9 Obat Radang Tenggorokan Tradisional Yang Mujarab

Obat radang tenggorokan (faringitis) tradisional yang terbukti khasiatnya dalam mengobati penyakit radang tenggorokan karena virus atau basil serta lemahnya daya tahan tubuh.

Obat Radang Tenggorokan atau Faringitis

Apa itu Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan atau Faringitis (bahasa Latin: pharyngitis) ialah gangguan penyakit peradangan pada episode tenggorokan ataupun faring (hulu tenggorokan) yang kemungkinan menjadi indikator adanya permasalahan pada kanal pernapasan. Kondisi ini akan membuat penderita mengalami iritasi, bunyi serak, batul, tenggorokan gatal dan ketika menelan akan terasa sakit dikala melewati tenggorokan.

Penyebab Radang Tenggorokan

Ada dua, pertama disebabkan oleh benjol virus atau basil dan penyebab non-infeksi menyerupai alergi, GERD, iritan, dan tumor.

Infeksi virus yang menjadikan rasa sakit pada tenggorokan meliputi:
  • Common cold
  • Flu (influenza)
  • Mononucleosis (mono)
  • Croup (biasa menginfeksi anak dengan tanda batuk keras dan menggonggong)
Adapun basil yang menyebabkan radang tenggorokan seperti:
  • Strepococcus pyogenes.
  • Batuk rejan, benjol yang dapat menular pada kanal pernapasan.
  • Difteri, penyakit serius yang sering terjadi di negara-negara berkembang menyerupai Indonesia.
Sementara penyebab non-infeksi nya mampu karena alergi terhadap debu, tenggorokan yang kekurangan cairan sehingga mengalami dehidrasi, iritasi di episode tenggorokan disebabkan oleh makanan yang digoreng menyerupai keripik, GERD (Gastroesophageal reflux disease), tumor atau kanker (masih jarang), dan terinfeksi benjol virus HIV.

Obat Radang Tenggorokan

Jika Anda sudah sering mengalami sakit tenggorokan, tentu Anda sering dengan cara mengobati radang tenggorokan dengan obat tradisional bukan? Berikut ini pola disertai resep pembuatannya.

Daun Ki Tolod
Bahan: 3 lembar daun ki tolod dan 2 gelas air bersih.
Cara pembuatan: Bersihkan daun ki tolod menggunakan air jernih (dialiri), kemudian rebus dalam 2 gelas air bersih hingga mendidih dan usahakan supaya air tersisa 1 gelas. Jika sudah dingin, saring airnya kemudian minum obat sakit tenggorokan ini sehari 2 kali (pagi dan sore) hingga mereda.

Tanaman Baru Cina
Bahan: Tanaman gres cina segar secukupnya.
Cara pembuatan: Hancurkan tanaman gres cina segar dengan cara ditumbuk hingga agak halus. Peras daun hingga air yang dikeluarkan mencapai 1/2 cangkir ukuran sedang. Minum air perasan hingga habis. Waktu yang dianjurkan untuk menjalani pengobatan ialah 2 kali sehari dengan dosis yang sama hingga radang tenggorokan sembuh.

Belimbing 
Bahan: 100 - 120 gram belimbing manis segar.
Cara pengolahan: Blender semua buah belimbing hingga halur, gunakan kain untuk menyaring, tampung air dalam gelas. Kemudian minum air perasan yang merupakan obat radang tenggorokan tradisional ini hingga habis.

Tanaman Ciplukan
Bahan: 10 - 15 gram tanaman ciplukan dan 4 cangkir air.
Cara peracikan: Rebus tanaman ciplukan dalam kawasan berisi 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Tunggu agak dingin, kemudian minum sehari 2 kali masing-masing 1 gelas.

Getah Jeruk Nipis
Bahan: Getah bening jeruk nipis dan garam secukupnya.
Cara meramu: Getah bening yang berada di wadah tambahkan dengan garam secukupnya, kemudian aduk dan minum airnya hingga habis.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Anda mampu mencoba beberapa tips berikut untuk mempercepat proses penyembuhan.

Makan Sup Ayam
Radang tenggorokan akan membuat Anda tersiksa untuk makan karena dikala menelan akan terasa sakit. Tapi tidak bila Anda konsumsi sup ayam yang kuahnya hangat. Ketika sakit tenggorokan hirup kuah sup hangat hingga habis, ini sama halnya dengan mengobati sekaligus menutrisi tubuh.

Teh Jahe
Seduhlah teh jahe bila di rumah Anda ada warung yang menjualnya. Tetapi bila tidak ada atau masih sangat jarang, buat sendiri saja. Caranya dengan menggepengkan satu inci potong jahe kemudian rebus selama dua menit. Tearkhir, campurkan teh tanpa rasa yang sudah Anda buat sebelumnya.

Jeruk Nipis dan Kecap
Sebenarnya obat ini juga cocok untuk batuk, Anda hanya perlu menuangkan air perasan jeruk nipis secukupnya pada sendok makan dan tambahkan sedikit kecap. Aduk dengan sedotan, kemudian minum.

Konsumsi Bawng Putih
Dengan mengunyah bawang putih mentah dapat membantu meringankan peradangan dan menyembuhkan secara perlahan. Pada bawang putih terdapat senyawa allicin yang bersifat anti-inflamasi dan anti-bakteri, oleh alasannya ialah itu rempah ini juga cocok dijadikan obat tradisional.

Setelah Anda mencoba obat radang tenggorokan tradisional yang terakhir Anda hanya perlu memperbanyak minum air putih supaya tenggorokan dan verbal tetap lembab. Selain itu hindari rokok dan alkohol supaya tidak berakibat fatal.