masih hidup karena cara memasak yang tidak sempurna.

3. Jika Jajan Perhatikan Ini
Ketika kita akan membeli makan di luar, ada baiknya kita memperhatikan hal-hal diantaranya : kebesihan lokasi, cara pengolahan makanan yang dijual, dan sebagainya. Bukannya tidak percaya kepada si penjual atau terlalu protect terhadap diri kita sendiri. Namun, banyak kasus yang telah ditemukan, si penjual terkadang mengabaikan hal tersebut. Tidak salahkan kalau kita memilah dalam jikalau ingin membeli makanan ke suatu tempat.

4. Menggunakan Alas Kaki
Sandal dan sepatu memang layaknya kita gunakan jikalau hendak keluar rumah apalagi disaat menyentuh tanah atau kaki kita menyentuh sesuatu yang kotor. Terutama bawah umur ini yang harus diperhatikan. Apalagi disaat hendak membersihkan jalan masuk air (selokan), kubangan, lumpur sebaiknya menggunakan sepatu boot untuk menghindari larva cacing masuk melalui pori-pori kaki.

5. Perhatikan Kebersihan Kamar Mandi
Ruang mandi yang menyatu dengan WC perlu diperhatikan serius. Jangan biarkan ruang ini licin, berkerak, berbau, berlumut dan sebagainya untuk mencegah cacing dan larvanya dapat hidup. Terutama yang perlu diperhatikan yaitu pijakan closed pastikan bersih jikalau menggunakan toilet duduk.

6. Minum Obat
Kami sudah memaparkan dengan terperinci bagaimana gejala, penyebab dan cara mengobati cacingan untuk anak dan orang dewasa. Silahkan untuk membacanya lebih lanjut. Untuk mencegah cacingan meminum obat yaitu hal perlu dilakukan. Ada pilihan yang dapat anda lakukan, memilih obat di apotek atau membuatnya sendiri dengan materi alami. Semua sudah dibahas pada artikel tersebut.

7. Menjaga Kebersihan Kuku
Bagaimana jikalau kita melihat seseorang dengan kuku disela-selanya terdapat kotoran bewarna hitam. Pasti geli melihatnya. Tempat yang paling baik pada tangan untuk berkembang biak basil dan kuman yaitu pada adegan kuku. Walaupun hendak memelihara kuku panjang, sebabaiknya perhatikan kebersihannya.

8. Kebersihan Lingkungan
Tidak ingin bukan, jikalau anak kita bermain dilingkungan yang kotor dan tak terawat. Kebersihan halaman rumah, selokan atau kawasan yang berpotensi menjadi kubangan mestilah diperhatikan supaya cacing dan larvanya tidak mudah berkembang biak disitu. Apalagi disaat cuaca sedang lembab tidak terkena matahari perlu menerima perhatian khusus lingkungan yang ibarat itu.

Demikianlah ada 8 tips yang perlu dilakukan untuk mencegah penyakit cacingan menimpa anak, keluarga dan diri kita. Semoga bermanfaat...