Menu Masakan Sehat Untuk Berbuka Puasa

 menjalani puasa Ramadhan selama sebulan penuh merupakan tantangan tersendiri Menu Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa
- Bagi umat Muslim, menjalani puasa Ramadhan selama sebulan penuh merupakan tantangan tersendiri. Setelah seharian berpuasa menahan lapar, tentunya ketika buka ingin menyantap kuliner yang enak dan menggugah selera. Lebih dari itu, sajian buka puasa yang kita santap juga harus menyehatkan tentunya. Namun dalam kondisi ini, orang seringkali melupakan faktor kesehatan kuliner yang dikonsumsi ketika berbuka. Jika sesudah menjalani puasa selama sehari tidak makan dan minum, namun ketika berbuka dengan kuliner yang asal-asalan atau hanya enak tapi tidak bergizi maka tidak ada keuntungannya untuk tubuh.

Jika Anda tidak memperhatikan sajian buka puasa yang Anda konsumsi, bukan hanya tidak ada keuntungannya bahkan sanggup mengakibatkan dilema kesehatan menyerupai kurang vitamin, maag dan sakit kepala. Selama menjalankan puasa wajib menerima asupan gizi seimbang biar kondisi badan tetap prima meskipun berpuasa selama satu bulan penuh.

Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa


Di bawah ini ialah kuliner sehat untuk berbuka puasa yang sanggup dikombinasikan dengan kuliner sesuai favorit Anda. Selain gampang didapat, kuliner ini juga gampang untuk diolah sesuai selera.

1. Beras merah
Mungkin Anda perlu mengganti nasi putih dengan nasi dari beras merah. Kenapa? Nasi merah mempunyai kandungan serat yang tinggi yang lebih rendah gula dibanding dengan nasi putih. Nasi merah sanggup menciptakan perut kenyang lebih usang dibanding nasi putih. Bukan hanya baik disajikan untuk sajian buka puasa, nasi merah juga bisa disantap ketika makan sahur.

2. Sayuran berdaun hijau
Sayuran dengan daun hijau lebih gampang dicerna dan diserap nutrisinya oleh tubuh. Oleh sebab itu organ dalam badan tidak bekerja terlampau keras untuk mencerna kuliner sesudah seharian tidak mengonsumsi apapun. Sayuran berdaun hijau juga sangat dibutuhkan sebagai pemasok vitamin dan serat dalam tubuh. Memasak sayuran hijau juga tidak terlalu sulit, cukup ditumis atau disayur. Namun sebaiknya ketika memasak sayuran hijau jangan hingga layu sebab akan banyak kandungan bermanfaatnya yang hilang.

3. Oat
Untuk yang menghindari nasi putih maupun nasi merah, Anda juga tetap membutuhkan asupan karbohidrat sebagai sumber energi. Anda bisa menciptakan oat yang dicampur dengan belahan buah. Oat gampang dicerna oleh badan sehingga nutrisinya cepat diserap. Selain itu oat mempunyai kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi ketika buka puasa.

4. Buah-buahan
Buah-buahan juga diharapkan ketika berbuka puasa. Tidak ada salahnya menyantap sepotong melon atau satu butir jeruk ketika berbuka puasa. Mengonsumsi buah-buahan ketika berbuka bisa untuk menggantikan cairan badan yang hilang selama berpuasa seharian. Vitamin yang ada pada buah-buahan juga sanggup menciptakan badan lebih segar sehingga lebih bersemangat untuk menjalankan ibadah berikutnya. Selain itu, mengonsumsi buah segar juga sanggup membantu badan untuk beradaptasi sebelum mengonsumsi kuliner berat untuk berbuka puasa.

5. Kacang-kacangan
Semua jenis kacang-kacangan sudah dikenal mengandung protein yang tinggi. Ketika berbuka, mengonsumsi sayur hijau dan kacang-kacangan sangat dianjurkan sebab mempunyai banyak manfaat kesehatan. Anda sanggup menciptakan sayur asam atau sayur bayam dengan menambahkan kacang-kacangan di dalamnya. Kacang-kacangan bisa menjadi sumber protein yang diharapkan badan dan gampang dicerna serta tidak menciptakan kaget organ badan ketika dikonsumsi untuk buka puasa.

Sangat penting untuk menjaga kesehatan selama bulan puasa. Pasalnya begitu banyak Ibadah yang harus dilakukan pada bulan istimewa ini. Salah satu cara sederhana menjaga kesehatan selama bulan pahala yaitu dengan mengonsumsi sajian berbuka puasa yang sehat menyerupai yang telah diuraikan di atas. Anda bisa mengkombinasikan kuliner di atas sebagai sajian berbuka Anda.

Baca juga artikel mengenai manfaat puasa dan cara puasa orang yang sakit maag biar besar lengan berkuasa berpuasa sebulan penuh.