Cara Menciptakan Masker Lumpur Untuk Mengatasi Kulit Berminyak

Bicara ihwal perawatan wajah, akan menjadi satu topik yang panjang, seakan tak ada habisnya. Dari mulai yang biasa didengar, yang masuk nalar hingga yang aneh-aneh, dimana Anda gres mendengar bahkan mengetahuinya. Salah satu perawatan kecantikan yang cukup asing ialah masker lumpur. Ya, kalau masker madu atau masker beras mungkin sudah sangat familiar, namun masker masker lumpur untuk merawat wajah ialah sesuatu yang lain.

Meski terdengar aneh, namun sebagian perempuan ternyata sudah bersahabat dengan jenis treatment yang satu ini. Bahkan ada produk kecantikan yang memang menjual masker lumpur. Namun, satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa yang dimaksud lumpur di sini terperinci bukan lumpur yang bias ditemui di sawah atau tampat-tempat becek. Melainkan jenis lumpur yang memang khusus untuk perawatan kulit.

Jika Anda searching di google, ada beberapa jenis masker lumpur yang cukup terkenal. Diantaranya masker lumpur Shiseido Naturgo, masker lumpur Hello Kitty, hingga masker lumpur Laut Mati. Semuanya sudah sanggup dibeli dengan harga yang cukup terjangkau. Nah, kali ini saya akan menunjukkan info mengenai cara menciptakan masker lumpur sendiri di rumah, cara memakai serta keuntungannya bagi kulit wajah.

Manfaat Masker Lumpur

 dimana Anda gres mendengar bahkan mengetahuinya Cara Membuat Masker Lumpur untuk Mengatasi Kulit Berminyak
Masker lumpur (clay mask)

Manfaat masker lumpur yang paling utama ialah mengetasi kelebihan minyak pada kulit wajah. Di Indonesia, yang cuacanya memang panas, berbagai perempuan yang mempunyai duduk kasus kulit berminyak. Minyak pada wajah dikeluarkan oleh kelenjar sebaceous (sebaceous glands). Kelenjar ini berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari kekeringan dengan cara mengeluarkan sebum yang bersifat ibarat lilin atau minyak.

Pada dasarnya, fungsi kelenjar tersebut sangatlah baik. Namun, adakalanya kadar minyak yang dikeluarkan terlalu hiperbola sehingga wajah menjadi terlihat kusam. Lagipula, minyak berlebih pada wajah sanggup menjadikan jerawat dan komedo kalau tidak ditangani dengan benar.

Selain itu, manfaat masker lumpur yang lainnya ialah mengangkat sel-sel kulit mati, membenatu meremajakan kulit dan membersihkan kotoran pada pori-pori kulit wajah. Berikut ini beberapa manfaat dari masker lumpur yang sudah dibuktikan oleh para penggunanya:
  • Mengurangi kelebihan minyak di wajah
  • Membantu mengangkat sel-sel kulit mati
  • Mencerahkan, mengencangkan kulit wajah yang kendor
  • Detoksifikasi racun
  • Meningkatkan kekenyalan kulit wajah
  • Membantu mengurangi jerawat
  • Efektif memperbaiki jaringan sel kulit yang rusak
  • Mengangkat komedo
  • Membersihkan pori-pori kulit
  • Menghaluskan kulit dan mengecilkan pori-proi

Mengingat banyaknya manfaat yang sanggup diambil dari penggunaan masker lumpur ini, maka mari kita coba untuk membuatnya sendiri dan mencicipi khasiatnya.

Cara Membuat Masker Lumpur

 dimana Anda gres mendengar bahkan mengetahuinya Cara Membuat Masker Lumpur untuk Mengatasi Kulit Berminyak
Masker lumpur (mud mask)

Melakukan perawatan wajah dengan masker lumpur tidaklah sulit. Yang kita perlukan ialah bahan-bahan yang sempurna dan sedikit waktu untuk menciptakan dan mengaplikasikannya pada wajah. Oke, yang pertama kita harus mempunyai materi utamanya dulu, yaitu lumpur. Namun bukan lumpur sembarang lumpur, apalagi lumpur sawah. Lumpur yang akan kita gunakan ialah lumpur bentonit (yang dijual di beberapa toko masakan organik dan internet) dengan adonan witch hazel.

Witch Hazel ialah minyak yang berasal dari ekstrak daun dan kulit kayu semak Hamamelis asal Virginia, Amerika Utara. Fungsinya sebagai astringent alami ibarat air lemon dan jeruk nipis.

Cara membuatnya, campurkan 1 sendok makan Witch Hazel dengan 1 sendok makan lumpur bentoit, aduk hingga merata. Anda juga sanggup menambahka dua tetes minyak lemon atau minyak mawar semoga adonan menjadi wangi.

Oleskan adonan tersebut ke seluruh wajah (hindari bab mata dan mulut). Biarkan hingga setengah kering, kemudian bersihkan wajah bilas dengan handuk lembut. Jangan menunggu hingga lumpur mengering di wajah (lumpurnya pecah-pecah). Jika dibiarkan hingga benar-benar kering, sanggup memicu gatal dan iritasi kulit.

Lakukan perawatan wajah memakai masker lumpur 2 kali seminggu dan lihat hasilnya. Selamat mencoba.