9 Manfaat Air Putih Bukan Sekedar Penghilang Haus, Anda Harus Tahu !

Air merupakan episode dari komponen penyusun tubuh makluk hidup memiliki tugas yang sangat penting terutama untuk menjaga kesimbangan metabolsime tubuh makluk hidup tersebut. Tanpa adanya air dapat dipastikan makluk hidup tak akan bertahan hidup lebih lama. Pada tubuh insan saja misalnya, dari penelitian ilmiah yang dilakukan oleh para andal sains mengatakan bahwa kadar air dalam tubuh insan jumlahnya lebih besar daripada zat - zat lainnya.

Pada tubuh bayi misalnya, kandungan air dalam tubuh bayi dapat mencapai 75% - 80% jumlahnya. Namun, semakin bertambahnya usia, jumlah kadar air dalam tubuh insan akan berkurang mengingat kebutuhan tubuh insan remaja sangatlah memerlukan komponen ini dikarenakan banyaknya kegiatan yang dijalankan. Kadar air pada tubuh insan remaja pada umumnya terdiri dari 50% pada pria - 60% nya terdapat pada wanita jumlahnya.

Salah satu dampak yang akan terjadi kalau tubuh insan mengalami kekurangan air, maka efek yang akan dirasakan oleh seseorang tersebut yaitu rasa dehidrasi. Bila ini terjadi, tubuh akan mengalami lemas, kelehahan, kelelahan pada mata yang menimbulkan rasa berkunang - kunang, sakit kepala, otot terasa keram, wajah tampak pucat, kulit mengkriput dan sebagainya. Bahkan, seseorang yang sering mengalami dehidrasi akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh yakni menimbulkan resiko terkena penyakit darah tinggi yang menjadi pemicu stroke.

Dosis Yang Tepat

Banyak yang mengatakan, tubuh insan membutuhkan setidaknya 8 gelas air putih setiap harinya atau setara dengan 2 liter per hari. Padahal, menurut andal kesehatan dikala ini, jumlah air minum yang masuk ke dalam tubuh insan itu tergantung dari kebutuhan tubuh fisiknya. Angka tersebut belumlah memperlihatkan penjelasan yang tepat. Jika dibandingkan, antara bayi, insan remaja hingga dikatakan memasuki usia tua, apakah membutuhkan jumlah air sebanyak 8 gelas perharinya ? Tentu saja jawabanya tidak.

Air

Ya..., minum air putih juga memiliki aturan dan cara. Artinya, samahalnya mirip kita hendak minum obat yang ada dosisnya. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menimbulkan dehidrasi. Namun, kelebihan cairan dalam tubuh juga akan menimbulkan dampak buruk bagi metabolisme tubuh mirip merusak komposisi dalam darah (mengganggu tingkat kekentalan darah, pembengkakan sel, keracunan air bisa saja dapat terjadi dan duduk perkara kesehatan lainnya.

Anda dapat membaca artikel lanjutan dari kami yaitu Aturan dan Cara Minum Air putih Yang Baik dan Benar Bagi Kesehatan Tubuh. Pada artikel lanjutan ini, kau menjelaskan aturan yang semestinya dikala mengkonsumsi air putih yang berdasarkan penjelasan dari dunia kesehatan. Diartikel tersebut, kami juga akan menjawab, apa benar minum air putih itu berbahaya kalau tidak sesuai aturan yang dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh ?

Berdasarkan perhitungan medis, takaran yang sempurna mengkonsumsi air putih itu yaitu 0,03 liter dari berat tubuh manusia. Itu artinya kita harus mengetahui berat tubuh ideal diri kita sendiri, karena setiap diri masing - masing, tidak dapat disamakan dalam hal banyaknya air putih yang masuk ke dalam tubuh. Langkah pertama, anda harus mengetahui cara menghitung berat tubuh ideal baik pada laki - laki maupun wanita. Misalnya saja, laki - laki yang memiliki berat tubuh ideal 63 Kg, setidaknya membutuhkan 1,89 liter air setiap harinya.

Namun, dalam situasi dan kondisi tertentu perhitungan tersebut terkadang meleset. Misalnya saja, lelaki tersebut yaitu pekerja tambang, tentu saja karena aktivitasnya yang menguras tenaga, ia sangat membutuhkan cairan lebih semoga metabolisme dalam tubuhnya dapat berjalan normal. Paling tidak hal yang wajib ia penuhi yaitu 1,89 perharinya.

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat air putih sangat diharapkan bagi tubuh kita. Demi keberlangsungan sistem metabolisme tubuh semoga tetap berjalan normal. Saat ini, banyak dari mereka yang menyadari bahwa air putih juga bukan hanya dijadikan sekedar penghilang rasa haus saja. Tapi dapat memperlihatkan segudang manfaat kesehatan bagi tubuh kita yang mengkonsumsinya.

Air

Namun, yang perlu digaris bawahi yaitu air putih yang anda konsumsi setiap harinya pastikan tidak memiliki kandungan zat atau ogam berbahaya mirip timbal, mercury, timah dan sebagainya. Karena itu akan memperlihatkan dampak buruk bagi kesehatan baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Pelajari lebih lanjut akan hal ini, apakah air putih yang anda minum sehat tanpa ada zat atau kandungan logam berbahaya ? bagaimana cara mengenalinya ? Anda kami arahkan untuk membaca artikel Yakin Air Putih Anda Aman di Konsumsi ? Waspadai Zat Berbahaya

Berbagai manfaat tersebut yaitu dapat dijadikan sebagai media terapi, untuk kecantikan, baik bagi mereka yang menjalani diet dan masih banyak lagi yang akan kami sampaikan berikut ini :

# 1. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh dan Menjaga Kesehatan Ginjal
Salah satu fungsi dari ginjal yaitu sebagai organ detoksifikasi. Dapat dikatakan ginjal ibaratnya mirip alat penyaring dari zat - zat berbahaya yang masuh ke dalam tubuh. Minum air putih yang sempurna dapat melancarkan sistem peredaran darah dan membantu meringankan kinerja dari ginjal. Air putih yang kita minum setiap harinya akan membantu proses detoksifikasi oleh ginjal yang membuat racun tak dapat mengendap dalam darah. Dengan mengkonsumsi air putih yang benar sesuai anjuran, racun akan dikeluarkan melalui keringat dan air seni atau jalan masuk pembuangan yang ada dalam tubuh kita.

# 2. Kulit Tetap Sehat dan Awet Muda
Setiap harinya ada banyak jutaan sel dalam tubuh kita mengalami kematian. Namun, dalam setiap harinya juga ada jutaan sel dalam tubuh kita terlahir dan mengalami regenerasi. Proses regenerasi membutuhkan cairan. Kulit misalnya, setiap hari kulit kita akan mengalami maut dan mengalami regenerasi menjadi kulit baru. Hal ini dapat kita lihat mirip daki, itulah kulit yang mati.

Kebiasaan mengkonsumsi air putih setiap paginya akan membantu proses regenerasi sel kulit, menjaga kulit tetap bercahaya, mencegah dari penuaan dini mirip mengalami kerutan pada kulit, menjaga kelembaban kulit, kelenturan dan sebagainya. Jika kekurangan cairan, kulit akan tampak kerutan, terlihat pecah - pecah, pucat dan sebagainya.

# 3. Menyeimbangkan Sistem Kelenjar Getah Bening
Kelenjar getah bening dapat diibaratkan mirip dapurnya sistem pertahanan tubuh yang terdapat pada manusia. Di dalam tubuh kita, kelenjar getah bening sangat dibutuhkan untuk melawan banyak sekali macam jenis penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Kelenjar getah bening ini letaknya tersebar si tubuh kita. Ada yang dileher, lipatan paha, di bawah ketiak dan sebaginya. Seperti benteng pertahanan, apabila sistem ini terganggu, tentu saja tubuh seseorang akan mengalami banyak sekali duduk perkara kesehatan. Seperti terjadinya infeksi yang menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Dengan minum air putih secara tepat, sistem ini akan menjadi optimal untuk melawan segala macam infeksi.

# 4. Mempertahankan Fungsi Usus Agar Berjalan Normal
Usus merupakan episode dari sistem pencernaan. Tergangunya sistem pencernaan akan menimbulkan duduk perkara kesehatan mirip sembelit, susah Buang Air Besar (BAB), sakit perut dan sebagainya. Apabila cairan tubuh yang melalui sistem pencernaan tidak terpenuhi duduk perkara tersebut dapat terjadi. Misalnya saja pada dikala kita mengalami susah BAB, fases akan mengeras dan memadat serta sulit untuk dikeluarkan. Itu dikarenakan, sebelum fases keluar melalui jalan masuk pembuangan, cairan yang terdapat pada fases akan diserap usu yang menimbulkan kepadatan pada fases.

# 5. Membantu Program Diet
Dengan aturan tertentu atas saran yang diberikan dari dokter anda, minum aair putih juga dapat membantu anda melangsungkan acara diet dan membuat berat tubuh tubuh menjadi ideal. Tentu saja tidak memperlihatkan dampak sekaligus. Jika dilakukan secara rutin, sistem metabolisme tubuh akan lancar. Jika mengkonsumsi nya secara tertatur juga akan mensugesti dan mengendalikan nafsu makan untuk berjalan normal.

# 6. Meringankan Kinerja Jantung
Kita ketahui bersama bahwa fungsi jantung salah satunya yaitu organ pempompa darah yang menyalurkan darah keseluruh tubuh. Dalam hal ini, darah memiliki tingkat kekentalan tertentu. Jika terlalu kental, maka kinerja jantung akan meningkat dan darah tidak lancar. Mengkonsumsi air putih dapat membantu darah menjadi encer dan akan bisa melewati pembuluh darah dengan lancar.

# 7. Meningkatkan Fungsi Otak
Apakah anda pernah melihat iklan ditelevisi ? Air menjadi tugas penting untuk membantu meningkatkan fungsi dari kinerja otak. Seseorang yang kekurangan cairan dalam tubuh, akan sulit sekali berkonsentrasi atau berfikir. Air akan membantu melancarkan sirkulasi darah pada jaringan dan sistem saraf otak.

# 8. Mengobati Sakit Kepala Ringan
Memang dari segi penjelasan medis, ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab sakit kepala diantaranya yaitu kurangnya cairan dalam tubuh dan pengaruh strees. Air putih yang kita konsumsi akan bisa melenturkan disetiap pembuluh darah yang ada termasuk pembuluh darah pada otak. Pada kasus sakit kepala ringan, cobala mengkonsumsi air hangat sebanyak 1 hingga 2 gelas. Kemudian beristirahat sejenak untuk relaksasi. Dengan melaksanakan ini, sakit kepala yang dirasakan akan berkurang ataupun hilang.

# 9. Menjaga Kekuatan Otot
Setelah kita melaksanakan kegiatan olahraga, apa yang anda rasakan ? Haus dan otot terasa lelah, bukan begitu ? Ada banyak cairan yang telah kita keluarkan dikala kita menjalani segala kegiatan keseharian. Terutama setelah olah raga, tubuh kita akan membutuhkan banyak cairan disebabkan cairan dalam tubuh kita sebelumnya telah dikeluarkan melalui keringat. Cairan ini harus segera anda ganti, bila tidak, tubuh akan mengambil cairan yang terdapat pada otot, darah, lemak dan sebagainya. Apabila tidak segera mengkonsumsi air, rasa lelah pun akan sangat dirasakan.

Semoga dengan artikel yang singkat ini, kita lebih memilih untuk minum air putih daripada minum air yang mengandung materi pengawet, pewarna atau sebagainya yang belum tentu memperlihatkan manfaat kesehatan bagi tubuh hanya memperlihatkan rasa enak dilidah. Manfaat air putih dapat dirasakan manfaatnya ketika kita mengkonsumsinya secara sempurna sesuai dengan aturan kesehatan.