Inilah 8 Gejala Anemia atau Kurang Darah

Gejala Anemia. Anemia ialah kondisi dimana badan kekurangan sel darah merah atau hemoglobin (protein pembawa oksigen). Hemoglobin merupakan elemen penting yang kadarnya harus normal semoga oksigen berhasil disebarkan ke seluruh jaringan badan melalui paru-paru.

Seorang pasien dikatakan anemia jika konsentrasi hemoglobinnya (Hb) kurang dari 13,5 g/dL atau hematokrit (Hct) kurang dari 41% pada pria, dan konsentrasi Hb-nya kurang dari 11,5 g/dL atau Hct-nya kurang dari 36% pada wanita.

Anemia menjadikan proses pengedaran sel darah merah menjadi terganggu sehingga badan kekurangan oksigen yang kemudian diolah menjadi energi. Dari sini sudah terang terlihat bahwa gejala awal dari anemia dapat berupa sering merasa lelah, pengecap dan kelopak mata berwarna pucat.

Gejala Anemia (Kurang Darah)

Gejala anemia
(c) Hijamah Steril
Anemia juga dikatakan dengan kondisi kurang darah. Berikut ini serangkaian gejala kurang darah yang dapat mempermudah Anda untuk mengetahui mengalami anemia atau tidak ibarat dilansir Activebeat.

1. Kelelahan dan kehabisan energi
Kelelahan menjadi gejala umum penyakit anemia yang semua penderita pasti mengalaminya. Beberapa jenis anemia, ibarat akhir defisiensi zat besi atau vitamin B-12 dapat menyebabkan kelelahan berlebih jangka panjang alasannya ialah rendahnya kadar hemoglobin.
2. Rusaknya beberapa organ tubuh, ibarat otak dan jantung
Beberapa adegan badan memerlukan oksigen yang dibawa oleh hemoglobin semoga kinerjanya tetap stabil. Oleh alasannya ialah anemia mengganggu proses pengantaran tersebut, maka sistem kardiovaskular mengalami gangguan. Kurangnya darah pengangkut oksigen tidak hanya menjadikan kelelahan ekstrim, melainkan memicu kerusakan beberapa organ tubuh, ibarat otak dan jantung.

3. Sakit kepala dan sesak napas
Anemia membuat penderita kerap mencicipi lelah berlebih, meski tidak sedang melaksanakan acara berat. Selain itu, tidak jarang penderita mengeluh mengalami sakit kepala dan sesak napas. Seperti ketika berdiri tiba-tiba dari duduk, kepala terasa pusing dan ruangan seakan bergerak memutar.

Kondisi tersebut menunjukan anemia parah yang terjadi akhir beberapa organ tidak kedapatan darah dan oksigen yang cukup. Jika terjadi jangka panjang dikhawatirkan badan mengalami iskemia, yakni matinya beberapa jaringan atau sel tubuh. 

4. Kulit berwarna pucat
Kulit wajah terlihat pucat menjadi indikasi anemia. Hal ini merupakan efek eksklusif dari penurunan jumlah hemoglobin terhadap kulit. Ujung jari juga berwarna pucat, Anda bisa mengetahuinya dengan menekan ujung jari dan melihat perubahan menjadi putih atau pucat. Sementara kulit badan juga berwarna kekuningan.

5. Kram kaki
Gejala umum lainnya dari anemia ialah kram kaki. Pada anemia ringan, kram kaki hanya terjadi setelah atau sedang melaksanakan aktivitas fisik, ibarat berjalan, berlari, dan berdiri lama. Sedangkan pada penderita anemia berat, kram kaki dapat terjadi meski sedang beristirahat. Akan terang disebut anemia jika disertai kelemahan otot, kulit pucat, dan sesak nafas.

6. Insomnia
Kesulitan tidur, ibarat kegelisahan juga dianggap sebagai gejala anemia setelah dilakukan penelitian tahun 2008 di Irlandia yang melibatkan belum dewasa dan remaja. Kekurangan zat besi pada beberapa orang menimbulkan persoalan susah tidur, kaki seringkali bergerak alasannya ialah mencicipi gelisah atau dinamakan sindrom kaki gelisah.

7. Kesulitan berkonsentrasi
Ketidakmampuan hemoglobin untuk mengedarkan oksigen juga mensugesti kemampuan otak dalam berkonsentrasi. Hal ini diperparah dengan tidak terpenuhinya kebutuhan nutrisi penting untuk otak ibarat vitamin dan mineral (asam folat, zat besi, dan vitamin B12).

8. Denyut jantung tidak teratur
Dalam dunia medis kondisi ini dinamakan palpitasi, yaitu detak jantung yang tidak stabil. Palpitasi dapat terjadi dikala janutng kekurangan oksigen. 

Segera konsultasi pada dokter apabila badan mulai menyampaikan beberapa gejala anemia di atas, terutama untuk kulit pucat yang harus secepatnya ditangani oleh dokter.