8 Cara Efektif Mengatasi Susah BAB Pada Bayi dan Anak

Tips mengatasi susah BAB pada bayi dan anak - Susah buang air besar sering terjadi pada bayi dan anak. Masalah Susah buang air besar atau istilah lainnya sembelit yaitu suatu penyakit yang timbul oleh gangguan sistem pencernaan yang menjadikan tinja menjadi mengeras dan sulit dikeluarkan. Hal ini sering membuat bayi atau anak merasa tidak nyaman dan sering menangis. Rasa sakit dikala buang air besar yang terjadi pada seorang bayi atau anak tentu akan membuat paraorang renta cemas dan merasa khawatir.

Sembelit atau susah BAB bukan hanya menyebabkan rasa tidak nyaman pada bayi atau anak, tetapi juga dapat memicu timbulnya gangguan kesehatan lainnya bila terus menerus dibiarkan. Biasanya bayi atau anak umumnya buang air besar satu kali sehari, tetapi bila mengalami gangguan pencernaan malah mampu hingga berhari-hari tidak BAB.

Umumnya pada usia di bawah 2 tahunlah yang sering mengalami permasalahan kesehatan ini. Banyak faktor yang mensugesti kenapa bayi dan anak susah buang air besar misalnya ibarat kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, sumbangan susu formula yang kurang sempurna atau berlebihan daripada ASI, mengkonsumsi makanan terlalu padat dan bertekstur kentar sehingga membuat pencernaan bayi dan anak terganggu dan faktor lainnya yang mempengaruhi.

Tips

Untuk itu, bunda tak perlu terlalu kuatir bila menunjukkan permasalahan bayi tidak adegan selama 3 hari tersebut ataupun yang terjadi pada anak, Berikut ini yakni beberapa tips yang mampu dilakukan untuk mengatasi susah BAB yang sering terjadi pada bayi dan anak :

1. Memberikan ASI
Untuk usia 2 tahun ke bawah kebutuhan akan ASI (Air Susu Ibu) masih sangat diharapkan dan wajib diberikan alasannya yakni ASI mengandung basil baik yang dapat membuat sistem pencernaan serta kekebalan badan bayi menjadi meningkat yang tak dimiliki susu formula. Untuk sumbangan ASI ke bayi dan anak, sebaiknya perhatikan juga asupan makanan yang dikonsumsi oleh sang Ibu ibarat mengkonsumsi makanan yang sehat banyak serat.

2. Perhatikan Takaran Susu Formula
Jika si Anak sudah waktunya diberi susu formula, perhatikan takarannya sehingga sempurna dan tidak terlalu kental. Lihatlah pada kemasan susu formula untuk mengetahui takaran yang disarankan dikala membuat susu.

3. Meminta Saran Susu Formula yang Cocok kepada Dokter
Meminta rekomendasi susu formula yang cocok kepada dokter harus Anda lakukan. Jika merk susu yang selama ini Anda gunakan ternyata salah, cepatlah ganti merk susu dengan produk lain yang lebih sempurna untuk anak Anda. Karena tak jarang beberapa anak yang tidak cocok dengan susu merk tertentu. Namun Anda harus memperhatikan untuk tidak terlalu sering mengganti jenis susu formula. Mengganti jenis susu formula yang terlalu sering justru dapat mengganggu pencernaan anak Anda, hal ini dapat menyebabkan sembelit atau bahkan diare.

4. Oleskan Minyak Bayi di Sekitar Anus Bayi
Tips ini dapat membantu bila pada anus bayi terdapat lecet atau bahkan terluka.

5. Pijatlah Perut Anak
Anda harus sering memijat dengan gerakan melingkar yang searah dengan jarum jam di sekitar perut si anak dari pusar ke arah luar secara lembut. Gunakan minyak pijat khusus bayi dikala melaksanakan pijatan

6. Baringkan dalam Keadaan Terlentang
Lakukan gerakan kaki pada anak Anda ibarat gerakan ibarat mengayuh sepeda di udara. Tips ini akan membuat otot perut bergerak dan menawarkan stimulasi yang lembut pada usus besar anak Anda sehingga memudahkan untuk buang air besar.

7. Mandikan dengan Air Hangat
Cara ini dilakukan untuk membuat otot-otot pada bayi dan anak menjadi rileks. Sesekali usap-usap pada adegan perut secara lembut dengan gerakan melingkar kearah kanan serta pada adegan punggung.

8. Konsultasi ke Dokter
Jika masih perlu dilakukan untuk menangani dilema ini lebih lanjut, cobalah untuk berkunjung ke dokter yang khusus menangani bayi dan anak-anak. Dokter akan terlebih dahulu mendiagnosa apa bekerjsama yang menjadi dilema susahnya BAB. Jika sudah diketemukan, ada beberapa saran dan resep pun diberikan untuk menyembuhkan.