★★★ Manfaat Daun Sirsak Untuk Asam Urat dan Penjelasan Ilmiah

Manfaat daun sirsak untuk asam urat bagi kesehatan memang tidak diragukan lagi. Khasiat daun sirsak telah terbukti bukan berasal dari ucapan katanya lagi atau hanya sebatas dipercaya untuk mengobati serta menyembuhkan segala macam penyakit mirip asam urat. Tetapi, telah terbukti secara klinis melalui segudang rangkaian penelitian ilmiah yang telah dilakukan oleh dokter ahli, jago kesehatan, mahasiswa kedokteran dan sebagainya.

Beberapa penelitian ilmiah tersebut diantaranya berjudul "pengaruh mengkonsumsi rebusan daun sirsak terhadap penurunan nyeri pada penderita gout artritis di wilayah kerja Puskesmas pineleng oleh Karundeng F. Gerry , Mulyadi, Vandri Kallo pada jadwal studi ilmu keperawatan Fakultas Kedokteran di Universitas Sam Ratulangi", Selanjutnya berjudul "efektivitas daun sirsak dalam menurunkan nilai asam urat dan keluhan nyeri pada penderita gout di kelurahan tamalanrea makassar oleh Ilkafah pada jadwal studi ilmu keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar" dan sebagainya. Anda dapat membaca penelitian ilmiah tersebut lebih lanjut dengan mengunduh rujukan ini berupa pdf di bawah artikel ini.

Manfaat

Sebenarnya, mudah saja untuk membuat resep daun sirsak untuk asam urat. Ambil beberapa lembar daunnya, kemudian direbus hingga mendidih selanjutnya diminum. Namun, izinkan kami terlebih dahulu untuk mengambarkan beberapa pengantar untuk menjelaskan kasiat daun sirsak untuk asam urat, penggunaan dosis, kandungan apa saja di dalammnya dan apakah ada efek samping bila dikonsumsi dalam jangka panjang. Hal ini kami sampaikan, semoga anda dapat memahami dan lebih yakin bahwa mengkonsumsi daun sirsak dapat menyembuhkan asam urat dan menunjukkan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Pengertian Asam Urat, Kadar Normal dan Kenapa Bisa Terjadi Pada Diri Seseorang ?

Sebenarnya, asam urat (uric acid) di dalam badan insan memiliki tugas yang sangat penting untuk menunjang kehidupan seseorang. Namun, yang selama ini kita pahami justru lebih cenderung kepada efek negative dari asam urat di dalam tubuh. Fungsi asam urat di dalam badan insan yaitu untuk membantu proses regenerasi sel - sel yang rusak. Lantas kenapa asam urat dikatakan sebagai salah satu penyakit degeneratif yang sering dijumpai pada diri seseorang ?

Jawabannya sangatlah sederhana, dikarenakan telah terjadi hiperurisemia di dalam badan orang tersebut. Hiperurisemia adalah suatu kondisi kadar asam urat di dalam darah meningkat melebihi batas normal. Perlu anda ketahui, batas atas nilai normal asam urat untuk laki - laki cukup umur yaitu 7,5 mg/dL. Sedangkan batas atas nilai normal asam urt untuk wanita cukup umur yaitu 6,5 mg/dL. Perhatikan tabel berikut :

Usia dan Gender
Batas Bawah
Batas Atas
Laki - Laki Dewasa
2 mg/dL
7,5 mg/dL
Wanita Dewasa
2 mg/dL
6,5 mg/dL
Laki - Laki lansia 40 tahun ke atas
2 mg/dL
8,5 mg/dL
Wanita lansia 40 tahun ke atas
2 mg/dL
8 mg/dL
Anak Laki – Laki usia 10 – 18 tahun
3,6 mg/dL
5,5 mg/dL
Anak Perempuan usia 10-18 tahun
3,6 mg/dL
4 mg/dL


Hiperurisemia dapat disebabkan oleh banyak faktor diantaranya hormonal, gangguan sistem metabolisme tubuh, penurunan fungsi ginjal karena faktor usia, kelainan genetik pada fungsi ginjal berasal dari bawaan lahir, tanggapan dari gaya hidup kurang sehat mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi.

Ketika sistem metabolisme badan dan fungsi kinerja ginjal pada diri seseorang berjalan normal, uric acid yang berlebihan di dalam darah bergotong-royong dapat dinetralkan ke kondisi ambang batas normal dan dikeluarkan melalui urine (air kencing) dan keringat. Namun, dikala keduanya terganggu dipicu contoh makan buruk mirip mengkonsumsi makanan mengandung purin tinggi dalam jangka waktu lama secara terus menerus, maka zat uric acid di dalam darah akan mengendap di persendian kaki, tangan dan lainnya bahkan ginjal (penyebab watu ginjal). Zat tersebut bila dibiarkan bertahun - tahun tanpa pengobatan, akan mengeras mirip kerasnya tulang.

Tak heran bila penderita asam urat akan mengalami kesakitan mirip tertusuk tusuk. Hal itu dikarenakan, Penumpukan uric acid tersebut dapat diibaratkan mirip tumpukan jarum atau kristal tajam yang menggumpal di persendian. Hal inilah yang akan anda lihat dikala melihat penumpukan uric acid menggunakan dukungan alat microskop.

Khasiat dan Kandungan Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Telah hingga diartikel utama, terima kasih anda telah membacanya dengan perlahan - lahan. Kini kami akan mengambarkan kandungan daun sirsak beserta pejelasan ilmiahnya sesuai dengan judul artikel ini.

Melalui sebuah penelitian oleh para ahli, kandungan daun sirsak memiliki 15 senyawa aktif diantaranya annohexocin, annomuricin, annonacin, doxorubicin, anomurine, anonol, annocatacin, acetogenins, annocatalin, caclourine, linoleic acid, gentisic acid dan gigantetronin muricapentocin. Beberapa senyawa ini memiliki tugas bagi badan insan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menekan peradangan, menghambat - mutasi gen, perkembangan virus, pertumbuhan tumor dan menghambat perkembangan benalu di dalam darah, menormalkan kadar asam urat, menurunkan kadar kolesterol, membantu untuk menguatkan sistem syaraf dan sebagainya.

Manfaat

Untuk menguatkan bukti, dalam studi khusus yang dilakukan oleh Dr. Jerry McLaughlin dari Purdue University, Amerika Serikat telah menemukan adanya kandungan zat acetogenins pada daun sirsak.

Acetogenins adalah senyawa fitokimia pada tanaman sirsak yang bersifat sitotoksik (dapat meracuni sel - sel kanker) dengan menghambat ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang diharapkan bagi sel kanker untuk berkembang. Acetogenins akan masuk dan menempel pada reseptor dinding sel kanker dan merusak ATP. Sehingga, akan membuat terhentinya produksi energi di dalam sel kanker atau tumor. Senyawa aktif Acetogenins juga menghambat enzim oksidasi ubiquinone pada membran plasma sel kanker yang berujung pada kematian masal sel kanker karena tidak menerima sumber energi untuk tumbuh dan berkembang.

Melalui penelitian Dr. Jerry McLaughlin, senyawa Acetogenins pada daun sirsak sangatlah berpengaruh untuk melawan sel kanker. Bahkan, dikatakannya Acetogenins memiliki kekuatan 1.000 kali lebih berpengaruh bila dibandingkan dengan obat Adriamycin yang sering digunakan untuk kemoterapi. Yang mengejutkannya lagi, Acetogenins sangat selektif  dan hanya menyerang sel kanker saja. Tidak mirip obat Adriamycin. Sehingga, mereka yang mengkonsumsinya tidak akan mengakibatkan efek samping mirip mengalami kerontokan rambut, kulit kering, mual dan sebagainya.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia ( PDHMI) dr. Hardhi juga menuturkan, sirsak juga kaya akan kandungan antioksidan mirip senyawa polifenol, bioflavonoid dan saponin yang dapat berfungsi untuk menangkal ancaman radikal bebas di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan daun sirsak juga terdapat senyawa aktif bernama doxorubicin, yang merupakan senyawa anti kanker. Senyawa ini dapat berperan untuk menghambat acara cloning atau pembelahan masal DNA pada sel kanker. Sehingga, sel - sel kanker akan sulit tumbuh dan berkembang luas. Senyawa ini juga dapat meningkatkan sistem imun serta menghindari nanah mematikan di dalam badan kita.

Bagaimana, luar biasa bukan manfaat daun sirsak bagi kesehatan kita.

Obat Kimia vs Daun Sirsak Untuk Asam Urat

Ketika anda mengunjungi dokter untuk mengurangi rasa sakit tanggapan dari kadar asam urat terlalu tinggi, pada umumnya ada beberapa obat analgesik yang diberikan oleh dokter untuk mengatasi asam urat tinggi, diantaranya yaitu obat golongan xanthine oxidase inhibitor mirip allopurinol, dan febuxostat ditambah pereda rasa nyeri. Kedua jenis obat ini sangat efektif untuk menurunkan asam urat tinggi dalam darah. Namun, dapat menunjukkan efek kerugian bila dikonsumsi secara berulang dalam waktu lama. Efek samping yang ditimbulkan berupa gangguan hipersensitivitas, athralgia, eosinophilia, urtikaria dan limfadenopati.

Perlu anda garis bawahi, kami sangat tidak menganjurkan kepada anda untuk mengkonsumsi jenis obat tersebut tanpa resep dan sepengetahuan dokter.

Karena efek samping yang ditimbulkan, tak jarang dari penderita asam urat disarankan oleh dokter untuk menurunkan uric acid dengan cara terapi non farmakologis (tanpa dukungan obat kimia, salah satunya menggunakan tanaman sirsak.

Manfaat air rebusan daun sirsak untuk asam urat memang tak diragukan lagi. Namun, efek pengobatan yang diberikan tidak secepat kilat mirip penggunaan obatan kimia. Paling tidak setelah beberapa hari atau ahad penggunaan, barulah menunjukkan hasilnya, tergantung dari akut atau kronis dari penyakit asam urat yang diderita oleh si pasien.

Penggunaan Dosis

Dosis daun sirsak untuk asam urat dapat menggunakan 6 hingga 7 lembar daun. Daun tersebut dicuci bersih dan direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih dengan peralatan rebusan non logam hingga menyisakan 1 gelas air rebusan daun sirsak. Minum selagi hangat tanpa campuran gula di waktu pagi dan malam hari sebelum tidur.

1 gelas air rebusan daun sirsak tadi sebaiknya diminum untuk sekali pemakaian. Tidak dianjurkan untuk merebus daun sirsak yang sudah direbus tadi untuk kedua kalinya dan jangan biarkan air rebusan daun sirsak dibiarkan selama 8 jam begitu saja. Karena dikuatirkan akan mejadi toxin atau racun bagi tubuh.

Minum air rebusan daun sirsak sebanyak 4 kali dalam 1 ahad diwaktu pagi dan malam hari. Itu bearti ada waktu 3 hari anda tidak meminumnya. Setelah 1 ahad pemakaian, lakukan pemeriksaan kadar asam urat di puskesmas atau rumah sakit. Jika masih tinggi, lanjutkan untuk mengkonsumsinya. Jika telah normal, cukup mengkonsumsi air rebusan daun sirsak seminggu sekali saja.

Di sini filenya : Manfaat daun sirsak untuk pengobatan asam urat pdf

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan :
  • Tidak dianjurkan bila anda mengkonsumsi air rebusan daun sirsak bersamaan dengan obat - obatan kimia karena memiliki kemungkinan badan akan mengalami keracunan
  • Jangan minum banyak air putih setelah minum rebusan daun sirsak. Hal ini untuk menjaga keseimbangan kinerja ginjal
  • Sebaiknya menggunakan daun sirsak yang masih segar daripada mengkonsumsi dalam daun sirsak dalam bentuk serbuk atau kapsul. Daun sirsak yang masih segar tidak memiliki aroma menyengat sehingga tidak mengakibatkan rasa mual
  • Hati - hati dengan mengkonsumsi kapsul daun sirsak, cek tanggal kadarluarsa obat
Selama pengobatan, anda dianjurkan untuk mengurangi makanan pantangan asam urat dan mengkonsumsi air putih sesuai tawaran medis.  Hal ini untuk menunjukkan hasil yang maksimal dalam menjalani pengobatan non famakologis. Semoga bermanfaat.