Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami

Salah satu penyebab dari sakit tenggorokan yakni munculnya peradangan di tempat tenggorokan. Orang-orang menyebutnya sebagai radang tenggorokan. Tempatnya berada di pangkal tenggorokan, biasanya jikalau disorot memakai baterei akan terlihat peradangan dan warna kemerahan dan ditandai dengan rasa gatal dan sakit saat menelan makanan.

Peradangan tersebut bisa terjadi sebab adanya luka atau basil yang berkembang biak. Tidak jarang penyakit radang tenggorokan ini disertai dengan penyakit lain, contohnya panas dalam, sariawan, batuk, dan flu atau pilek.
Salah satu penyebab dari sakit tenggorokan yakni munculnya peradangan di tempat tenggorok Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami
Gambar perempuan yang sedang mengalami sakit tenggorokan
Untuk mengatasi sakit pada tenggorokan bersama-sama cukup mudah. Karena banyak bahan-bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mengobatinya. Dan berikut ini akan kami jelaskan beberapa obat tradisional untuk menghilangkan sakit tenggorokan.

1. Jahe, Madu, Lemon

Jahe sanggup meringkankan rasa gatal, lemon bisa mengatasi peradangan, sementara madu bersifat antibakteri yang bisa membunuh basil penyebab radang tenggorokan. Kombinasi ketiganya bisa mengatasi radang tenggorokan hingga tuntas. Campurkan abu jahe dengan madu dan air perasan jeruk lemon dalam setengah cangkir air hangat. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur.

2. Kunyit

Banyak orang renta menyarankan anaknya untuk mengunyah kunyit saat terjangkit penyakit radang tenggorokan. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab ternyata kunyit memang bisa menyembuhkan sakit tenggorokan. Cara yang lebih efektif, larutkan 1/2 sendok teh bujbuk kunyit dalam 1 cangkir air panas, tambahkan garam secukupnya aduk rata. Minum larutan tersebut.

3. Tanaman Pecut Kuda

Sediakan 50 g herba pecut kuda segar, 2 buah kencur ukuran sedang, 2 siung bawang putih. Cuci bahan-bahan tersebut, kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan 1/2 cangkir air gula sambil diaduk rata, kemudian peras dan saring. Selanjutnya, minum air yang terkumpul, lakukan secara rutin 3 kali sehari selama 3-5 hari. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

4. Bandotan

Kita bisa memakai herba bandotan baik yang segar maupun kering. Cuci 30-60 g daun bandotan segar hingga bersih, kemudian tumbuk hingga halus. Selanjutnya, peras dan saring. Tambahkan larutan gula kerikil ke dalam air perasan secukupnya dan aduk hingga rata. Minum ramuan dan lakukan tiga kali sehari.

Menggunakan herba kering: Cuci daun bandotan secukupnya, kemudian jemur hingga kering. Selanjutnya, giling hingga menjadi serbuk. Tiupkan serbuk ke dalam tenggorokan penderita.

5. Kembang Turi

Bagi yang tidak tahu ibarat apa kembang turi, silahkan lihat disini. Untuk mengatasi radang tenggorokan, ambil segenggam daun turi merah direbus dengan air higienis secukupnya. Setelah masbodoh disaring, airnya digunakan untuk kumur-kumur. Lakukan kumur-kumur sebanyak 4 kali sehari.

Selain bahan-bahan alami tersebut, masih banyak lagi yang bisa kita gunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Misalnya cuka apel, pulai pandak, cengkeh, kayu anggun dan sebagainya.