Cara Menciptakan Masker Tomat Untuk Wajah Dan Jerawat

Tomat merupakan salah satu materi alami yang bisa dipakai sebagai masker untuk wajah. Masker tomat memang masih kalah terkenal dibandingkan dengan materi lainnya menyerupai masker bengkoang atau masker alpukat. Namun secara khasiat, tomat tidak kalah dengan masker alami lainnya.

Memiliki nama latin Lycopersicum esculentum, tomat yaitu buah yang biasa dijadikan sebagai bumbu dapur, untuk menyedapkan rasa. Buah ini juga sering dibentuk menjadi jus yang segar. Rasanya aga asam namun menyegarkan.

Belakangan ini, tomat diketahui mempunyai kandungan senyawa yang bermanfaat untuk kecantikan. Karena itu buah ini sering dijadikan sebagai masker untuk perawatan kecantikan wajah. Tomat mengandung vitamin C yang tinggi dan lycopen yang bisa menangkal radikal bebas. Tomat juga mempunyai kegunaan untuk mengurangi kelebihan minyak dan menghilangkan jerawat.

Manfaat Masker Tomat untuk Kecantikan


Tomat merupakan salah satu materi alami yang bisa dipakai sebagai masker untuk wajah Cara Membuat Masker Tomat untuk Wajah dan Jerawat
Tomat mengandung banyak vitamin, mineral, serta zat antioksidan yang baik untuk kesehatan. Tak cuma itu, buah yang kerap dijadikan jus ini juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Terutama untuk perawatan wajah. Untuk mendapat manfaatnya, Anda bisa mengkonsumsi jus tomat secara eksklusif atau dengan membuatnya sebagai masker wajah.

Berdasarkan data yang dilansir USDA dalam 100 gram tomat, terdapat kandungan vitamin A sebanyak 17% dan vitamin C 21%, sisanya yaitu serat, protein, kalori, gula, kalsium dan zat besi.

1. Membersihkan Kulit Wajah

Anda bisa mengkombinasikan tomat dengan buah alpukat sebagai masker wajah. Selain sanggup membersihkan kulit wajah kombinasi kedua materi ini juga akan menunjukkan kelembaban pada kulit. Namun, hati-hati untuk kulit sensitif sebab tomat mengandung banyak zat asam. Oleskan sedikit dulu pada wajah, bila ada sensasi menyerupai terbakar, jangan dilanjutkan sebab sanggup menyebabkan iritasi.

2. Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Kesegaran buah tomat sanggup membantu mengecilkan pori-pori yang besar. Akan lebih mempunyai kegunaan bila dikombinasikan dengan air perasan jeruk lemon. Jangan lupa untuk membasuh wajah dengan air dingin.

3. Menghilangkan Jerawat dan Flek Hitam

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, tomat mengandung zat asam, vitamin C dan bersifat antioksidan yang bisa membantu mengatasi abuh sekaligus menghilangkan noda htam di wajah. Lakukan secara rutin dan Anda akan melihat alhasil dalam 2 minggu.

4. Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Memiliki kulit wajah berminyak sangat rentan terhadap jerawat. Jika tidak dirawat dengan benar, minyak akan berkumpul dengan kotoran dan sel kulit mati menjadi komedo. Jika basil muncul, maka jadilah jerawat. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan masker tomat. Kandungan vitamin C, vitamin A, serta asam amino dalam tomat bisa mengurangi kelebihan minyak pada kulit.

5. Menyembuhkan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Sebetulnya, sinar matahari terutama matahari pagi sangat diperlukan oleh kulit. Namun, terlalu usang berada di bawah terik matahari sanggup menciptakan kulit rusak (terbakar). Anda bisa mengatasinya dengan mencampur jus tomat dengan yoghurt.

6. Mencerahkan Kulit

Memilikit kulit putih, cerah bersinar merupakan dambaan hampir setiap orang. Dengan tomat, anda bisa meraihnya. Caranya, campurkan saja jus tomat dengan madu, kemudian aplikasian pada wajah atau kulit tubuh.

7. Manfaat Masker Tomat untuk Rambut

Selain bermanfaat untuk kecantikan kulit, masker tomat juga mempunyai kegunaan untuk perawatan rambut. Buatlah jus tomat dengan cara memblender tomat, kemudian aplikasikan pada rambut dan kulit kepala sehabis keramas. Biarkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Perawatan ini untuk mengatasi rambut yang kering dan menghilangkan gatal di kulit kepala.

Cara Membuat Masker Tomat


Untuk menciptakan masker tomat sesungguhnya sangat sederhana. Kita tinggal menciptakan jus tomat dengan blender menyerupai ingin menciptakan jus tomat biasa. Namun tidak untuk diminum, melainkan dioleskan ke wajah sebagai masker. Untuk menambah khasiatnya, jus tomat ini biasanya dicampur dengan bahan-bahan alami lain yang berkhasiat. Misalnya, jeruk nipis, lemon, yoghurt, madu, oatmeal, alpukat dan lain-lain.

1. Tomat, Lemon dan Oatmeal

Campuran ketiga materi ini bermanfaat besar bagi kulit. Selain sanggup mengurangi kelebihan minyak di wajah juga bisa membantu mengempeskan jerawat, mencerahkan wajah dan menutrisi kulit.

Caranya, buatlah jus tomat dengan cara diblender. Masukkan ke dalam wadah, campurkan dengan air perasan jeruk lemon dan oatmeal. Bersihkan wajah terlebih dahulu. Setelah itu gres oleskan ramuan jus tomat yang sudah dicampur dengan oatmeal dan air lemon secara merata pada wajah dan leher. Hindari pecahan mata sebab rasanya akan sangat perih. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hnagat.

2. Tomat, Gula dan Jeruk Nipis

Haluskan tomat dengan cara diblender, kemudian campurkan dengan air perasan jeruk nipis. Tambahkan gula secukupnya dan aduk hingga rata. Oleskan ramuan tersebut pada wajah sambil dipijit perlahan-lahan dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan akhiri dengan air hirau taacuh untuk menujtup pori-pori.

Ritual ini sanggup membantu membersihkan pori-pori dari kotoran dan menutrisi kulit sekaligus mengecilkan pori-pori. Gula yang dipakai yaitu gula merah. Bukan gula pasir.

3. Masker Tomat dan Susu Cair

Satu lagi materi mempunyai kegunaan yang sanggup dikombinasikan dengan tomat sebagai masker yaitu susu. Siapa yang tidak kenal susu? Ini yaitu minuman kesehatan dengan banyak manfaat di dalamnya. Susu yang dipakai yaitu susu murni. Jika kesulitan menemukannya bisa memakai susu cap beruang yang dijual secara bebas.

Haluskan tomat dengan cara diblender, campurkan sedikit air. Saring dan buang ampasnya. Tambahkan susu cair dan aduk hingga merata. Simpan dalam lemari es hingga dingin. Cara penggunaannya, ambil akpas atau kuas masker, celupkan pada ramuan tomat dan susu. Oleskan secara merata pada pecahan wajah dan leher, hindari tempat sekitar mata. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas.

4. Masker Tomat dan Maizena

Haluskan tomat dengan cara diblender dan campurkan dengan 1 sendok makan maizena. Aduk secara merata hingga membentuk adonan pasta. Aplikasikan secara merata pada wajah dan leher. Diamkan selama 15 menit, atau hingga masker mengering. Kemudian bilas dengan air hangat, dilanjutkan dengan air hirau taacuh untuk menutup pori-pori.

Selain sanggup menghilangkan jerawat, kombinasi dua materi ini sanggup mengurangi kadar minyak pada wajah dan juga bisa menghauskan kulit.

5. Masker Tomat dan Kentang

Sebelumnya kita juga pernah membahas mengenai cara menciptakan dan manfaat masker kentang. Diantaranya untuk menghilangkan abuh dan memutihkan kulit. Nah, kali ini kita akan mengkombinasikannya dengan jus tomat sehingga akan diperoleh masker wajah yang sangat berkhasiat.

Rebus satu buah kentang berukuran sedang, kemudian haluskan. Haluskan tomat dengan cara diblender. Campurkan kedua materi tersebut hingga benar-benar tercampur rata. Oleskan pada wajah secara merata, biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat, lanjutkan dengan air hirau taacuh untuk menutup pori-pori.

6. Masker Tomat dan Yoghurt

Campuran antara masker tomat dan yoghurt ini sangat baik untuk mengatasi kulit kering. Untuk kulit berminyak, gunakan adonan antara tomat dan oatmeal.

Haluskan tomat dengan cara diblender, kemudian tambahkan 1 sendok makan yoghurt. Blender kembali hingga benar -benar halus dan tercampur rata. Bersihkan terlebih dahulu wajah dengan air hangat. Oleskan ramuan tersebut pada wajah dan diamkan selama 10 menit kurang lebih. Bilas kembali dengan air hangat dan lanjtukan dengan air dingin. Keringkan wajah dengan handuk lembut. Jangan digosok, cukup ditepuk-tepuk saja pada wajah.

7. Masker Tomat dan Mentimun

Kemain juga sudah membahas khusus mengenai masker mentimun, baik cara membuatnya hingga manfaatnya. Serta kombinasinya dengan bahan-bahan mempunyai kegunaan lain. Mentimun lebih berfungsi sebagai penyegar dan astringent. Kombinasi dua materi ini sanggup membantu melenyapkan bekas jerawat, mengencangkan kulit dan menciptakan kulit terlihat segar dan muda.

Campurkan jus tomat dengan parutan mentimun hingga tercampur rata. Aplikasian pada wajah, hindari pecahan mata. Diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas hingga bersih.

8. Masker Tomat dan Madu

Kulit berminyak sanggup menjadi penyebab abuh dan komedo, serta wajah terlihat kusam. Kombinasi paling jitu untuk mengatasinya yaitu dengan tomat dan madu. Untuk mengetahui lebih banyak, silahkan baca cara menciptakan masker madu.

Buatlah sebuah adonan dengan cara mencampurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan cara diblender dengan satu sendok makan madu murni. Oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan lanjut dengan air hirau taacuh untuk menutup pori-pori yang terbuka.

Sebenarnya masih banyak lagi materi alami yang bisa dipakai sebagai kombinasi untuk masker tomat. Misalnya saja memakai minyak zaitun, putih telur, kunyit, wortel dan lain-lain.