Bagian Mata Dan Fungsinya Beserta Gambarnya

Kesempatan kali ini Pak mono akan menjelaskan bagian-bagian mata dan fungsinya beserta gambarnya. Mata merupakan indera penglihat kita. Tanpa mata kita tidak bisa melihat indahnya dunia ciptaanNya. Bersyukur bagi kalian yang matanya ketika ini masih normal. Kalau Pak Mono sendiri matanya sudah minus satu tapi tetap alhamdulillah.
Bentuk mata kita itu bundar ibarat bola pingpong. Mata mempunyai diameter kurang lebih 2 cm saja. Letak bola mata kita berada di dalam rongga tengkorak. Mata kita terdiri atas bagian-bagian yang masing-masing mempunyai fungsi yang penting dalam proses penglihatan kita.
Berikut ini bagian-bagian mata beserta gambarnya. Silahkan di cermati!
Gambar bagian-bagian mata
Bagian-bagian mata
Bagian-bagian mata kita terdiri atas kelopak mata, alis mata, dan bulu mata.
Alis mata kita merupakan bulu atau rambut yang letaknya di atas mata. Fungsi dari alis mata adalah untuk melindungi mata dari terkena keringat yang mengalir dari dahi.
Kelopak mata kita terdiri atas kelopak mata atas dan kelopak mata bawah. Kelopak mata berfungsi untuk melindungi mata dari benda-benda absurd yang sanggup masuk ke mata ibarat keringat, asap, dan debu.
Bulu mata yaitu rambut yang letaknya ada di kelopak mata. Bulu rambut berfungsi untuk melindungi mata dari benda absurd ibarat abu dan asap.
Mata kita juga dilengkapi dengan otot mata dan kelenjar air mata. Fungsi dari kelenjar air mata yaitu menghasilkan air mata. Air mata ini mempunyai fungsi untuk selalu membasahi kornea mata supaya tidak kering. Bisa dikatakan fungsi air mata sebagai pelumas mata supaya tidak kering. Pada ketika kita mengedipkan mata juga berperan air mata kita.
Otot mata berfungsi untuk menggerakan mata ke kanan dan ke kiri, ke atas maupun ke bawah.
Berikut ini bagian-bagian mata yang erat kaitannya dengan fungsi penglihatan mata yaitu KORNEA, LENSA, PUPIL, IRIS, SARAF MATA, RETINA, DAN BADAN BENING.
1. Kornea (selaput bening)
Fungsi kornea pada mata yaitu untuk meneruskan cahaya yang masuk ke dalam mata. Kemudian cahaya yang masuk mata nantinya akan berakhir pada retina mata. Ciri-ciri kornea mata yaitu bening (tidak berwarna) dan tidak mempunyai pembuluh darah. Apabila terjadi kerusakan pada kornea mata sanggup menimbulkan kebutaan.
2. Iris (selaput pelangi)
Iris berfungsi memperlihatkan warna pada mata. Orang Indonesia mempunyai iris yang berwarna cokelat kehitaman. Selaput pelangi atau iris ini mempunyai banyak pembuluh darah. Warna iris juga ditentukan oleh suku bangsa, contohnya orang Eropa mempunyai warna mata biru sedangkan orang Asia warnanya cokelat.
3. Pupil (anak mata)
Pupil berfungsi untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata. Letak pupil terletak di tengah iris (selaput pelangi). Apabila cahaya di sekitar kita terlalu terang, maka pupil kita akan mengecil, sebaliknya jikalau cahaya mata di sekitar terlalu sedikit atau redup maka pupil kita akan membesar.
4. Lensa mata      
Fungsi lensa mata yaitu untuk meneruskan cahaya yang masuk ke mata dan memfokuskan cahaya supaya cahaya sempurna jatuh di retina (selaput jala). Lensa mata kita terletak di tengah-tengah bola mata. Lensa mata kita bisa mencembung dan memipih. Kemampuan mencembung dan memipihnya mata kita disebut dengan daya akomdasi.
Daya kemudahan dibagi menjadi dua yaitu kemudahan maksimum dan daya kemudahan minimum.
Jika mata kita melihat benda-benda yang bersahabat maka mata kita akan mencembung yang disebut dengan daya kemudahan maksimum. Sebaliknya apabila mata kita dipakai untuk melihat benda yang jauh maka lensa mata kita akan memipih sehingga disebut dengan daya akomodasi minimum (mata rileks).
5. Badan bening
Badan bening berfungsi untuk meneruskan cahaya yang telah melewati lensa mata. Badan bening terletak di belakang lensa mata. Cahaya dari tubuh bening ini akan diteruskan menuju selaput jala atau retina.
6. Selaput jala (retina)
Fungsi retina atau selaput jala yaitu mendapatkan cahaya yang diteruskan oleh bagian-bagian mata yang ada di depan retina. Bisa dikatakan pula cahaya nantinya jatuh di retina supaya benda gampang terlihat oleh seseorang. Pada retina ini terdapat banyak ujung-ujung saraf akseptor yang nantinya akan diteruskan ke otak.
7. Saraf mata

Saraf mata berfungsi untuk meneruskan cahaya yang masuk ke mata untuk diteruskan ke otak. Rangsangan berupa cahaya tersebut diteruskan ke susunan saraf sentra di otak. Dengan diteruskan rangsangan ini kita bisa melihat keindahan alam ini.