Cara Menciptakan Masker Kentang Untuk Wajah Dan Jerawat

Masker kentang merupakan salah satu masker wajah alami yang mempunyai kegunaan untuk perawatan kecantikan. Kentang mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Sejatinya, kentang merupakan umbi yang sering dikonsumsi dengan cara direbus, dibentuk perkedel, sebagai materi sup, tumisan dan masih banyak lagi. Namun, seiring dengan ilmu pengetahuan manusia, kentang dimanfaatkan juga sebagai materi untuk produk kecantikan.

Manfaat Masker Kentang

Kentang merupakan materi masakan yang kaya akan kandungan gizi. Dalam kentang terkandung beberapa mineral menyerupai sulfur, kalium dan fosfor yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Mineral ini menstimulasi produk kolagen dan elastin yang sanggup menciptakan kulit menjadi kencang dan abadi muda. Kandungan vitamin C pada kentang merupakan antioksidan yang sanggup mencegah kerusakan sel dan mempercepat penyembuhan infeksi jerawat. Sementara itu, kandungan alkalinya juga bekerja sebagai materi alami untuk menghilangkan jerawat dengan banyaknya sebum yang ada pada pori-pori kulit wajah Anda. Bukan cuma itu, kentang juga mempunyai sifat antibakteri ringan yang sanggup melawan basil penyebab jerawat.

Oleh lantaran itu, selain dijadikan sebagai materi makanan, kentang juga dijadikan sebagai materi untuk produk kecantikan, salahs atunya ya masker wajah ini. Kentang bisa dikombinasikan dengan materi mempunyai kegunaan lain biar keuntungannya lebih terasa. Misalnya dengan madu, susu, wortel, minyak zaitun, kacang almond, tepung beras, putih telur, dan lain sebagainya.

Sementara manfaat masker kentang meliputi:

Cara Membuat Masker Kentang

yang mempunyai kegunaan untuk perawatan kecantikan Cara Membuat Masker Kentang untuk Wajah dan Jerawat
Membuat masker kentang tidak sulit, caranya gampang lantaran sangat sederhana. Yang penting bahan-bahannya ada dan sudah disiapkan. Selain itu, materi adonan juga harus diubahsuaikan dengan kebutuhan kulit anda.

Masker Kentang dan Putih Telur

Perpaduan antara kentang dan putih telur sangat efektif untuk menghilangkan jerawat sekaligus menghilangkan bekas jerawat. Putih telur sangat diperlukan, selain lantaran khasiatnya juga supaya masker bisa melekat lebih usang pada kulit wajah. Karena sifat dari putih telur sebagai perekat juga.

Ambil satu buah kentang segar, cuci bersih, kupas kulitnya, potong-potong kemudian diblender hingga halus. Bisa juga dengan cara diparut. Campurkan dengan putih telur dan aduk rata hingga membentuk adonan menyerupai bubur. Aplikasikan pada wajah secara merata. Biarkan selama 30 menit sambil bermeditasi biar badan rileks. Setelah masker mengering, bersihkan segera dengan air hangat kemudian keringkan dengan handuk lembut.

Masker Kentang, Madu dan Lemon

Madu dikenal mempunyai kegunaan untuk melembabkan kulit dan sifata ntibakterinya. Sementara lemon mempunyai kegunaan untuk memutihkan kulit serta menjaga kesegarannya. Nah, kali ini dua materi tersebut akan kita campurkan menjadi msker kentang.

Ambil dua buah kentang segar, cuci bersih, kupas kulitnya, kemudian parut. Tambahkan air perasan jeruk lemon dan madu secukupnya aduk rata. Taruh adonan tersebut dalam kain bersih, dibungkus. Gosokkan kain berair tersebut pada wajah secara lembut dan prlahan. Biarkan selama 20 menit, kemudian cuci wajah dengan air hingga bersih.

Masker Kentang dan Minyak zaitun

Minyak zaitun sudah dikenal semenjak zaman mesir kuno sebagai materi kecantikan yang digunakan oleh ratu Cleopatra kala itu. Kandungan vitamine E dan zat lainnya dipercaya bisa menjaga kecantikan kulit. Nah, kita akan memakainya sebagai materi adonan untuk menciptakan masker kentang yang mempunyai kegunaan mencerahkan kulit.

Ambil satu buah kentang ukuran sedang, bersihkan, kemudian rebus dengan kulitnya dalam air mendidih hingga matang dan empuk. Hancurkan hingga halus, kemudian tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun (bisa diganti dengan minyak almond) dan 2 sendok teh susu murni. Aduk rata hingga membentuk adonan pasta. Aplikasikan pasta tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan selama 15 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.

Masker Kentang dan Wortel

Wortel ialah sayuran yang mengandung beta-karoten tinggi dan oleh badan diubah menjadi vitamin A. Sayuran ini juga mempunyai kegunaan sebagai pencerah kulit, mencegah keriput serta meremajakan kulit.

Rebus kentang dan wortel ukuran kecil hingga empuk matang dan empuk. Kemudian kedua materi tersebut ditumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit abu kunyit dan satu sendok teh minyak zaitun. Aduk rata hingga membentuk adonan menyerupai pasta. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit. Setelah masker mulai kering, bersihkan dengan air dingin.

Masker Kentang untuk Kulit Berminyak

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu manfaat masker kentang ialah mengatasi kulit berminyak. Secara alami, kentang mempunyai kemampuan untuk menyerap minyak. Dan asal tahu saja, kulit berminyak berpotensi lebih tinggi terkena jerawat bila tidak dirawat dengan baik.

Sediakan kentang ukuran sedang, bersihkan, kupas kulitnya kemudian parut. Peras parutan kentang tersebut, lantaran yang kita gunakan hanya airnya saja. Tambahkan dengan 2 sendok teh multani mitti dan aduk rata hingga membentuk adonan pasta. Terapkan ramuan tersebut pada wajah secara merata. Biarkan hingga masker kering dan bersihkan dengan air dingin. Fungsi multani mitti disini juga sebagai penyerap kotoran dan kelebihan minyak pada kulit wajah.

Masker Kentang dan Susu

Ramuan ini akan membantu anda menghilangkan kerutan pada wajah, memperbaiki tekstur kulit, mencerahkan, dan mengencangkan kulit. Caranya, sediakan kentang ukuran sedang, kemudian diparut. Tambahkan 2 sendok makan susu cair dan beberapa tetes gliserin dan aduk hingga tercampur rata. Terapkan pada wajah secara merata dan biarkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Masker Kentang untuk Kulit Terbakar

Beraktifitas di luar rumah seharian dan terpapar sinar matahari pribadi bisa menciptakan kulit Anda terbakar. Kulit berubah warna menjadi gelap dan terasa perih. Apalagi bagi para pemilik kulit sensitif. Namun, semua itu bisa diatasi dengan menggunakan kentang.

Caranya, ambil kentang ukuran besar kemudian kupas dan bersihkan. Iris-iris tipis kemudian tempelkan potongan-potongan kentang tersebut pada kulit yang perih lantaran terbakar sinar matahari, Anda akan mencicipi sensasi masbodoh yang menyegarkan. Biarkan selama 10 menit atau hingga irisan kentang mengering. Buang irisan kentang tersebut kemudian cuci wajah dengan air dingin. Anda juga bisa dengan menempelkan parutan kentang segar di wajah anda.

Untuk menghilangkan lingkarang hitam pada kantung mata, tempelkan irisan kentang tersebut di sekitar mata. untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini dua kali seminggu.

Masker Kentang untuk Mata Lelah

Untuk mengatasi mata lelah atau bengkak, Anda bisa menggunakan masker kentang dengan adonan mentimun. Khasiat mentimun ini mempunyai sifat mendinginkan sehingga bisa sebagai pengompress untuk luka lebam maupun bengkak.

Parut kentang dan mentimun kemudian campur rata. Tempelkan ramuan tersebut di kawasan sekitar mata. Biarkan hingga makser agak kering kemudian bilas dengan air dingin. Mentimun mengandung asam askorbat dan asam caffeic, sedangkan kentang mengandung catecholase yang efektif meredakan mata bengkak.

Oke, cukup hingga disini pembahasan mengenai masker kentang. Lihat juga masker alami lainnya menyerupai masker madu dan masker pengecap buaya yang terbit lebih dahulu. Selamat mencoba.