Biduran - Cara Mengobati Biduran Secara Alami Hingga Tuntas

Kaligata, Biduran atau dalam istilah kedokteran disebut dengan Urtikaria merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada kulit, ditandai dengan gejala munculnya bercak kemerahan atau putih pada kulit yang menjadikan rasa gatal, nyeri dan panas. Kondisi biduran ringan biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Namun, kalau tak kunjung membaik perlu dilakukan penanganan cepat sebab akan menjadikan iritasi kulit dan gangguan sistem kekebalan tubuh.

Umumnya, penyebab biduran ditimbulkan sebab adanya alergi yang berasal dari makanan tertentu ibarat kerang, kepiting, udang, daging babi, makanan kemasan kaleng, Selain itu, penyakit ini juga dapat dipicu oleh faktor lainnya yang berasal bukan dari makanan ibarat dikarenakan gigitan serangga, pengaruh obat yang dapat merangsang sel mast untuk melepaskan histamin berlebih, kondisi stress juga kuat dan faktor laainnya.

Biduran

Penyakit biduran dapat terjadi oleh siapa saja termasuk belum dewasa sangat rentan terhadap penyakit ini. Penyebaran ruam atau bercak dapat terjadi dengan cepat dan meluas ke seluruh permukaan kulit pada tubuh. Memang penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, pembiaran begitu saja juga akan meningkatkan resiko bercak meluas disertai rasa gatal, nyeri dan panas.

Pengobatan dalam dunia kedokteran biasanya akan diatasi antihistamin untuk menghentikan rasa gatal, mengurangi ruam dan menghambat efek histamin yang dapat ditemui di apotek. Sedangkan untuk pengobatan biduran secara alami dapat anda lakukan beberapa sebagai berikut :

1. Temulawak dan Asam
Sediakan 20 gram temulawak dan 2 buah asam serta gula aren secukupnya. Rebus kesemuanya dengan 2 1/2 gelas air sampai menyisakan 2 gelas. Diamkan sampai hirau taacuh dan minum ramuan ini di waktu pagi dan malam hari sampai biduran hilang.

2. Sambiloto dan Kunyit
Sediakan 20 gram kunyit, 3 butir bawang merah, 10 gram sambiloto, 30 gram daun kelor. Blender halur kesemua materi sampai halus. Selenjutnya rebus dengan 600 cc air sampai mendidih dan menyisakan setengah bagian. Saringlah dan minum. Untuk mengilangkan rasa pahit anda dapat menambahkan sedikit gula.