5 Manfaat Senam Zumba Jadikan Tubuh Langsing, Asyik!

Senam zumba yaitu salah satu olahraga yang dikembangkan oleh Jun Ko Agus perintis Zumba Dance di Indonesia. Zumba dance yaitu olahraga yang berasal dari Amerika yang terdiri dari 30% gerakan fitness dan 70% gerakan dansa. Manfaat olahraga ini pun sangat banyak karena anda bisa aben 600 sampai 1000 kalori/jamnya.

Sejarah asal muasal terciptanya Tari Zumba, pada dikala Alberto ‘Beto’ Perez seorang pelatih aerobik lupa membawa kaset senamnya, namun ia tidak kehabisan akal, ia ambil kaset musik upbeat dan terciptalah Zumba Dance. Namun zumba terkenal di Amerika sekitar tahun 2003, dan mulai digemari oleh masyarakat Indonesia pada tahun 2012.

Senam Zumba
merupakan serangkaian gerakan tari yang diiringi dengan musik dengan tempo sedang ataupun cepat. Sesuai dengan arti katanya dalam bahasa Kolombia yang berarti bersenang-senang serta bergerak cepat, gerakan-gerakan senam ini pun cepat namun menyenangkan. Senam yang diciptakan secara tidak sengaja oleh Alberto Perez,
seorang instruktur senam aerobik
ini pun kemudian populer karena gerakannya serta iringan lagu Latin-nya yang menyenangkan.



 

Memfokuskan Pikiran

Zumba membuat anda lebih sehat. Sebab ketika melaksanakan aktivitas ini, otot jantung memompa darah ke seluruh tubuh dan melaksanakan pertukaran darah dari seluruh tubuh yang kembali ke janung lagi lebih cepat. Akibatnya peredaran darah di otak juga lebih cepat. Otak segera mendapat asupan oksigen lebih banyak, karena darah bersih yang dari jantung membawa oksigen. Sehingga pikiran anda akan lebih fresh dari sebelumnya.

 Senam ini mengombinasikan aneka macam gerakan tarian, sehingga penerima harus fokus pada setiap gerakan. Gerakan-gerakan yang biasanya dikombinasikan dalam senam ini misalnya tari perut, cha-cha, salsa, serta hip-hop. Nah, ketelitian penerima dalam mengikuti setiap gerakan itu pun akan melatih pikiran mereka untuk selalu fokus.

Membakar Kalori

Anda yang memiliki berat tubuh lebih disarankan untuk mengikuti sesi latihan ini. Sebab salah satu tujuan adanya zumba dance yaitu untuk aben kalori dan lemak. Ketika anda melaksanakan zumba dance, intesitas lemak menjadi turun. Lalu posisi tersebut digantikan oleh kalori tubuh. Karena letak lemak berada pada pembakaran tubuh, maka kalori juga ikut terbakar. Hasil jadinya berat tubuh anda turun.
 
Gerakan-gerakan pada senam ini dirancang untuk menggerakkan sebagian besar otot tubuh, sehingga berfungsi untuk aben lemak. Bahkan, melaksanakan senam ini selama satu jam terbukti dapat aben sekitar 450 kalori. Karenanya, orang-orang dengan problem obesitas banyak yang mencoba beralih pada senam ini untuk menyukseskan
jadwal penurunan berat badan
mereka.

Menyehatkan Otot dan Tulang

Senam ini melibatkan banyak gerakan ibarat melompat atau berputar. Karena itu, berlatih zumba secara teratur dapat menyehatkan otot dan tulang yang penting. Manusia pada umumnya memiliki otot yang yang jarang dibuat untuk olahraga. Sehingga otot tersebut kendor dan membuat terlihat gendut. Tubuh anda terlihat jelek karena otot yang mencuat ibarat lemak. Salah satu solusinya dengan latihan yang bisa mengencangkan otot.

Gerakan yang dimainkan melibatkan kerja otot. Sehingga bisa menguatkan lengan, pinggang, kaki serta mengencangkan perut. Sehingga bisa tampil ramping dan seksi. Itu karena senam ini fokus untuk membentuk dan mengencangkan otot dan tulang di tempat punggung, pantat, perut, serta kaki (terutama kaki adegan atas). Ini baik bagi Anda yang ingin membuat perut, pantat, atau adegan atas kaki terlihat lebih ramping.

Meningkatkan Stamina

Sama ibarat olahraga lainnya ibarat aerobik, melaksanakan senam ini bisa meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh. Karena gerakannya yang menawarkan banyak latihan fisik, senam ini akan memacu detak jantung dan membuat Anda berkeringat. Selain itu, senam ini juga bermanfaat untuk melancarkan fatwa darah dan oksigen di dalam tubuh.

Dengan melaksanakan rutinitas yang baik untuk tubuh, anda akan merasa lebih sehat dari sebelumnya. Sebab pertukaran darah kotor dalam tubuh segera cepat tergantikan dengan darah bersih. Sehingga sel sel juga lebih sehat.

Meningkatkan Koordinasi Antaranggota Tubuh

 Zumba dance memiliki tarian dan koreografer yang unik. Penggabungan gerakanya bisa membuat otot tubuh anda bekerja secara sempurna. Meski anda merasa lelah nantinya, namun anda merasa puas. Sebab latihan ini memuaskan seluruh tubuh anda untuk bergerak sesuai irama.

Gerakan-gerakan dalam senam zumba yang merupakan penggabungan dari banyak tarian bisa meningkatkan koordinasi antaranggota tubuh. Hal ini karena beberapa tarian ibarat salsa dan samba memerlukan kelincahan dan kejelian yang tinggi. Karena itu juga, biasanya Anda disarankan untuk mengenakan sepatu yang nyaman serta tidak memakai suplemen berlebihan supaya bisa bergerak dengan bebas. Namun, untuk belum dewasa terdapat jadwal zumbatomic yang merupakan bentuk penyederhanaan dari senam ini yang bisa dipraktikkan dengan mudah.


Nah, itu ia 5 manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan berlatih senam zumba secara rutin dan teratur. Jika Anda masih termasuk pemula untuk senam ini, Anda bisa mencoba mengikuti jadwal Aqua Zumba yang sengaja didesain dengan gerakan yang lebih lambat. Selain itu, ada juga jadwal Gold Zumba yang memang dirancang sebagai olahraga low-impact untuk para lansia.