6 Penyakit yang Disebabkan Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan adalah kesenangan tersendiri, ada yang memiliki anjing, kucing, burung dan masih banyak lagi. Memang memiliki hewan peliharaan bisa menjadi hiburan tersendiri. Bisa menemani disaat sedang sendiri, sedih yang mana intinya bisa menghibur disaat memang tidak ada orang yang sedang memahami anda. Tetapi memiliki hewan peliharaan juga bisa menyebabkan anda memiliki penyakit yang disebabkan oleh peliharaan anda. Maka dari itu pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan hewan peliharaan anda supaya tidak menularkan penyakit sehingga kesehatan anda juga terjaga. Berikut adalah penyakit yang disebabkan oleh hewan:

1.Psittacosis (Demam Burung)
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri  Chlamydia psittaci yang terdapat pada kotoran burung. Dimana gejala yang ditimbulkan adalah dahak, batuk kering, kelelahan, demam dan menggigil, sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot dan sesak napas. Sebaiknya anda perlu memperhatikan Kebersihan kandang burung anda dan cucilah tangan ketika kontak dengan burung anda atau setelah membersihkan kandang.





2.Demam Kucing
Demam ini yang disebabkan oleh gigitan maupun goresan kucing, bakteri yang terdapat pada gigitan maupun goresan tersebut adalah disebabkan oleh Bartonella henselae. Gejala termasuk pembengkakan kelenjar getah bening, demam, sakit kepala, kelelahan dan nafsu makan berkurang.  Maka berhati-hatilah dengan kucing jangan sampai tergigit maupun terkena kukunya yang tajam.

3.Demam Q
Bakteri Coxiella burnetii adalah penyebab di balik demam Q. Sapi, domba dan kambing adalah target utama, meskipun berbagai spesies mungkin terinfeksi, termasuk binatang peliharaan rumah. Organisme ini ditemukan dalam susu, air seni dan kotoran hewan yang terinfeksi. Maka pentingnya menjaga kebersihan lingkungan supaya hewan tidak terinfenksi bakteri paogen.

4.Rabies
Penyakit yang disebabkan oleh gigitan hewan ini disebabkan karena hewan tersebut terinfeksi virus rabies. Virus rabies menyerang sistem saraf pusat, akhirnya menyebabkan penyakit pada otak yang diikuti dengan kematian. Gejala awal rabies pada orang yang mirip dengan banyak penyakit lain, termasuk demam, sakit kepala, dan kelemahan atau ketidaknyamanan.  Periksakan hewan anda supaya tidak terinfeksi virus rabies.

5.Salmonellosis
Penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonela ini juga bisa menginfeksi hewan peliharaan anda. Hewan reptile seperti ular atau bahkan kucing dan burung juga bisa terinfeksi bakteri ini. Gejala yang disebabkan salmonella yaitu demam, diare dan kram perut dalam waktu 12 sampai 72 jam setelah infeksi

6.Toxoplasma 
Toxoplasma gondii adalah protozoa yang paling sering menginfeksi kucing, tetapi juga akan mengambil pada hewan berdarah panas lainnya. Manusia bisa mendapatkan parasit jahat dari kontak dengan kotoran kucing, atau dengan memakan daging matang atau sayuran yang tidak dicuci. Setelah dicerna, T. gondii dapat menyerang jaringan otak dan otot, dan berada dalam kista yang tahan terhadap serangan oleh sistem pertahanan inang. Infeksi juga dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi kepada bayinya melalui plasenta.

Itulah 6 penyakit yang disebabkan hewan peliharaan anda, yang terpenting adalah jagalah kebersihan dan kesehatan hewan peliharaan anda. Dengan selalu membersihkan kandang dan selalu memeriksakan kesehatan hewan peliharaan semoga tidak terinfeksi bakteri maupun virus pathogen. Dan yang penting cucilah tangan anda setelah kontak dengan hewan peliharaan anda.

rumus ideal berat badan, serit rambut, mainan untuk anak 1 tahun, rumus berat ideal, menghitung bb ideal