[Manjur] Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak Alami dan Medis

Sebelum kita mengetahui cara menyembuhkan gusi bengkak, ada beberapa hal yang harus kita pahami terlebih dahulu. Apakah yang dimadsud dengan gusi ? Kenapa gusi dapat mengalami pembengkakan ? apa penyebabnya ? Dengan kita mengetahui penyebabnya, selanjutnya kita akan lebih lebih mudah untuk mengatasi gusi benjol dan mengobatinya serta kita juga dapat melaksanakan tindakan pencegahan dikemudian hari, semoga penyakit pembengkakan gusi tidak terulang kembali.

Gusi bengkak termasuk ke dalam permasalahan kesehatan gigi dan mulut. Hampir semua orang pernah merasakannya. Sulit untuk mengunyah makanan, terasa sakit dikala membuka mulut, sulit berbicara, terasa nyut - nyutan disertai kepala pusing, mengalami kesulitan tidur karena mencicipi rasa sakit disertai gelisah dan efek lainnya yang ditimbulkan. 

Jika dibiarkan, bukan hanya akan mengganggu acara keseharian, namun akan menjadikan penyakit yang cukup serius. Seperti gusi akan memerah, gusi benjol bernanah, panas dalam, menjadikan amis mulut, infeksi dan berdarah mengeluarkan nanah, gigi akan goyah yang berkemungkinan gigi akan lepas dan tak jarang ditemui gejala yang timbul disertai demam hingga terjadinya infeksi kronis.

Peran gusi sangat penting untuk menopang gigi. Itu dikarenakan, gusi merupakan jaringan lunak kokoh yang berfungsi untuk mengikat gigi dan membungkus tulang rahang atas dan bawah. Ada banyak jaringan yang sangat rumit disini. Sehingga, apa yang terjadi pada gigi, dampaknya dapat dirasakan oleh gusi. Begitu juga sebaliknya.


Penyebab Gusi Bengkak

Dengan mengetahui penyebab gusi bengkak, kita dapat melaksanakan tindakan pengobatan sekaligus pencegahan dikemudian hari. Cara ini yaitu langkah utama yang perlu dilakukan. Apabila penyebabnya masih ada, dapat dipastikan anda akan mengalami dilema gusi benjol dikemudian hari. Jangan hingga rasa sakit tersebut mengganggu acara dan kesehatan anda secara berulang - ulang.

Kebanyakan mereka yang mengalami pembengkakan gusi mengunjungi dokter gigi. Tentu saja dokter gigi melaksanakan tahapan pemeriksaan terlebih dahulu. Sebelum menyampaikan obat gusi benjol kepada si pasien. Apa yang dokter temukan ? Plak, gigi berlubang dan karang gigi yang merupakan penyebab utama gusi mengalami pembengkakan yang seringkali ditemukan. 


Sebelum
Gambar Gusi Bengkak
Itu artinya, pembengkakan yang terjadi sering didominasi oleh permasalahan kebersihan lisan dan gigi. Karena dalam kondisi menyerupai ini, pertumbuhan basil yang ada di dalam lisan akan berkembang biak sangat cepat. Bukan hanya amis lisan yang akan timbul, bengkaknya gusi hingga menjadi penyebab penyakit radang tenggorokan menyerupai amandel akan anda alami. Bagaimana dengan kesehatan lisan dan gigi anda ? Sudahkah dijaga dengan baik ?

Apabila ini terjadi, tindakan yang perlu dilakukan yaitu menghilangkan rasa sakit terlebih dahulu. Karena dapat dipastikan gusi anda mengalami infeksi. Jika rasa sakit sudah hilang, langkah selanjutnya yaitu menghilangkan sumbernya semoga dikemudian hari pembengkakan yang terjadi pada gusi tidak kambuh lagi. Pembersihan plak dan karang gigi perlu dilakukan. Jika ada gigi berlubang sebaiknya ditambal atau dicabut.

Selanjutnya, tindakan pencegahan yang perlu anda lakukan yaitu menjaga kebersihan gigi dan lisan dengan cara menyikat gigi secara teratur dan benar. Sikatlah gigi secara benar hingga kesela - sela, jangan hingga sisa makanan yang menempel akan menjadikan plak kembali dikemudian hari. Gunakan benang gigi untuk membersihkan kotoran “tahi gigi” yang ada disela - sela.

Kemudian, penyebab gusi benjol lainnya telah kami rangkum dengan ulasan sebagai berikut :
  1. Adanya plak, karang gigi atau gigi berlubang yang berkemungkinan besar menjadikan infeksi atau peradangan pada gusi. Kebanyakan pasien yang berkunjung ke dokter gigi, mengeluhkan gusinya sakit, yang merupakan faktor utama munculnya pembengkakan.

  2. Tindakan yang perlu dilakukan terlebih dahulu yaitu menghilangkan rasa sakit. Barulah kemudian membersihkan plak dan karang gigi, menambal atau mencabut gigi yang berlubang.

    Kemudian, tindakan pencegahan selanjutnya yaitu menyikat gigi secara teratur dan benar (tidak dianjurkan sehabis makan untuk menyikat gigi, tunggulah sekitar 20 menit barulah menyikatnya, itu dikarenakan perubahan suhu akan menjadikan keropos pada gigi dan menjadikan lubang kecil serta penipisan enamel gigi), kumur - kumur setelah makan yang berfungsi untuk menghilangkan kotoran yang ada disela - sela gigi, membersihkan gigi dengan benang gigi dan kunjungi dokter gigi selama 6 bulan sekali.
  3. Menyikat gigi terlalu keras. Ini disebabkan karena sikat gigi yang anda gunakan “bulu sikat gigi” tidak lembut. Sehingga, dikala menggosok gigi akan terjadi iritasi dan luka pada gusi. Carilah sikat gigi berbulu lembut yang sesuai dengan kondisi gusi anda
  4. Menggunakan pasta gigi dan obat kumur yang tidak tepat. Tidak semua orang cocok dengan semua produk pasta gigi. Obat kumur terkadang ikut menjadi faktor penyebabnya. Kita tidak mengetahui secara pasti cairan apa yang digunakan untuk membuat obat kumur. Carilah produk yang sesuai dengan kondisi lisan dan gigi anda
  5. Kekurangan vitamin C dan D
  6. Mengkonsumsi makanan tertentu menyerupai makanan yang bersifat keras menyerupai gorengan
  7. Karena panas dalam, biasanya disertai bibir pecah - pecah. Ada kemungkinan disebabkan kekurangan vitamin C dan D atau kekurangan gizi
  8. Memiliki struktur gigi yang tidak teratur, kondisi ini akan menjadikan “tergigit” dikala menguyah makanan. Ada kemungkinan gigi akan menggigit gusi secara tidak sengaja yang menjadikan sariawan. Dari sariawan, jikalau kebersihan gigi dan lisan tidak baik akan menjadikan infeksi
  9. Kondisi stress dapat menyebabkan sistem daya tahan badan menurun. Jika kebersihan lisan dan gigi anda tidak terjaga dengan baik, basil penyebab gusi benjol akan tumbuh berkembang cepat
  10. Menggunakan kawat gigi dan behel. Pemasangan kawat gigi dan behel terlalu rapat akan menjadikan tekanan pada gusi. Jika anda menggunakannya, pada dikala pemasangan, katakan kepada dokter bahwa ada yang belum pas. Jika sudah katakan sudah pas. Karena ini akan berdampak buruk bagi anda dikemudian hari menyerupai menjadikan infeksi yang cukup serius jikalau pemasanganya tidak tepat
  11. Gingivitis atau adanya bisul yang akut maupun kronis yang disebabkan oleh plak, karang gigi atau gigi berlubang. Kemudian terjadi infeksi yang menjadikan gusi benjol berisi cairan darah atau nanah
  12. Kehamilan seringkali menjadikan peningkatan hormon dan menyebabkan ajaran darah ke gusi akan mengalami peningkatan. Sehingga, gusi akan lebih mudah mengalami iritasi. Perubahan hormon dikala wanita hamil juga akan menghipnotis daya tahan badan melawan basil yang menyebabkan gusi bengkak
  13. Tumbuhnya gigi geraham terakhir atau tumbuhnya gigi abnormal. Seseorang yang beranjak cukup umur biasanya akan disertai tumbuhnya gigi geraham terakhir, biasanya akan menjadikan rasa sakit. Selain itu, tumbuhnya gigi secara absurd menyerupai gingsul, terkadang membuat gusi terasa sakit
  14. Gigi berlubang disertai abses
  15. Disebabkan karena pertumbuhan jamur dan virus herpes
Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut penyebab gusi bengkak, kami telah mengupasnya diartikel lainnya secara mendalam. Anda dapat membaca artikel tersebut di link tersebut. 

Obat Gusi Bengkak Alami dan Dokter

Terjadinya radang gusi pada awalnya, gusi hanya tampak kemerahan. Namun sudah terlihat sedikit benjolan. Kemudian, benjolan tersebut akan meradang dan terbentuklah cairan darah di dalamnya. Cairan darah tersebut lambat laun akan membengkak dan membesar serta menjadikan nanah. Jika kondisi ini sudah terjadi, sakit yang dirasakan disertai ngeyut tak tertahankan.


Untuk itu, yang harus anda lakukan jikalau permasalahan kesehatan ini terjadi pada diri anda, segeralah mencari cara untuk mengobati gusi bengkak. Namun, terlebih dahulu anda harus mengetahui penyebab pembengkakan. Untuk mengatasinya, ada dua cara untuk pengobatan radang gusi yang benjol yaitu pengobatan secara medis dan pengobatan secara alami. 


A. Pengobatan Secara Medis

Menggunakan obat - obatan yang melibatkan materi kimia harus digunakan secara sempurna dan harus disertai dengan petunjuk serta resep dari dokter. Jangan sembarangan mengkonsumsi obatan - obatan tanpa ada sebuah pengetahuan mengenai fungsi, manfaat dan dampak yang ditimbulkan. Ada aneka macam jenis obat yang dapat digunakan untuk mengatasi gusi bengkak. 

Kebanyakan obat biasanya disertai dengan manfaat ganda menyerupai menghilangkan sakit gigi, meredakan kepada pusing dan demam. Namun, kami tidak menganjurkan anda meminumnya tanpa mengetahui kandungan kimia apa yang digunakan dalam obat tersebut, apa dampaknya bagi kesehatan ?

Pada umumnya, obat apotik gusi bengkak dan sakit gigi atau obat yang diberikan oleh dokter bersifat hanya meredakan atau menghilangkan rasa sakit untuk sementara waktu. Namun, rasa sakit itu dapat kambuh kembali jikalau penyebabnya masih ada. Anda dapat menggunakan obat yang ada di dalam daftar ini. Pada umumnya, obat - obatan jenis ini digunakan oleh dokter. 

Namun, kami sangat tidak menganjurkan jikalau dalam beberapa hari rasa sakit tidak hilang, anda tetap meminumnya. Pasti ada penyebab serius lainnya. Cari tahu dengan cara melaksanakan pengecekan ke dokter terkait.

1. Ibuprofen
Obat ini akan membantu mengatasi gusi bengkak. Berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan obat anti peradangan untuk mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut. Mengenai dosis, anda dapat mengkonsumsinya pagi hari dan sebelum tidur setelah makan.

2. Clindamycin
Ia memiliki fungsi ganda yang dapat meredakan rasa sakit sekligus sebagai obat antibiotik untuk menangkal serangan basil dan kuman yang masuk ke dalam gusi. Gunakan dosis 150 gram setelah makan di pagi hari dan malam hari sebelum tidur

3. Asam Mefenamat
Biasanya dokter menyampaikan obat ini bagi mereka yang akan melaksanakan perawatan gigi menyerupai pembersihan plak, karang gigi, tambal gigi atau cabut gigi sebelum tindakan tersebut dilakukan. Untuk mengurangi resiko infeksi lebih lanjut karena pada dikala cabut gigi misalnya, pembuluh darah akan terbuka lebar. Untuk mencegah basil dan kuman masuk melalui jalur pembuluh darah, asam mefenamat dapat diberikan. Selain itu dapat mengurangi rasa nyeri dan sebagai obat anti peradangan.

4. Berkumur Dengan Cairan Antiseptik
Ada produk kesehatan yang menyampaikan solusi untuk mengobati sariawan. Tak hanya itu biasanya produk tersebut sekaligus dapat mengatasi pembengkakan pada gusi. Namun, terlebih dahulu anda harus baca aturan pakai yang terdapat pada label produk, dosis yang digunakan atau apakah dapat menyebabkan resiko dikemudian hari. Cairan antiseptik ini akan bisa mematikan kuman dan basil yang ada di dalam lisan dan membuat lingkungan lisan menjadi netral.

Gunakan salah satunya saja. Kami tidak menyampaikan izin obat - obatan jenis ini diberikan kepada anak- anak atau usia balita. Obat ini khusus hanya untuk orang dewasa. Anda dapat menggunakan resep obat sakit gigi untuk anak atas petunjuk dari dokter terkait. Karena biasanya, gusi benjol yang terjadi pada anak - anak disebabkan karena kebersihan lisan dan gigi yang kurang terawat. Selain itu, tumbuhnya gigi juga akan menghipnotis gusi menjadi bengkak.


B. Pengobatan Gusi Bengkak Alami

Banyak sekali materi alami disekitar kita yang dapat kita gunakan untuk menyembuhkan gusi bengkak. Hanya saja, jarang sekali ada yang mengetahuinya. Walaupun mereka tahu, biasanya mereka menginginkan rasa sakit hilang dalam sekejap. Padahal, menggunakan materi alami jauh lebih aman dan tidak menjadikan efek samping dalam jangka waktu yang panjang. 

Memang terkadang, jikalau kita menggunakan materi alami, rasa sakit tidak hilang dalam sekejap. Namun, dapat hilang secara perlahan - lahan. Beberapa materi alami yang tak diragukan oleh andal kesehatan untuk menyembuhkan gusi yang benjol yaitu sebagai berikut :

1. Bawang Putih dan Air Garam Hangat
Bawang putih bukan hanya dapat digunakan sebagai bumbu dapur semata. Slah satu materi bumbu dapur ini dapat kita jadikan sebagai antiseptik dan anti peradangan alami. Selain dapat menyembuhkan gusi bengkak, ia juga dapat kita gunakan untuk mengatasi permasalahan sakit gigi yang disebabkan oleh gigi berlubang. 

Cara menggunakannya pun sangat sederhana. Anda dapat mengiris bawang putih secara tipis. Kemudian tempelkan pada gusi yang bengkak. Apa yang dirasakan ? Jika gusi sudah memerah, anda mungkin akan mencicipi perih. Ini dikarenakan getah dari bawang putih sudah meresap ke jaringan gusi. Tempelkan hingga 20 menit. Atau anda juga dapat menghaluskan bawang putih dengan menambahi sedikit taburan garam. Oleskan dengan cara menggunakan kapas streril pada gusi yang bengkak.

Selanjutnya, kumur - kumur dengan 1 gelas air hangat yang sudah dicampuri dengan 1 sdt garam halus. Lakukan dengan cara ini 3 kali dalam sehari hingga rasa sakit hilang. 

2. Minyak Cengkeh
Minyak ini memang menyampaikan manfaat yang sangat efektif dan ampuh. Minyak cengkeh dapat digunakan untuk mengempeskan bejolan tanggapan peradangan dan sifatnya dapat digunakan sebagai anti peradangan untuk mencegah infeksi kelanjutan. Terbuat dari ekstrak buah pohon cengkeh. Namun, anda harus jeli untuk mendapatkannya, karena aneka macam beredar minyak cengkeh palsu dipasaran. Cara menggunakannya sangat sederhana. Oleskan minyak cengkeh pada kapas dan usapkan dibagian gusi yang bengkak. Minyak ini juga dapat anda gunakan untuk mengatasi gigi berlubang yang sakit. Gunakan 3 kali sehari (pagi, siang dan malam sebelum tidur).

3. Jeruk Nipis atau Jeruk Lemon
Jeruk nipis dan jeruk lemon merupakan materi alam yang mudah sekali ditemukan. Jika anda sulit mencarinya, dipasar tradisional dapat dipastikan ada pedagang yang menjualnya atau dapat anda temukan di toko buah. Jeruk nipis dengan kondisi yang masih segar juga dapat kita jadikan sebagai obat alami untuk mengatasi perut buncit. Bagi anda yang mengalami gusi benjol yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C, buah ini dapat dijadikan alternatif untuk penyembuhan.

Cara menggunakannya sangat sederhana saja. Sediakan 1 gelas air hangat. Teteskan perasan air buah jeruk nipis ke dalam 1 gelas air tadi. Aduk rata. Gunakan air ini untuk kumur - kumur Lakukan pagi dan malam setia harinya hingga rasa sakit hilang.

4. Asam Jawa
Buah asam jawa banyak mengandung vitamin C. Namun, anda harus menggunakan buah yang berasal dari pohonnya langsung. Bukan asam jawa yang sudah dikemas dalam bungkusan. Cukup sulit menemukan asam jawa. Biasanya disaat musim, buah asam jawa dijual dipasaran. Sediakan terlebih dahulu dua buah asam jawa. Ambil episode dagingnya. Selanjutnya seduh dengan air hangat. Adura rata. Biarkan larutan mengendap. Gunakan air tanpa endapan untuk kumur - kumur diwaktu pagi dan malam selama rasa sakit masih ada.

5. Air Garam Hangat
Garam akan bisa membunuh basil yang berkembang di dalam lisan yang menyebabkan gusi menjadi benjol karena sifatnya antibakteri. Lagipula, menggunakan cara ini sangat sederhana dan ekonomis. Anda cukup menggunakan ½ sdt garam halus yang dicampur dengan 1 gelas air hangat. Gunakan air tersebut untuk kumur - kumur sebanyak 3 kali sehari. Hentikan jikalau rasa sakit sudah hilang. Jika sudah menghabiskan 1 gelas untuk kumur - kumur, sediakan 1 gelas air hangat untuk menghilangkan rasa asin pada mulut.

Dengan menggunakan 5 ramuan alami di atas, anda dapat memilih salah satunya saja dan sangat efektif serta paling ampuh untuk menyembuhkan gusi bengkak. Tak perlu menggunakan banyak ramuan. Lagipula materi - materi yang telah disebutkan sangat mudah ditemukan.

Jika gusi benjol telah sembuh yang harus anda lakukan yaitu mengantisipasi jangan hingga pembengkakan yang terjadi pada gusi dapat kambuh lagi. Untuk itu anda harus mengetahui terlebih dahulu kenapa gusi anda mengalami pembengkakan. Dengan begitu pembengkakan gusi tidak akan terjadi lagi.

Misalnya saja, anda memiliki dilema kesehatan gigi menyerupai adanya plak atau karang gigi. Walaupun, gusi telah sembuh pada dikala itu, namun percayalah dikemudian hari gusi akan kembali mengalami pembengkakan. Segera lakukan pembersihan karang gigi dan plak tersebut dengan cara melaksanakan pemeriksaan ke dokter gigi. Jangan takut untuk mengunjungi dokter gigi, alasannya yaitu dokter gigi pasti akan memberika solusi terbaik bagi anda.