Mengenal 31 jenis Kuliner khas Sulsel Wajib kau cicipi

, Saat bertandang ke makassar sulawesi selatan, satu hal yang tak boleh kau lewatkan selain berburu cendramata yakni berburu masakan khas kawasan makassar ini. Serasa ada yang kurang jikalau kita tak menyempatkan diri untuk mencoba makanan khas penduduk lokal. Hal demikian sudah menjadi aturan wajib yang tersirat, Nah pribadi saja sobat pembaca bloggerbugis berikut ini persembahan dari kami untuk kesekian kalinya membahas makanan-makanan khas sulsel silahkan dicatat daftar makanan khas Sulawesi selatan:

Saat

Makanan Khas Makassar


1. Coto Makassar
Yang paling pertama dan paling terkenal dari makanan khas makassar yakni coto makassar, coto yakni jenis makanan yang kaya akan rempah ini memang sangat terkenal di seluruh penjuru Nusantara bahkan Mancanegara sekalipun, dan banyak orang yang datang ke Makassar pasti pernah merasakan coto makassar

2. Sop Saudara
Sop Saudara merupakan makanan berkuah yang dihidangkan dalam mangkuk Makanan tradisional khas Kabupaten Pangkep ini dapat dijumpai di Makassar. Sop saudara berbahan dasar dari daging sapi, bihun dan kentang goreng yang biasanya dibentuk bola-bola kecil, dan paru sapi yang digoreng, biasanya disajikan bersama dengan nasi putih, ikan bakar, dan telur rebus sambal kacang dan irisan timun sebagai perhiasan lauknya.

3. Konro
Konro yakni masakan tradisional khas Makassar. berbahan dasar iga sapi atau daging sapi. Daging sapi direbus bersama dengan materi lain mirip kayu manis, air asam jawa dan aneka macam materi lainnya. Kemudian tumisan campuran beberapa bumbu masak mirip merica, pala, kacang merah dan materi lainnya, dituangkan kedalam rebusan iga sapi. Warna gelap sop konro berasal dari buah kluwak yang memang berwarna hitam. Sop Konro aslinya dimasak berkuah dalam bentuk sup yang kaya rempah-rempah.

4. Pallu Basa
Pallu Basa merupakan salah satu makanan yang berasal dari kawasan Makassar, resep pallu basa Makassar ini cara penyajiannya hampir mirip sekali dengan Coto Makassar, hanya saja yang membuat berbeda yaitu terletak pada beberapa materi yang digunakan. Pallu basa Makassar ini menggunakan materi dasar daging sapi dan jerohan, mirip hati, usus dan jantung.

5. Mie Titi
Mie Titi merupakan salah satu masakan khas kawasan Makassar, yang dimana masakan ini biasanya disajikan pada malam hari. Selain rasanya yang enak dan gurih, makanan ini banyak menggunakan aneka campuran daging dan seafood serta sayuran dan rempah-rempah lain.

6. Juku Pallu Cella
Ikan Pallu Ce’la bisanya terbuat dari ikan Cakalang, Layang, Bolu, Sibula dan ikan Tembang. kebanyakan warga makassar suka mengkonsumsi ikan tersebut, ada yang pribadi beli jadi adapula yang membuat dirumah. Ikan pallu Ce’la biasanya dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana gampang didapatkan, antara lain garam dan kunyit saja. dalam pembuatan ikan pallu ce’la, kita harus memasak ikan tersebut dicampur dengan bahan-bahan tadi hingga airnya betul-betul meresap, sehingga rasa garam sarta aroma kunyit merata kedalam badan ikan.

7. Bebek Palekko
Itik, merupakan materi baku utama dari masakan nasu palekko. Karena banyaknya peminat terhadap masakan ini, Mungkin Anda penasaran untuk merasakan masakan nasu palekko, tak perlu gundah dan dimana dapat menikmatinya. masakan tersebut sangat mudah ditemui di beberapa Kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan. Seperti Kabupaten Pinrang, Sidrap, Pangkajene serta Kabupaten Wajo. Anda tinggal berkunjung kesana jikalau ingin menikmatinya.

8. Kapurung
Kapurung yakni salah satu makanan khas tradisional sulsel, khususnya masyarakat kawasan Luwu Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur kapurung atau Pugalu ini terbuat dari sari atau tepung sagu. Kapurung dimasak dengan campuran ikan atau daging ayam dan aneka sayuran. Meski makanan tradisionil namun cukup populer. Selain ditemukan di warung-warung khusus di Makassar juga telah masuk ke beberapa restoran, bersanding dengan makanan modern.

9. Jalangkote
Jalangkote yakni kudapan manis yang bentuknya serupa dengan kudapan manis pastel, jalangkote yang berbahan dasar menggunakan terigu, telur, santan, mentega, garam, dan bahan-bahan perhiasan lainnya dan dibuat tipis dan kemudian digoreng ,yang menjadi pembeda dari kudapan manis ini dari kudapan manis pastel kulit, isi dan rasanya.

10. Buras/Burasa
Buras/Burasa yakni masakan khas Sulawesi Selatan. Buras mirip dengan lontong, terbuat dari beras hanya saja bentuknya agak berbeda. Buras lebih halus dengan balutan daun pisang muda, disajikan dengan taburan bumbu kelapa kering, gula, garam dan cabai. kebanyakan buras banyak di jual di pasaran. Namun, Umumnya Makanan ini disajikan pada saat-saat tertentu mirip Acara Syukuran, Pernikahan Dan Pada suasana Lebaran.

11. Barongko
Barongko yakni makanan penutup khas kawasan Bugis Makassar berupa kudapan manis pisang yang sangat lembut. Pisang yang menjadi materi baku utamanya di olah sedemikian rupa, daging pisang dihaluskan bersama materi yang lain mirip telur, gula, garam dan susu bubuk, lalu dibungkus memakai daun pisang.

12. Pisang Epe
Makanan khas kota Makassar ini terbuat dari pisang. Proses pembuatannya tergolong sangat mudah dan bahan-bahan yang diharapkan juga gampang untuk dicari. Pisang kepok dikupas dibakar diatas bara api, kemudian dibolak-balik hingga mengeluarkan harum dan lembek. Pisang diangkat dan ditekan hingga gepeng, kemudian di bakar kembali. Setelah melaksanakan pembakaran, pisang ditaruh diatas piring dan kemudian untuk toppingnya gula merah dicampur dengan air daun pandan ditambah dengan garam dan durian yang direbus hingga kental dan disiramkan kepisang.

13. Es Palu Butung
Es Palu Butung yakni es campur dengan gaya khas Makassar yang merupakan makanan penutup sangat populer dari Makassar, Sulawesi Selatan. Bahan utama pembuatan es ini berupa pisang hijau yang dipotong-potong yang diletakkan diatas semacam bubur berwarna putih yang terbuat dari santan ditambah dengan es serut dan susu kental. Es ini juga biasa tersaji di warung.

14. Es Pisang Hijau
Es pisang Hijau hidangan ini cukup populer dibanyak daerah. Es ini terbuat dari pisang raja atau kepok, paduan pisang dan tepung beras ditambah bubur, sirop dan es serut membuat es ini benar-benar menggugah selerah. Cocok dinikmati ketika udara panas.

15. Gogoso
Gogoso yakni salah satu makanan khas orang bugis makassar yang sangat digemari di Sulawesi Selatan ketika lebaran, selain ketupat lebaran, gogoso pun juga turut meramaikan bersama dengan aneka masakan lainya pada hari-hati biasa, gogoso ini terbuat dari beras ketan yang di bakar dalam bungkusan daun pisang, biasanya di sajikan bersama dengan telur asin.

16. Putu Cangkiri
Putu Cangkiri’ ini yakni panganan dari ketan yang bentuknya mirip bab bawah cangkir jikalau posisinya diletakkan terbalik.biasanya dibuat dengan dua varian rasa, yaitu manis dengan gula merah dan gula putih. Jika menggunakan gula merah, maka otomatis warna Putu Cangkiri’ juga merah begitupun ketika menggunakan gula putih (gula pasir).

17. Baje Canggoreng
Kue tradisonal ini materi utamanya dari kacang tanah dan gula merah, rasanya gurih dan manis. Panganan ini dapat bertahan hingga 1 (satu) bulan dalam kemasan. ini biasa terdapat di penjual pinggiran jalan Gan di spanjang jalan poros wilayah sulawesi selatan.

18. Kue Dange
Sepintas kudapan manis ini mirip dengan kudapan manis pukis atau sagu rangi. Rasanya gurih, manis dan legit alasannya yakni ada campuran kelapa parut dan juga gula merahnya. Sayangnya, kudapan manis legit enak ini sudah jarang sekali dijumpai. Jika Anda pernah berkunjung ke kota Makasar, mungkin kudapan manis tradisional ini pernah Anda cicipi. Kue Dange pulubollong ini merupakan salah satu jajanan tradisional khas masyarakat Bugis. Penjualnya banyak sekali dijumpai di kawasan pangkep.

19. Doko-doko Cangkuling
Doko doko Cangkuling yakni kudapan manis yang terbuat dari campuran tepung beras, kentang, gula tepung dan santan. Isiannya berupa gula merah dan kelapa parut. Biasanya dibungkus mengerucut memakai daun pisang. kudapan manis ini tidak pernah mangkir jikalau ada pesta ijab kabul di wilayah sulawesi.

20. Kue Baruasa
Baruasa yakni kudapan manis kering khas Sulawesi. Terbuat dari campuran tepung beras, kuning telur, gula aren, mentega, dan kayu manis. Dibentuk bulatan lalu dipanggang di oven. kudapan manis ini merupaka kudapan manis cemilan bugis makassar

21. Cucuru Tenne
Kue tradisional yang satu ini dikenal dengan nama cucuru tekne yang materi utamanya terbuat dari tepung beras dan gula merah. Keu ini memilki khas rasa manis gula merah, renyah dan enak. Bentuknya yang khas lonjong dan sedikit mengkerucut diujungnya menjadikanya lebih unik. kudapan manis ini merupakan kudapan manis cemilang saingannya kudapan manis baruasa.

22. Sokko atau Songkolo
Songkolo (bahasa Makassar) atau Sokko’ (bahasa Bugis) makanan ini berbahan dasar beras ketan putih atau ketan hitam yang dikukus. Songkolo bagadang disajikan di atas piring dan diberi taburan kelapa parut yang sudah di goreng. Lauk pendamping yang khas dari makanan Songkolo ini yakni ikan asin kering dan telur itik asin.

23. Baje Canggoreng atau tenteng canggoreng
Makanan khas bugis makassar ini rasanya gurih dan manis, Baje Canggoreng dengan perpadukan dengan gula merah dan kacang tanah begitu nikmat dimakan ketika sedang santai, Baje Canggoreng banyak ditemukan di warung-warung, jikalau ingin menyasikan jejeran pejuan Baje Canggoreng silahkan berkungjung ke Malino Gowa.

24. Kue Burongcong
Kue Baroncong yakni salah kudapan manis khas di Sulawesi Selatan yang bentuknya mirip dengan pukis yang berbentuk setengah lingkaran. Kue Baroncong terbuat dari adonan tepung terigu, gula pasir, parutan kelapa, dan juga penambah rasa.

25. Kue Sikaporo
Kue Sikaporo yakni makanan khas yang berasal dari provinsi Sulawesi-Selatan. Kue ini sering dijumpai ketika penduduk lokal melaksanakan hajatan ijab kabul maupun acara-acara besar lainnya. konon jikalau anak gadis memakan kue-kue ini ketika program ijab kabul maka jodohnya juga sebentar lagi.

26. Kue Beppa Pute
Kue ini yakni makanan tradisional yang mempunyai rasa khas, manis serta renyah. Untuk program ijab kabul penduduk Bugis kudapan manis ini jadi syarat yang harus ada. Kue tradisional ini di kenal dengan sebutan beppa pute yang materi intinya terbuat dari putih telur

28. Konro Jarang/Gantala jarang
Gantala jarang yakni sejenis Makanan dari Daging kuda yang dimasak dengan tanpa campuran rempah hanya menggunakan garam dan vetsin, Makanan ini hanya mampu dijumpai di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

29. Lamang Bambu
Lammang yakni salah satu jenis makanan yang berbahan dasar beras ketan dan santan kelapa yang dimasukkan kedalam serpihan bambu dan dibakar hingga matang.

30. Cucuru Bayao
Kue Cucuru Bayao yakni khas kudapan manis tradisional yang berasal dari kabupaten pangkep sulawesi selatan, kudapan manis ini hanya mampu di jikalau ada pesta pernikahan, kudapan manis cucuru ini yakni kudapan manis yang berbahan dasar kuning dan gula pasir, dan rasanya cukup manis.

31. Kue bannang bannang
Bannang-bannang dalam bahasa Makassar bermakna benang yang saling membentuk jalinan. Sepintas kudapan manis yang bercitarasa manis ini memang terlihat mirip lilitan benang yang saling jalin menjalin. Selain sebutan kudapan manis bannang-bannang, kudapan manis tradisional ini biasa ini juga disebut Nennuq-nennuq, Beppa Uhu-uhu.

Nah Demikianlah persembahan blogger Bugis yang sudah membahas mengenai 31 jenis Kuliner makanan khas Sulsel, biar dapat menambah wawasan Anda. Terima kasih.