Resep Cara Menciptakan Bubur Kacang Hijau Untuk Buka Puasa

 Bubur kacang hijau atau disebut juga kacang ijo Resep Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Untuk Buka Puasa
Bubur kacang hijau atau disebut juga kacang ijo, merupakan olahan nikmat yang terbuat dari kacang hijau. Membuat bubur kacang hijau juga tidak membutuhkan keahlian khusus, hampir semua orang sanggup membuatnya dengan materi yang gampang ditemukan. Bubur kacang hijau sendiri merupakan santapan yang banyak digemari orang, alasannya selain lezat materi baku yang berupa kacang hijau juga mempunyai banyak kandungan manfaat. Selain dibentuk bubur, kacang hijau sanggup dibentuk banyak sekali makanan atau minuman ibarat kecambah, susu kedelai atau makanan lain.

Sebelum kita membahas perihal resep cara menciptakan bubur kacang hijau. Marilah kita ketahui terlebih dahulu manfaat kacang hijau untuk kesehatan.

Kandungan gizi kacang hijau:

Selain kandungan gizinya yang banyak ibarat telah disebutkan di atas, kacang hijau juga termasuk materi makanan yang rendah lemak dan rendah karbohidrat. Kadar lemak yang rendah pada kacang hijau menyebabkan makanan yang terbuat dari kacang hijau menjadi lebih tahan tengik dan bau. Selain itu dengan kadar lemak yang rendah, kacang hijau sangat baik untuk orang-orang yang biasa menghindari konsumsi lemak tinggi. Kandungan karbohidrat yang rendah pada kacang hijau menjadikannya baik untuk pelaku diet.

Nah, mumpung di bulan Ramadhan ini mari kita coba untuk menciptakan bubur kacang hijau sebagai santapan dikala berbuka puasa.

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau


Cara menciptakan bubur kacang hijau tolong-menolong sangat mudah. Namun bila kita belum mengetahuinya, maka kita akan merasa kesulitan alasannya tidak mengetahui resepnya.

Bahan-bahan:
  • 250 gram kacang hijau siap pakai
  • 200 gram santan kelapa siap pakai
  • 1 liter air matang
  • 2 lembar daun pandan yang sudah dibersihkan
  • 170 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanilli
  • 1/2 sendok teh garam

Cara pembuatan:
1. Rendam kacang hijau yang akan dibentuk bubur dalam air kurang lebih selama dua jam. Proses perendaman kacang hijau ini bertujuan untuk melunakkan kacang hijau. Carai ni juga menyebabkan kacang hijau menjadi lebih gampang matang dikala dimasak.
2. Cuci kacang hijau yang telah direndam tadi dengan air higienis yang mengalir. Buanglah kacang hijau yang mempunyai kualitas jelek ibarat gepeng, hitam dan rusak.
3. Rebus air hingga mendidih dalam panci.
4. Tambahkan garam pada air rebusan tersebut.
5. Masukkan vanilla abu pada air yang mendidih.
6. Selanjutnya, masukkan kacang hijau yang telah dibersihkan tadi pada air rebusan. Biarkan dan tunggu hingga kacang hijau bermetamorfosis empuk.
7. Masukkan gula pasir pada rebusan kacang hijau bertahap diaduk. Coba cicipi hingga manisnya pas, bila belum cukup tambahkan lagi gulanya.
8. Terus aduk rebusan kacang hjau hingga mengental dan kacang hijaunya matang.
9. Jika kacang hijau dirasa sudah matang, angkat rebusan tersebut dan masukkan pada wadah terpisah.
10. Rebus santan kemudian tambahkan 1/4 sendok teh garam beserta irisan daun pandan kemudian biarkan hingga mendidih. Kemudian angkat dan simpan pada wadah terpisah.

Cara menyajikan bubur kacang hijau
  • Masukkan kuah bubur kacang hijau ke dalam gelas atau mangkuk
  • Siram bubur kacang hijau dengan santan hingga berkuah
  • Tambahkan ketan hitam matang ke dalam bubur kacang hijau, akan tetapi bila Anda merupakan penderita maag sebaiknya hindari ketan
  • Bubur kacang hijau siap untuk disajikan dalam keadaan hangat
  • Jika dalam keadaan panas atau terik, sebaiknya bubur kacang hijau disajikan masbodoh atau sanggup ditambahkan es biar lebih segar

Nah itulah resep menciptakan bubur kacang hijau yang lezat . Semoga artikel ini sanggup bermanfaat untuk Anda yang ingin menciptakan bubur kacang hijau sendiri. Dengan begini maka Anda akan lebih irit alasannya tidak perlu membeli bubur kacang hijau di luar. Selain itu bubur kacang hijau yang dibentuk sendiri juga lebih terjaga kebersihannya.

Baca juga artikel mengenai cara menciptakan kolak pisang dan manfaat berpuasa bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.