4 Hal yang Harus Dihindari Sebelum Tidur

Tidur merupakan kebutuhan yang sangat pokok, tidak bisa dibayangkan apabila seseorang tidak bisa tidur ataupun kurang tidur. Kurang tidur atau tidak bisa tidur yang disebut dengan insomnia dapat mempengaruhi kesehatan anda. Selain itu, produktifitas anda juga menurun diakibatkan anda kurang focus karena kurang tidur. Mendapatkan tidur malam yang cukup juga mempengaruhi suasana hati anda. Untuk membuat tidur anda lebih nyaman dan berkualitas sebaiknya jangan lakukan ini sebelum tidur. Apa saja yang tidak boleh dilakukan sebelum tidur? Berikut adalah ulasannya:

1.Jangan menggunakan smartphone
Banyak orang yang sebelum tidur menggunakan smartphone atau menonton tv sebelum tidur. Padahal cahaya yang dihasilkan dari smartphone dan tv dapat mempengaruhi kualitas tidur anda. Cahaya biru pada smartphone atau tv dapat mempengaruhi melatonin yang ada ditubuh anda yang membuat tidak mengantuk sehingga kualitas tidur tidak terpenuhi dengan baik.





2.Minum obat maupun suplemen
Minum obat atau suplemen setiap hari sebelum tidur juga akan mempengaruhi kualitas tidur anda. Karena ada beberapa obat maupun suplemen yang membuat tubuh menjadi terjaga dengan kata lain tidak membuat kantuk. Sebaiknya dalam minum obat maupun suplemen dikonsultasikan dengan dokter sehingga tepat dalam penggunaannya.

3.Minum kopi
Kandungan kafein yang tinggi pada kopi membuat jantung anda berdebar lebih kencang sehingga membuat tubuh anda tetap terjaga. Kalaupun anda bisa tidur, kualitas tidur juga kurang baik. Sebaiknya hindari minum kopi sebelum tidur.

4.Makan-makanan pedas atau berlemak
Makan sebelum tidur itu memang tidak baik bagi kesehatan tubuh terutama untuk kesehatan lambung. Apalagi makan pedas atau brlemak yang akan membuat asam lambung meningkat apabila makan sebelum tidur. Yang terpenting jangan makan-makan yang berat sebelum tidur karena dapat mengganggu pencernaan anda.

Itulah 4 hal yang jangan dilakukan sebelum tidur, minum air putih yang cukup itu lebih baik untuk menjaga metabolisme tubuh selama tidur dan menghindari dehidrasi ketika anda bangun tidur.