Cara Berpuasa Bagi Penderita Sakit Maag

 Puasa yakni ibadah wajib bagi umat Islam yang dilakukan selama satu bulan dalam setahun Cara Berpuasa Bagi Penderita Sakit Maag
ibu hamil dan menyusui, pekerja keras, dan lainnya diberikan pilihan untuk tidak puasa. Akan tetapi, fasilitas ini dihentikan dijadikan alasan bagi yang bisa untuk tidak berpuasa. Untuk orang yang menderita sakit maag seringkali beralasan alasannya yakni sakitnya tersebut sehingga tidak menjalani puasa.

Apakah bahu-membahu sakit maag merupakan halangan untuk menjalani ibadah puasa?

Agama islam memerintahkan umatnya beribadah sesuai dengan kemampuan. Begitu juga dengan puasa Ramadhan. Dalam hal ini, sakit maag sanggup dibagi menjadi beberapa tingkatan. Untuk mereka yang masih bisa menjalani puasa meskipun menderita maag, mudah-mudahan puasa bisa menjadi obat baginya. Tapi jikalau sakit maag yang dialami sudah masuk kategori parah dan tidak diijinkan puasa oleh dokter menyerupai terjadi perdarahan lambung atau muntah-muntah maka boleh tidak puasa dengan syarat menggantinya pada hari yang lain. Seberapa parah sakit maag yang Anda derita? Konsultasi pada dokter yakni solusi yang sempurna bagi penderita maag menjelang ramadhan.

Untu menambah wawasan anda, silahkan baca juga artikel mengenai manfaat puasa bagi kesehatan yang sudah kami publikasikan sebelumnya.

Apa itu penyakit maag?

Penyakit maag terjadi alasannya yakni tingginya asam lambung sehingga melukai dinding-dinding lambung. Akibat dari naiknya asam lambung bisa memaksa otot-otot lambung berkontraksi sehingga menimbulkan rasa perih dan mual. Jika hingga pada usus maka asam lambung ini akan bercampur dengan cairan usus yang bersifat basa dan menimbulkan gas yang bisa menciptakan perut kembung.

Jenis penyakit maag:


1. Maag fungsional
Kebanyakan penderita maag mengalami maag fungsional yang terjadi akhir kesalahan teladan makan, stress, emosi dan beban pikiran. Gejala yang terjadi yaitu menyerupai perih, mual, dan kembung. Maag jenis ini termasuk ringan sehingga masih mungkin untuk berpuasa.

2. Maag organik
Penyakit maag jenis ini terjadi akhir kelainan yang terjadi pada organ pencernaan menyerupai luka lecet pada kerongkongan, lambung, usus, dan lain-lain. Gejala yang terjadi lebih parah dari maag fungsional menyerupai berat tubuh turun, muntah darah dan anemia. Penderita maag organik dihentikan puasa sebelum penyakitnya dinyatakan sembuh alasannya yakni akan memperparah sakit maag yang dialami.

Cara Berpuasa Orang yang Sakit Maag


1. Wajib makan sahur
Untuk mencegah lambung dalam keadaan kosong, penderita maag yang berpuasa harus makan sahur. Makan sahur mempunyai kegunaan untuk mempertahankan tingkat keasaman lambung dalam batas normal. Untuk yang mengonsumsi obat maag, jangan lupa untuk meminumnya ketika makan sahur.

2. Segera berbuka
Ketika tiba ketika berbuka, penderita maag yang puasa harus segera membatalkan puasanya. Santap minuman hangat dan manis, lalu makan masakan ringan yang anggun menyerupai kurma. Makanan yang anggun akan gampang diserap tubuh sehingga tidak menciptakan asam lambung naik.

3. Makan secukupnya
Hal ini bermaksud semoga dinding lambung berkontraksi dengan rileks, dan menghindari peregangan dinding lambung yang berlebihan.

4. Jangan tidur sesudah sahur
Tidur sesudah makan akan menciptakan sekresi asam lambung dan gerak peristaltik pankreas meningkat. Hal ini akan menciptakan pencernaan berjalan lebh lambat sehingga Anda akan merasa lapar ketika bangun.

5. Hindari stress
Stress sanggup memacu metabolisme sehingga meningkatkan asam lambung yang mengakibatkan kerusakan dinding lambung. Ketika puasa, hindari stress dengan banyak beribadah.

6. Minum obat teratur
Ketika puasa kegiatan minum obat juga ikut berubah. Minumlah obat ketika sahur, berbuka dan sebelum tidur. Sebaiknya konsumsilah obat maag yang tidak mengganggu fungsi ginjal.

Makanan dan minuman yang perlu menjadi perhatian:

1. Hindari masakan yang banyak mengandung gas, menyerupai masakan berlemak, sayuran sawi dan kol, buah nangka dan pisang ambon, masakan berserang (kedondong), buah yang dikeringkan, dan minuman yang mengandung soda.

2. Hindari masakan yang merangsang pengeluaran asam lambung, menyerupai kopi, minuman beralkohol, anggur putih, sari buah citrus, dan susu full cream.

3. Hindari masakan yang sulit dicerna, yang sanggup memperlambat pengosongan lambung, menyerupai camilan anggun tart dan keju.

4. Hindari masakan yang secara pribadi merusak dinding lambung, menyerupai yang mengandung cuka, pedas, merica dan bumbu yang merangsang.

5. Hindari masakan yang melemahkan klep kerongkongan bawah antara lain alkohol, cokelat, masakan tinggi lemak dan gorengan.

6. Beberapa sumber karbohidrat yang perlu dihindarkan beras ketan, mi, bihun, jagung, ubi singkong, tales, dodol.

Itulah cara menjalankan puasa bagi penderita maag. Semoga bermanfaat dan Anda sanggup menjalani puasa tanpa mengakibatkan penyakit maag kambuh.