Manfaat Dan Khasiat Beluntas Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Tradisional

 Masih Berbagi isu seputar Tanaman Obat Indonesia Manfaat Dan Khasiat Beluntas Untuk Kesehatan  dan Pengobatan Tradisional - Masih Berbagi isu seputar Tanaman Obat Indonesia,Kali ini akan membahas perihal Manfaat Dan Khasiat Beluntas Untuk Kesehatan dan Pengobatan Tradisional.Bagi yang belum tahu ibarat apa itu beluntas,khasiat juga keuntungannya disimak yah penjelasannya.;).Dan bagi yang sudah tahu gampang mudahan semakin faham,ok!

Mengenal Tanaman Beluntas

Beluntas (Pluchea indica (L.) Less.)merupaan flora semak atau setengah semak. Beluntas tumbuh dengan pohon tegak tinggi 2 hingga m,bahkan adakala lebih. Percabangan banyak, berusuk halus dan berbulu lembut. Tumbuh liar di tanah tandus dan jelek, atau biasa ditanam sebagai pagar dipekarangan rumah.Beluntas sanggup tumbuh di kawasan kering pada tanah yang keras dan berbatu, pada kawasan dataran rendah hingga dataran tinggi pada ketinggian 1000 meter dari permukaan laut, memerlukan cukup cahaya matahari atau sedikit naungan, dan perbanyakannya sanggup dilakukan dengan setek batang pada batang yang cukup tua. Daun bertangkai pendek, letak berseling, bentuk bulat telur sungsang, ujung bulat melancip, bergerigi warna hijau terang. Bunga keluar di ujung cabang dan di ketiak daun berbentuk bunga bonggol bergagang atau duduk, warna ungu. Buah longkah agak berbentuk gasing, warna coklat dengan sudut putih, lokos.

Beluntas sendiri mempunyai nama yang berbeda namun hampir sama ditiap kawasan sebagai pola :Luntas (Jawa), Baluntas (Madura); Baluntas, Baruntas (Sunda), Lamutasa (Makasar); Beluntas (Sumatra), Lenaboui (Timor); Luan Yi (China).dan mungkin masih banyak nama nama lainya ditip tiap daerah.

Kandungan Kimia serta Efek Farmakologis Beluntas


Daun beluntas berbau khas aromatis(sengir) dan rasanya getir dan menyegarkan, berguna untuk meningkatkan nafsu makan, membantu melancarkan pencernaan, meluruhkan keringat, menghilangkan wangi tubuh dan wangi mulut, meredakan demam, nyeri tulang, sakit pinggang, dan keputihan; sedangkan akar beluntas berguna sebagai peluruh keringat dan penyejuk juga menghilangkan wangi badan. Daun beluntas juga sanggup dikonsumsi sebagai lalapan atau dikukus
KANDUNGAN KIMIA: Daun beluntas mengandung alkaloid, tannin, natrium, minyak atsiri, kalsium, flafonoida, magnesium, dan fosfor. Sedangkan akarnya mengandung flafonoida dan tannin

Manfaat Dan Khasiat Beluntas Untuk Kesehatan dan Pengobatan Tradisional

Secara sekilas khasiat dan manfaat beluntas sudah disebutkan pada bahasan kandungan kimia serta efek farmakologis beluntas.Dan untuk lebih jelasnya lagi mengenai manfaat serta khasiat beluntas,dan bagai mana cara penggunaannya simak saja penjelasanya dibawah ini!

Beluntas untuk mengatasi keputihan
Beluntas sanggup dipakai untuk mengobati keputihan yang biasa dialami oleh para wanita.Untuk mendapat manfaat beluntas untuk mengatasi keputihan sanggup dengan mengakibatkan daun beluntas sebagai lalapan ataupun dengan merebus daun beluntas,kemudian minum airnya.lakukan secara teratur maka keputihan yang anda miliki akan hilang

Manfaat Daun Beluntas untuk menghilangkan bau mulut
Bau lisan sanggup terjadi alasannya yaitu kebersihan lisan yang tidak terjaga atau alasannya yaitu faktor lain.Untuk mengatasi wangi lisan yang anda alami hal pertama yang harus anda perhatikan yaitu kebersihan lisan anda dengan cara membersihkannya secara teratur.cara lainya anda sanggup memanfaatkan dengan minum air rebusan daun beluntas atau menjadikanya sebagai obat kumur.

Khasiat Beluntas Untuk Mengobati Sakit Pinggang,Pegal Linu Dan Reumatik/Rematik
Sakit pinggang,pegal linu dan rematik biasanya terjadi pada orang tua,namun anak muda pun tidak menutup kemungkinan juga mengalami penyakit ini.Untuk mengatasi pegal linu,sakit pinggang dan rematik yang menimpa anda,anda sanggup memanfaat kan ramuan air rebusan daun dan akar beluntas dengan cara meminumnya secara teratur pagi dan sore.Atau sanggup juga dengan mengakibatkan daunya sebagi lalapan.

Menghilangkan Bau badan dengan Khasiat Beluntas
Bau tubuh sanggup terjadi pada siapa saja,pria maupun wanita.Untuk memanfaatkan beluntas untuk mengatasi problem wangi tubuh anda, anda sanggup melakukannya dengan mengakibatkan daun beluntas sebagai lalapan.atau sanggup juga dengan meminum air rebusan dau beluntas secara tertur.

Manfaat beluntas lainya yaitu untuk mengobati TBC dan kelenjar leher. caranya siapkan daun beluntas muda,gelatin dari kulit sapi,Laminaria japonica (rumput laut).Kesemua bahan-bahan ini ditim hingga lunak, Ialu dimakan.lakukan secara teratur.

Nah itulah beberapa Manfaat Dan Khasiat Beluntas Untuk Kesehatan dan Pengobatan Tradisional yang sanggup saya berikan kali ini.semoga goresan pena ini bermanfaat,dan selamat mencoba!!!!