Pencegahan dan Obat Tradisional Alami Penyakit Herpes

Penyakit herpes tergolong kedalam penyakit kulit yang menular yang disebabkan oleh virus. Terbilang cukup berbahaya, jikalau penanganannya tidak segera dilakukan upaya pengobatan, dikarenakan dalam waktu beberapa hari saja setelah munculnya gelembung-gelembung yang berisi cairan pertama, dengan cepat virus akan membuat penyebaran peradangan pada kulit lainnya sampai kondisi akut ke kronis.

Sejauhmana bahayanya jikalau seseorang menderita sakit herpes yang tidak segera diatasi, antara lain : kondisi panas badan yang tidak stabil (terjadinya demam), nyeri disertai linu pada persendian dan otot, kepala pusing, peradangan kulit akut sampai kronis dan mengalami kerusakan jaringan kulit, sampai mengalami gangguan pada vitalitas manusia. Kondisi tersebut tentunya akan menurunkan daya tahan tubuh, jikalau itu terjadi kemungkinan menimbulkan komplikasi penyakit serius lainnya akan terjadi.

Penyakit

Penyakit ini sendiri terbagi menjadi 2 jenis yang telah dibahas pada artikel sebelumnya yaitu herpes zoster dan herpes simpleks. Kedua-duanya sama-sama memiliki resiko buruk dengan kesehatan penderitanya yang terus mengalami penurunan sistem daya tahan tubuh.

Lantas, bagaimana penanganan dan upaya pencegahan untuk mempercepat penyembuhan ?

Pencegahan

Berhubung penyakit ini dikatakan sebagai penyakit menular, sebagai langkah pencegahannya ialah tidak bersentuhan dengan cairan yang berasal dari gelembung-gelembung yang pecah, menghindari meminjam barang-barang langsung penderita misalnya ibarat pakaian dan handuk atau apasaja yang terkena gelembung yang pecah, sedangkan terkhusus untuk herpes simpleks menghindari kegiatan layaknya pasangan yang sudah menikah.

Pengobatan

Munculnya ruam dan gelembung-gelembung yang berisi cairan pada area badan tertentu akan menimbulkan kondisi demam, nyeri otot dan linu pada persendian, sakit kepala, serta mengalami rasa ibarat luka bakar yang pedih. 

Untuk mengurangi rasa sakit sampai mempercepat penyembuhan dan mengurangi resiko komplikasi terhadap penyakit lainnya, perlindungan obat antivirus perlu dilakukan ibarat acyclovir dan famciclovir yang diberikan sesuai dengan resep dan petunjuk dokter. Obat yang diberikan lainnya untuk mengurangi rasa sakit digunakan parasetamol (pereda panas dan demam), ibu profen (pereda nyeri) dan aspirin dan obat lainnya yang harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Selain itu, untuk mempercepat proses penyembuhan dapat melaksanakan cara mengobati penyakit herpes atau sifatnya mengurangi dengan alami sebagai berikut :
  1. Menggunakan pakaian yang longgar dikarenakan gelembung-gelembung yang muncul sangat sensitif dengan sentuhan, dan cara ini untuk menghindari gelembung tersebut pecah akhir gesekan.
  2. Menggunakan garam epsom yang dapat dibeli di supermarket, dilakukan sebagai pembersih dan mempercepat meredakan dan mengringkan luka. Ambil 600 ml air dan larutkan 1 genggam garam tersebut kedalam air tersebut untuk mandi.
  3. Kompres dengan air hambar pada area yang terdapat ruam dan gelembung.
  4. Menggunakan daun kacang gude dan  yang digiling sampai halus, tempelkan pada adegan yang terdapat gelembung dan ruam atau area luka. (cari digoogle jikalau belum mengetahui rupa daunnya)
Disarankan bagi penderita herpes simpleks untuk melaksanakan uji tes laboratorium dan mengambil sampel kulit untuk diteliti lebih lanjut.