5 Penyebab Terbesar Kematian Di Dunia

Kematian merupakan misteri yang tidak diketahui oleh seorang makhluk, kematian hanya menjadi rahasia sang pencipta. Kematian tidak memandang usia, baik itu muda, tua bahkan bayi pun rentan mengalami kematian. Banyak sekali penyebab sesorang mengalami kematian, berikut adalah beberapa factor yang sering menyebabkan seseorang mengalami kematian :

1.Penyakit jantung
Banyak orang yang meninggal dunia disebabkan oleh penyakit jantung, jantung yang tiba-tiba berhenti karena lemah mengakibatkan sesorang mengalami kematian. Bahkan untuk diamerika serikat lebih dari setengahnya kematian disebabkan oleh penyakit jantung. Untuk mencegah kematian dari penyakit jantung yaitu dengan mengetahui tanda-tanda penyakit jantung. Penyempitan arteri, menumpuknya plak menyebabkan aliran darah tidak lancer yang dapat menyebabkan penyakit jantung mapun stroke.



2.Kanker
Penyebab kemaatian terbesar setelah penyakit jantung yaitu kanker, diamerika saja  576.691 orang mengalami kematian setiap tahun. Siapapun dapat terkena penyakit kanker semakin bertambah usia maka akan semakin rentan tekena penyakit kanker. Gaya hidup berpengaruh besar terhadapa perkembangan kanker, seperti orang yang merokok lebih rentan terkenan kanker dari pada orang yang memiliki gaya hidup yang sehat.

3.Penyakit pernapasan kronis
Paru-paru berperan penting terhadap system pernapasan, apabila paru-paru mengalami masalah penyumbatan maka dapat menyebabkan penyakit pernapasan kronis seperti asma, bronchitis, dan emfisema. Paparan asap merupakan factor penyebab paru-paru bermasalah. Merokok memiliki banyak keburukan salah satunya menyebabkan penyakit paru-paru.

4.Stroke
Penyakit stroke disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah yang mengalir ke otak.  Di Amerika serikat saja Setiap tahun lebih dari 795.000 orang mengalami stroke. Merokok, tekanan darah tinggi dan kolestrol yang tinggi menjadi penyebab seseorang terkena penyakit stroke. Gaya hidup yang sehat akan mengurangi resiko seseorang terkena penyakit stroke.

5.Kecelakaan
Kecelakaan menjadi salah satu factor penyebab kematian terbesar. Kecelakaan terjadi baik kecelakaan tunggal atau kecelakaan beruntun, kecelakaan yang terjadi darat, laut maupun udara.  Kecelakaan disebabkan oleh sopir atau pengendara yang mengantuk, minum-minuman beralkohol maupun yang melebihi batas kecepatan maksimal. Utamakan keamanan dan kenyamanan ketika anda berkendara, istirahatlah sejenak ketika mengantuk agar terhindar dari kecelakaan.

Itulah 5 faktor penyebab kematian terbesar, semoga dengan mengerti hal tersebut diatas anda dapat mencegahnya meskipun kematian memang tidak bisa dihindarkan tapi bukan berarti anda seenaknya saja terhadap kondisi kesehatan anda. Olahraga teratur, dan gaya hidup yang sehat akan membuat hidup anda berkalitas.