Cara Mengobati Abses Secara Alami

Apa itu bisul? Berdasarkan literasi yang terdapat di situs wikipedia, sanggup disimpulkan bahwa bisul ialah peradangan yang terjadi pada jaringan badan yang di dalamnya terdapat kumpulan nanah yang sudah terinfeksi oleh kuman maupun parasit. Munculnya bisul bekerjsama ialah bentuk pertahanan badan semoga kuman tidak menyebar ke jaringan badan lainnya yang sehat.

Bisul yang sudah matang ditandai dengan perubahan warna dari kemerahan menjadi putih, dimana jaringan yang terinfeksi terlihat menyerupai busuk. Bisul biasanya akan pecah dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Apakah jerawat dan bisul itu sama? Hmm, saya tidak tahu pasti. Yang terang keduanya sama-sama mengalami pembengkakan jaringan. Bedanya, jerawat biasanya muncul di daerah-daerah yang mengandung banyak minyak sedangkan bisul sanggup muncul dimana saja. Jerawat disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acnes dan sejenisnya, sedangkan bisul biasanya disebabkan kuman jenis coccus.

Nah, kini kita lanjutkan pada pokok permasalahan. Bagaimana cara mengobati bisul dengan materi alami? Simak klarifikasi berikut ini:

 Berdasarkan literasi yang terdapat di situs wikipedia Cara Mengobati Bisul Secara Alami
Bunga Pukul Empat
Bunga yang biasa ditanam di halaman sebagai tanaman hias ini ternyata bermanfaat juga untuk pengobatan. Salah satunya sanggup dipakai untuk mengobati bisul. Caranya, ambil 10 lembar daun kembang pukul empat, kemudian dicuci bersih. Tumbuklah daun tersebut dengan garam secukupnya. Lalu tempelkan ramuan tersebut pada bisul dan balut dengan perban. Ganti perban dan ramuannya setiap hari.

Tempuyung
Sediakan batang dan daun tempuyung segar secukupnya, kemudian dicuci higienis dan ditumbuk hingga halus. Ramuan tersebut ditempelkan pada bisul. Lakukan secra rutin 2 kali sehari.

Tanaman Sidaguri
Tanaman ini sanggup dipakai untuk mengtasi bisul yang sudah kronis. Caranya, iris tipis batang dan akar sidaguri kering (kurang lebih 60 gram). Tambahkan gula merah (30 gram) dan air matang secukupnya hingga materi terendam seluruhnya, kemudian tim. Setelah dingin, minum airnya sekaligus.

Daun Inggu
Segenggam daun inggu dicuci higienis kemudian digiling halus. Hasil gilingannya diperas dan air perasannya ini dicampur dengan debu indigo. Gunakan ramuan tersebut untuk memoles bisul.

Sesuru
Tanaman sesuru ini sangat menyerupai dengan bunga kamboja dan sanggup dipakai untuk mengobati bisul. Caranya, ambil batang sesuru secukupnya kemudian dipotong tipis, hangatkan diatas api kecil. Letakkan di atas bisul atau radang kulit.

Selain batang, cabang atau ranting sesuru ini juga sanggup dijadikan obat bisul. Cabang sesuru segar dibuang kulitnya, ditumbuk halus kemudian diperas. Airnya dioleskan pada bisul atau kurap dan sekelilingnya. Lakukan 2 kali sehari.

Bisul akan gampang terjadi jikalau kondisi badan seseorang sedang menurun, kelelahan, dan kebersihannya kurang terjaga. Karena itu menjaga kebersihan sangatlah penting. Semoga artikel mengenai cara mengobati bisul ini sanggup bermanfaat bagi para pembaca.