9 Cara Mencegah Penyakit Jantung Wajib Diketahui Sejak Dini

Cara mencegah penyakit jantung - Ada pepatah mengatakan "mencegah itu lebih baik daripada mengobati" bukanlah hanya semboyan semata. Apalagi hal ini berkaitan dengan penyakit jantung yang merupakan problem kesehatan pada organ badan insan berjulukan jantung, organ yang sangat vital dalam menunjang kehidupan. 

Dari data kesehatan WHO menunjukan, penyakit jantung menjadikan salah satu faktor penyebab janjkematian terbesar diseluruh Dunia. Sebelum hal yang buruk itu terjadi menimpa kondisi kesehatan kita terutama pada jantung, ada baiknya kita lebih dini mengetahui tanda awal sakit jantung termasuk mengetahui bagaimana cara mencegah penyakit ini.

mencegah

Agar jantung tetap sehat, tak lain ialah menerapkan teladan hidup sehat ialah kunci utama untuk menghindari penyakit ini diderita oleh seseorang. Namun, apa saja yang menjadi point penting dari "pola hidup sehat" yang dimadsud ? Berikut ini segala upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit jantung menyerang diri kita. Sebaiknya, langkah beberapa point di bawah ini sudah diterapkan disaat sudah memasuki usia 20 tahun ke atas semoga pencegahannya dapat sedini mungkin.

1. STOP Smoking dan Say no to MIRAS
Kita bersama pastilah sudah mengetahui apa dampak kesehatan yang ditimbulkan dari rokok. Apalagi, ketika ini disetiap kemasannya sudah terdapat goresan pena dan sudah diberikan gambar peringatan yang terjadi jikalau kita merokok. Lantas masihkah kita mencoba nya ?

Apalagi dengan meminum-minuman beralkohol. Kedua perbuatan ini akan memicu kinerja jantung semakin keras dan ekstra. Jika dibiarkan dalam jangka waktu tertentu jikalau tidak segera meninggalkan kebiasaan ini, problem kesehatan lainnya menyerupai kanker paru, nesofaring, jantung koroner pun akan mendatangi kita.

2. Kontrol Tekanan Darah
Perhatikan gambar berikut ini ialah tabel pengelompokan tekanan darah untuk usia lebih dari 18 tahun :

mencegah

Kondisi normal tekanan darah sistolik (mmHg) berada diangka kurang dari (<130) artinya antara 121 - 129 (tekanan darah sistolik normal) sedangkan untuk tekanan darah diastolik (mmHg) berada di angka 81 - 84.

Anda perlu waspada jikalau tekanan darah berada pada tahap hipertensi derajat I apalagi sudah menunjukkan tanda hipertensi derajat ke II, sedapat mungkin berusaha untuk menurunkan tekanan darah tersebut, jikalau dibiarkan ini petanda tidak baik yang berkemungkinan buruk kita terserang penyakit jantung.

Untuk mengontrol tekanan darah, periksalah diri kita misalnya dalam dalam satu (1) bulan sekali atau dengan membeli alat pengukur tekanan darah yang setiap ketika dapat kita kontrol.

3. Hindari Stress
Namanya problem pasti ada dalam menjalani kehidupan.Namun, hindarilah perasaan stress yang berlebihan dikarenakan stress yang berakibat hormon cortisol menjadi berlebihan berakibat pembuluh darah menjadi kaku. Bayangkan jikalau hal ini terus menerus ada dalam diri kita, tentu akan berdampak buruk. Jika sudah begini, sebaiknya kita mencari cara untuk menghilangkan perasaan stress ini.

Istirahat dengan waktu yang cukup dan tidak melaksanakan acara yang berlebih menyerupai bekerja lembur atau pekerjaan yang menggunakan tenaga ekstra dan selalu bersahabat dengan orang-orang yang kita cinta serta mengunjungi kawasan wisata mungkin mampu menjadi solusi mengatasi ini.

4. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Kebanyakan orang tak mengetahui ini dapat menjadi problem awal yang menjadi salah satu penyebabnya. Menjaga kesehatan gigi dan verbal itu perlu sekali, bukan hanya untuk penampilan semata. Terutama bagi mereka yang memiliki permasalahan gigi dan verbal menyerupai : gigi berlubang, amis mulut, plak, dan sebagainya, jangan membiarkannya begitu saja. Mengapa ?

Menjaga kesehatan gigi dan verbal untuk mencegah timbulnya radang arteri yang mana dapat mengganggu fatwa darah menuju jantung dan kesehatan reproduksi. Jika gigi terdapat lubang tentu perlu perhatian khusus, dicabut atau ditambal itu lebih baik daripada nantinya ini akan menjadi salah satu faktor pemicu terkena gejala penyakit jantung.

5. Pola Makan Sehat
Makanan sehat untuk jantung salah satunya ialah kacang-kacangan yang terdapat kandungan protein, asam lemak omega 3 dan serat tinggi. Memakan buah dan sayuran juga lebih baik dan hindarilah mengkonsumsi daging berlebih, makanan yang asin-asin, gurih dan berlemak tinggi.

Selain itu hindari mengkonsumsi makanan yang melalui proses penggorengan dari pemakaian minyak goreng yang berulang-ulang. Kandungan minyak jenuh pada makanan tersebut dapat menimbulkan radang arteri di pembuluh darah. "Enak namun tidak menyehatkan, tidak perlu mengkonsumsinya jikalau akan menimbulkan penyakit.", alasannya ialah aneka macam ketika ini makanan yang beredar yang dapat menipu lidah.



6. Olahraga Teratur
Ini sebagai penyeimbang kondisi tubuh. Untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh, salah satu caranya yaitu dengan olahraga yang mengeluarkan keringat dilakukan secara rutin. Mengeluarkan keringat pada ketika kita bekerja memperlihatkan efek yang berbeda pada ketika kita berolahraga. Berjalan kalem rutin 2 ahad satu (1) kali misalnya jikalau sibuk selama 30 menit saja atau sedikit berlari sudah dikatakan olahraga yang sangat minimal untuk kesehatan Jantung anda.

7. Mengkonsumsi Buah-buahan Yang Memiliki Antioksidan
Antioksidan yang baik ialah buah-buahan segar menyerupai : Jeruk, apel, alpokat, strawberry, blewah, pengecap buaya, wortel, mentimun, sirsak, kiwi, kulit manggis, delima dan anggur. Ada baiknya kita sering mengkonsumsi buah tersebut. Namun, memilih buah-buahan dengan kondisi segar dan sehat dan waspada terhadap buah-buahan yang terdapat kandungan pengawet atau pewarna.

8. Memilah Makanan Baik dan Buruk
Beranggapan selagi masih muda, memiliki fisik yang sehat tak ada salahnya mengkonsumsi sana sini segala makanan yang ada menyerupai makanan yang disukai oleh kebanyakan orang kekinian ialah makanan cepat saji, junk food, dan makanan lainnya yang buruk bagi kesehatan.

Padahal setiap apa saja yang kita makan selama kita menjalani hidup diusia produktif, itulah yang akan menentukan kondisi kesehatan kita di masa yang akan datang. Untuk itu bagi anda yang peduli terhadap kesehatan diri ada baiknya mengetahui daftar makanan yang baik dan buruk untuk kesehatan jantung.

9. Tak Asal Mengkonsumsi Obat
Mengkonsumsi obat yang sesuai dengan proposal dokter atau orang yang memiliki keahlian untuk memperlihatkan resep akan membuat problem kesehatan dalam waktu tertentu terutama dengan kesehatan Jantung. Misalnya saja, jikalau pikiran terganggu kondisi jiwa tertekan akan mengkonsumsi obat penenang. Memang ketika itu juga kondisi badan anda menjadi damai tetapi tak baik untuk kesehatan Jantung yang membuat irama jantung menjadi berubah.