4 Makanan Sahur Supaya Tubuh Tetap Bugar

Pemerintah sudah menentukan awal bulan ramadan pada sidang isbat yang digelar pada tanggal 16 juni 2015, bahwa puasa akan dimulai pada hari kamis tanggal 18 juni 2015. Sebagai umat islam menyambut bulan Ramadan adalah sesuatu yang sangat menyenangkan karena bulan ramadan bulan yang penuh berkah dan dilipat gandakan pahala amalan. Sebelum mengawali puasa setiap umat islam diharuskan untuk makan sahur supaya lebih afdhol dan kuat untuk menjalani aktifitasnya. Bagaimanakah makan sahur yang baik agar kesehatan tubuh tetap terjaga? Berikut adalah makanan yang baik untuk makan sahur:

1.Karbohidrat komplek
Karbohidrat merupakan sumber utama yang digunakan tubuh dan otak agar berfungsi dengan baik. Kekurangan karbohidrat membuat seseorang lesu, lemah dan sulit berkonsentrasi. Makan sahur  dengan karbohidrat komplek maka energy yang dibutuhkan cukup untuk melakukan puasa dan menjaga energy lebih stabil. karbohidrat kompleks meliputi seluruh biji bijian, buah, sayuran dan kacang-kacangan.  Makanan berserat tinggi karbohidrat seperti roti gandum dan beras merah memakan waktu lebih lama untuk mencerna, membantu untuk mempertahankan tingkat energi yang lebih lama.




2.Air mineral
Kekurangan air dapat menyebabkan seseorang dehidrasi. Mencukupi kebutuhan air dan ketika makan sahur sangat baik untuk menjaga tubuh tetap bugar ketika disiang hari. Jangan minum sahur dengan kopi maupun minuman berkarbonasi karena menyebabkan anda sering untukbuang air kecil.

3.Daging
Daging, ikan maupun susu sangat baik untuk makan sahur, dikarenakan terdapat kandungan protein yang cukup baik. Sumber protein membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh, dan membangun sistem kekebalan tubuh Anda. Sehingga anda lebih kuat untuk menjalani ibadah puasa.

4.Buah dan sayuran
buah dan sayuran memiliki kandungan serat yang cukup banyak, dan itu sangat penting selama anda menjalankan puasa. Serat sangat baik untuk mempertahankan rasa kenyang dan mencegah sembelit selama berpuasa. Buah dan sayuran mengandung vitamin, mineral dan phytochemical yang penting untuk kesehatan yang baik.

Itulah 4 makan sahur yang baik supaya tubuh siap untuk menjalani aktifitas selama puasa. Cukupilah kebutuhan mineral, vitamin, protein dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga kesehatan tetap terjaga dengan baik. Perhatikan menu makan sahur anda supaya anda siap untuk menjalani ibadah puasa.