Cara Menciptakan Masker Bengkoang Untuk Memutihkan Wajah

Masker bengkoang atau bengkuang merupakan resep alami yang sudah turun temurun dipraktekan untuk perawatan kecantikan terutama kulit wajah. Jauh sebelum ditemukannya lotion dan cream pemutih wajah, masker wajah alami dari bengkoang sudah lebih dulu populer, terutama di kalangan perempuan bangsawan.

Selain bengkoang, masih banyak materi alami lainnya yang biasa dijadikan sebagai masker. Misalnya ada masker alpukat, beras, tomat, madu, pisang, pepaya dan lain sebagainya. Bahkan yang belakangan ini sangat terkenal ialah masker putih telur. Namun, masker bengkoang tidak sanggup digantikan. Sebab, khasiatnya memang sudah tidak diragukan lagi. Dan tentu saja setiap materi mempunyai khasiat yang berbeda.

Sebelum dikenal sebagai materi untuk menciptakan masker alami, bengkoang sendiri merupakan umbi yang biasa dimakan alasannya rasanya yang manis dan menyegarkan. Bengkoang mempunyai nama latin Pachyrhizus erosus dan termasuk dalam famili Fabaceae alias polong-polongan. Tumbuhan ini berasal dari benua Amerika. Orang Jawa menyebutnya sebagai Besusu, sementara orang Sunda menyebutnya dengan Bangkuang.

Manfaat Masker Bengkuang untuk Kecantikan


 atau bengkuang merupakan resep alami yang sudah turun temurun dipraktekan untuk perawatan Cara Membuat Masker Bengkoang untuk Memutihkan Wajah
Sekarang ini, banyak perusahaan kosmeti yang memakai ekstrak bengkuang untuk produk kecantikannya. Namun, menciptakan masker bengkuang sendiri keuntungannya lebih bagus alasannya tidak menjadikan efek samping kalau dibanding dengan produk pabrik yang rata-rata sudah dicampur materi kimia.

Di Indonesia sendiri, masker bengkoang dikenal sebagai materi alami untuk perawatan kecantikan puteri keraton. Nah, kini ini bengkoang sanggup didapatkan dengan gampang jadi setiap orang sanggup mencicipi apa saja manfaat masker bengkoang.

1. Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Jerawat memang musuh besar bagi kecantikan. Sudah sembuh pun masih menyisakan bekas hitam yang mengganggu penampilan. Bengkoang mengandung pachyrhizon, rotenon, vitamin B1 dan vitamin C yang sanggup membantu menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

2. Menyegarkan Kulit Wajah

Masker bengkuang mempunyai efek mendinginkan kulit. Karena itu sering dikenal juga sebagai bedak dingin. Fungsinya untuk kulit ialah menciptakan kulit menjadi lebih segar, sekaligus menciptakan wajah terlihat lebih rileks.

3. Memutihkan Kulit Wajah

Masker alami yang terbuat dari bengkoang sudah semenjak usang dipercaya sanggup mencerahkan dan memutihkan kulit wajah. Sebagai bukti, kini ini semakin banyak produk-produk kecantikan yang memakai bengkuang sebagai materi utama produk pemutih kulit wajah.

4. Mencegah Penuaan Dini

Bengkoang mengandung antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk kulit. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam bengkoang berfungsi sebagai antiaging yang menciptakan kulit selalu tampak lebih muda. Selain itu, juga sanggup mencegah keriput atau kerutan.

Itulah beberapa manfaat masker bengkoang untuk perawatan kecantikan kulit wajah. Sekarang kita lanjutkan pada bagaimana cara membuatnya.

Cara Membuat Masker Bengkoang


Membuat masker bengkoang sendiri di rumah bekerjsama tidak terlalu sulit. Hanya saja banyak yang malas alasannya berfikir ribet. Padahal, memang sedikit ribet sih. Tapi kan akhirnya lebih baik dan tanpa efek samping.
Dalam pembuatannya, bengkoang sanggup dicampur dengan materi alami berguna lainnya. Misalnya dengan madu murni, air mawar, dan tepung beras. Berikut ini tutorial cara menciptakan masker bengkoang yang cukup mudah.
  1. Ambil bengkuang berukuran sedang, kupas kulitnya kemudian basuh hingga bersih.
  2. Potong bengkuang menjadi dua bagian, kemudian diparut.
  3. Peras parutan bengkoang tersebut dan simpan airnya dalam mangkok bening.
  4. Diamkan air perasan bengkoang tersebut selama satu jam hingga ada belahan puih yang mengendap ibarat tepung.
  5. Pisahkan air perasan bengkuang dengan tepungnya yang berada di dasar wajah. Tepung inilah yang akan dijadikan sebagai masker atau bedak dingin.
  6. Oleskan endapan tepung bengkoang tersebut pada wajah mengguankan kuas masker.
  7. Biarkan selama beberapa menit hingga masker kering dengan sendirinya.
  8. Bilas wajah dengan air higienis dan keringkan dengan handuk lembut. Ingat, jangan menggosok wajah alasannya akan menyhebabkan iritasi.

Oke, itu beliau manfaat dan cara menciptakan masker bengkoang sendiri di rumah. Simak juga artikel ihwal cara menciptakan masker beras dan cara menciptakan masker kentang untuk perawatan wajah alami.