Manfaat, Khasiat Dan Kandungan Gizi Blewah

 Juga masih bersaudara dengan labu dan mentimun sebab pohonnya yang tumbuh merambat pada  Manfaat, Khasiat dan Kandungan Gizi Blewah
Blewah memiliki nama latin Curcumis melon dan memang merupakan homogen melon. Juga masih bersaudara dengan labu dan mentimun sebab pohonnya yang tumbuh merambat pada tumbuhan lain.

Blewah biasanya dikonsumsi dengan cara dijadikan adonan minuman. Ada juga yang memanfaatkannya dengan cara dibentuk kolak menyerupai labu. Namun, di balik daging buahnya yang menyegarkan, blewah ternyata menyimpan manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan nutrisi yang terkandung pada buah ini sangatlah melimpah.

Kandungan Nutrisi Blewah

Blewah diketahui mempunyai banyak kandungan gizi mineral dan vitamin serta serat makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Blewah mengandung kadar vitamin A yang tinggi, yaitu 3382IU per 100 gram buah sehingga bisa mencukupi sampai 68% kebutuhan harian vitamin A. Kandungan vitamin C juga cukup tinggi, yaitu 36,7 mg per 100 gram buah sampai bisa mencukupi 61% kebutuhan harian vitamin C.

Blewah juga kaya akan mineral kalium sebesar 267 mg per 100 gram buah (mencukupi 8% kebutuhan harian kalium). Selain itu blewah juga mengandung nutrisi folat sebanyak 21 mcg per 100 gram buah (mencukupi 5% kebutuhan harian akan folat).

Manfaat Blewah untuk Kesehatan


Berikut beberapa manfaat blewah bagi kesehatan badan Anda :

Meningkatkan kekebalan tubuh
Vitamin A dan C dalam blewah bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Kandungan beta-karoten juga menjadi antioksidan yang bisa mencegah banyak sekali penyakit.

Menyehatkan mata
Karena kandungan vitamin A yang tinggi, konsumsi blewah bisa menyehatkan indera penglihatan kita.

Menjaga kesehatan gusi
Karena vitamin C yang tinggi, blewah berguna menjaga kesehatan ekspresi dan gusi.

Memelihara kesehatan kulit
Vitamin A juga berguna untuk memelihara kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Sementara vitamin C bermanfaat untuk membantu sintesis kolagen.

Menurunkan kolesterol
Tingginya vitamin C dalam blewah bisa menurunkan kolesterol jelek (LDL) dalam darah sehingga menjaga kesehatan kardiovaskular. Vitamin C juga bermanfaat mencegah pembekuan darah dan memperkuat dinding kapiler.

Melancarkan pencernaan
Konsumsi blewah juga membantu pencernaan dan menjaga kesehatan susukan urin termasuk mencegah jerawat pada susukan kemih. Manfaat ini didapat dari kandungan vitamin A dan serat kuliner dalam blewah.

Menurunkan tekanan darah
Kandungan vitamin C dan kalium pada blewah juga bisa menjaga tekanan darah.

Mengatasi susah tidur
Sifat sedatif (obat tidur) juga dimiliki oleh buah blewah.

Mencegah kanker rahim
Kurang mengonsumsi kuliner yang mengandung gizi menyerupai beta karoten, vitamin C dan asam folat sanggup berisiko terkenan kanker rahim. Namun dalam buah blewah kebutuhan Anda akan 3 nutrisi tersbut sudah bisa terpenuhi.

Wanita hamil dan janin
Kandungan folat yang tinggi pada buah blewah memabntu untuk menjaga dan memproduksi sel-sel baru, yang penting bagi perempuan hamil demi kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.

Rendah gula
Blewah ternyata juga mempunyai indeks glikemik rendah (GI), fruktosa dan glukosa yang terdapat pada buah blewah ialah gula alami sederhana, sehingga kondusif dikonsumsi bagi penderita diabetes dan obesitas. Blewah juga sanggup mengurangi asam urat.

Di bulan Ramadhan menyerupai ini, blewah merupakan buah yang sangat sering ditemui. Kaprikornus tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi buah yang satu ini sebab selain menyegarkan untuk berbuka puasa, blewah juga bermanfaat bagi kesehatan.