Daftar Obat Amandel Di Apotik dan Tradisional Lolos BPOM

Amandel ialah sepasang organ badan yang terletak di sisi kanan dan kiri verbal tenggorokan berisikan jaringan kelenjar getah bening yang berfungsi sebagai organ penyaring sekaligus menjadi salah satu adegan dari sistem pertahanan tubuh. Selain itu, fungsi amandel juga sangat diharapkan badan kita untuk mencegah, membasmi dan menghalangi banyak sekali bakteri, kuman dan virus yang ada di dalam rongga verbal atau yang berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi ataupun bakteri, kuman dan virus yang masuk melaui jalur terusan pernafasan atas.

Untuk melihat organ amandel, anda dapat membuka verbal dengan lebar disertai pengecap menjulur keluar dan memperhatikan sisi kanan dan kiri pada verbal tenggorokan. Dalam dunia kesehatan, organ kecil ini juga terkadang disebut sebagai kelenjar getah bening yang terlihat oleh kasat mata karena di dalamnya berisikan kumpulan dari jaringan limfa yang memproduksi sel darah putih penghasil antibodi tubuh.

Amandel pada anak yang berusia 4 - 12 tahun biasanya akan terlihat menyerupai bulatan kelereng yang menonjol bewarna merah muda. Sedangkan pada usia dewasa, pada umumnya ukuran amandel sudah menyusut. Mengapa ? hebat kesehatan menjawab, pada usia anak - anak, sistem pertahanan badan jaringan kelenjar getah bening belum terbentuk secara sempurna, jadi amandel memiliki peranan terbanyak dalam menyumbangkan untuk menunjang kesehatan si anak. Sedangkan pada usia orang dewasa, amandel akan menyusut dan beban fungsinya telah diringankan oleh jaringan kelenjar getah bening yang sudah terbentuk secara semburna yang letaknya tersebar di titik titik tertentu organ badan kita.

Namun, dalam kondisi tertentu... siapa saja dapat mengalami persoalan amandel bisul atau yang sering disebut dengan radang amandel atau tonsilitis. Baik itu pada usia anak - anak ataupun orang sampaumur sekalipun. Umumnya terjadi pada usia anak - anak karena pada usia ini, kelenjar amandel sangat aktif untuk menjalankan perannya sebagai benteng pertahanan badan dari banyak sekali serangan bakteri, virus ataupun kuman.

Jika amandel bengkak, maka si pasien akan mencicipi gejala umum yaitu mencicipi sakit pada kawasan tenggorokan terutama pada ketika menelan. Tak jarang ditemui gejala amandel tersebut disertai demam, hidung tersumbat, batuk, sakit kepala dan sebagainya. Namun, yang paling mengkuatirkan ialah ketika amandel mengalami peradangan yang kronis dapat menyebabkan amandel membesar sampai dapat menutupi rongga verbal bahkan dapat pecah kalau tidak ada upaya tindakan pengobatan.

Amandel

Untuk menghilangkan amandel, tak harus dilakukan tindakan operasi untuk mengangkat organ kecil ini. Karena penyakit amandel dapat dicegah dan disembuhkan secara tuntas tanpa menimbulkan kambuh yang berulang - ulang. Fakta sebenarnya, mengangkat organ amandel atau melaksanakan tindakan operasi pada amandel bukanlah pilihan terbaik. Karena kalau melihat fungsinya yang sangat penting bagi tubuh. Walaupun pada orang sampaumur fungsinya tidak lagi bekerja optimal, tetapi tetap saja ia masih memiliki peranan terutama mencegah dan membasmi bakteri, kuman ataupun virus yang ada di dalam rongga mulut.

Untuk mengatasi amandel yang sering mengalami pembengkakan, langkah awal yang harus kita perhatikan ialah mengenali penyebab kenapa amandel bisul ? Jika sudah diketahui penyebabnya, kemudian dilakukan tindakan pengobatan dan selanjutnya dilakukan tindakan penyembuhan disertai pencegahan. Dengan cara ini amandel tidak akan kambuh lagi tanpa operasi.

Obat Amandel Di Apaotik dan Tradisional

Pada dasarnya obat yang diberikan oleh dokter sifatnya bukan untuk menghilangkan amandel. Nyatanya, penyakit amandel dapat kambuh lagi kapanpun. Kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab amandel menjadi bengkak. Misalnya saja, setelah dilakukan pemeriksaan ternyata si pasien kurang menjaga kebersihan gigi dan verbal menyerupai terdapatnya gigi berlubang, karang gigi, plak dan sebagainya yang dapat menimbulkan perkembangan kuman dan basil meningkat. Hal ini berkemungkinan besar dapat menginfeksi amandel.

Jika persoalan ini terjadi pada usia anak - anak, tentu saja anda sebagai orang bau tanah harus memperhatikan kebersihan verbal dan gigi si anak semoga amandel tidak kambuh lagi. Masih ada lagi penyebab lainnya menyerupai minum minuman yang masbodoh yang di dalamnya sudah terkontaminasi basil dan kuman, mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet dan sebagainya.

Obat amandel yang dijual diapotik dapat menjadi pilihan untuk meredakan dan menghilangkan peradangan yang terjadi pada amandel. Ada banyak sekali ragam jenis obat amandel yang beredar di apotik yang terdiri dari obat - obatan kimia dan herbal. Selaku konsumen, kita harus menelaah apakah obat tersebut aman dikonsumsi dan telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Nah, kalau anda sedang mencari obat untuk menyembuhkan amandel, beberapa daftar obat berikut ini dapat menjadi pilihan.

1. Lamandel
Obat ini terbuat dari ramuan herbal yang berasal dari materi - materi alami menyerupai ekstrak temulawak, daun pecut kuda dan daun pegagan. Jadi, tidak menimbulkan efek samping penggunaan maupun ketergantungan pemakaian. Rasanya yang menyegarkan tenggorokan dan sangat efektif untuk mengobati dan berguna untuk mengatasi ganguan pembengkakan amandel, radang tenggorokan dan meningkatkan imunitas tubuh. Cocok dikonsumsi oleh anak - anak ataupun orang dewasa. Lamandel menjadi pilihan terbaik untuk menyembuhkan amandel yang ada di apotik.

2. Ibu Profen
Obat ini diberikan bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri dan demam akhir dari pembengkakan amandel. Biasanya, diberikan oleh pasien yang sedang demam, sakit kepala ataupu sariawan. Namun, kalau untuk mengatasi amandel, biasanya dokter akan menunjukkan obat komplemen obat lainnya menyerupai pemberiannya bersamaan dengan antibiotik khusus untuk menangani amandel. Jika amandel gres menunjukkan gejala awal, anda dapat membelinya di apotik dan mengkonsumsi obat ini. Dengan dosis 1 x 1. Jika tak ada perubahan dalam waktu 3 hari, segera kunjungi dokter.

3. Antibiotik dan Anti Peradangan
Pada umumnya, obat ini akan diberikan kepada pasien kalau kondisi pasien sudah mengalami gejala demam, pembengkakan amandel disertai bintik - bintik putih pada amandel dan bintik putih pada lidah, terasa mual, pilek dan sebagainya. Antibiotik yang dimadsud ialah Levofloxacin dan antiperadangan ialah Grafachlor. Anda dapat membeli kedua obat ini diapotik. Dosis minum yang tepat sesuai tawaran dokter ialah 1 x 1 untuk Levofloxacin dan 3 x 1 untuk Grafachlor.

Jika pembengkanan sudah mengurang dan kondisi badan pasien sudah sehat, hentikan penggunaan obat ini. Sertai dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat serta olahraga yang sesuai dengan porsi badan anda. Walaupun dapat dibeli diapotik, kami tidak menganjurkan anda untuk mengkonsumsi obat ini tanpa izin atau sepengetahuan dokter ahli.

4. Penisilin
Obat ini termasuk ke dalam golongan antibiotik digunakan untuk mengatasi amandel akhir dari infeksi bakteri. Dokter akan menunjukkan obat ini kalau diktehui penyebab pembengkakan amandel ditimbulkan karena adanya infeksi bakteri. Tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat ini tanpa resep dokter. Efek samping yang ditimbulkan kalau tidak cocok, alergi karena obat ini mungkin saja terjadi.

5. Eritrimisin
Satu lagi obat amandel yang termasuk ke dalam golongan antibiotik. Eritrimisin diberikan ketika pasien sudah mengalami pembengkakan amandel yang kronis. Jadi, ini ialah obat dosis tinggi diberikan kepada pasien penderita amandel yang disebabkan oleh basil atau virus. Tentu saja obat ini harus diberikan atas sepengetahuan dokter walaupun diapotik dijual, kami sangat tidak menyarankan anda membelinya.

Selain obat - obatan yang dijual diapotik, mengatasi amandel juga dapat menggunakan cara tradisonal dengan mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari materi - materi alami yang ada disekitar kita. Lagi pula tidak menimbulkan efek samping bagi badan kita. Ramuan herbal tersebut diantaranya :

6. Jus Buah Mengkudu dan Jeruk Nipis
Buah ini mengandung antioksidan dan bisa menangkal radikal bebas yang ada di dalam badan kita. Selain itu buah ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan badan kita untuk melawan penyakit menyerupai menurunkan kadar kolesterol jahat, darah tinggi dan mengobati amandel.

Cara membuat ramuannya, sediakan terlebih dahulu 2 buah mengkudu yang bewarna kuning dan 1 buah jeruk nipis hijau tua. Potong kecil kecil buah mengkudu, blender dan tambahkan 1 gelas air matang. Ambil sari mengkudu yang sudah diblender dengan cara disaring dan menghasilkan 1 gelas jus buah mengkudu. Tambahkan perasan air buah jeruk nipis, aduk rata dan minum ramuan ini di waktu pagi hari dan malam hari selama 4 hari berturut - turut. Anda dapat menggunakan komplemen 2 sendok makan madu murni untuk mengurangi rasa "enek" dari aroma dan rasa buah mengkudu.

Agar amandel tidak kambuh lagi, walaupun amandel tidak bisul lagi setelah anda meminum ramuan ini, minumlah ramuan ini secara rutin. Namun, cukup dengan dosis 1 ahad 2 kali saja selama 2 bulan.

Dan ketahui juga penyebab amandel anda. Jika amandel timbul disebabkan dengan persoalan gigi dan verbal bearti anda harus menjaga kebersihan rongga mulut. Dengan cara ini, amandel dapat sembuh dan tidak kambuh lagi.

Selain itu ramuan lainnya yang dapat anda gunakan ketika amandel bisul antara lain :

7. Jeruk Nipis
Sediakan tiga buah jeruk nipis segar dan ambil kulitnya yang sudah dicuci bersih dan dipotong kecil-kecil. Rebuslah kulit jeruk nipis tersebut dengan 3 gelas air sampai mendidih menyisakan 2 gelas air saja. Saring dan ambil airnya. Minum dengan dosis 1 gelas untuk diminum setiap hari diwakt pagi. dan 1 gelas untuk berkumur.

8. Jeruk Nipis, Madu dan Kunyit
Sediakan jeruk nipis, kunyit dan madu. Cara membuat ramuan obat ini dengan cara memeras jeruk nipis dan ambil sarinya, kunyit dimemarkan atau diparut untuk mengambil sarinya. Campur air jeruk nipis dan air kunyit serta madu 2 SDM dan tambahkan air secukupnya sampai setengah gelas. Diminum sampai sembuh setiap harinya.

9. Jahe Merah dan Madu
Selain untuk menjaga badan semoga tetap hangat disaat udara sekitar kita dingin, jahe juga dapat dijadikan obat anti peradangan untuk mengatasi amandel. Pilihan jahe merah ialah yang terbaik, karena manfaatnya lebih besar daripada jahe biasa. Jahe dapat dibuat menjadi minuman yang menyegarkan tenggorokan dan melawan basil dan kuman yang ada di amandel. Anda dapat membuat ramuan obat ini dengan cara menyeduh irisan jahe dengan ditambah 2 sendok makan madu murni atau anda dapat membuat minuman serbat (minuman khas tradisional kota bandung)

Dari beberapa obat untuk mengatasi amandel di atas, anda dapat memilih salah satunya saja. Namun, kami sarankan anda menggunakan pengobatan alami atau menggunakan obat - obatan hebal yang terbuat dari extrak materi alam alami. Selama fase penyembuhan sertai pula istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat serta mengkonsumsi banyak sayuran dan buah - buahan yang mengandung antioksidan menyerupai buah jeruk, sayur brokoli dan sebagainya. Kurangi konsumsi makanan yang berminyak, makanan cepat saji dan junk food.