5 Makanan Untuk Penderita Hipertensi

Gaya hidup berpengaruh terhadap kesehatan setiap orang, salah satunya adalah memperhatikan apa yang harus dimakan. Karena apabila tidak memperhatikan apa yang dikonsumsi maka dapat menyebabkan hipertensi. Hipertensi banyak dikenal dengan tekanan darah tinggi, dimana tekanan darah pada arteri meningkat sehingga dapat menyebabkan stroke dan penyakit jantung. Tekanan darah tinggi disebabkan oleh keturunan maupun salah dalam mengkonsumsi makanan. Berikut adalah makanan yang harus dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi atau yang disebut dengan hipertensi:

1.Brokoli
kandungan kromium pada brokoli membantu dalam menjaga kadar gula darah dan mengatur insulin. sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita hiperteensi. selain itu banyak nutrisi yang terkandung dalam brokoli yaitu vitamin c dan beta-karoten. banyak sayuran yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, sayuran yang memiliki kandungan seperti brokoli yaitu wortel, kangkung dan bayam.




2. Kentang
Kentang sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi, ini dikarenakan karena tingginya kandungan kalium dan magnesium. Kandungan mineral tersebut baik untuk menurunkan tekanan darah.

3.Yogurt
Yogurt kaya akan kalsium, kekurangan kalsium menjadi salah satu penyebab seseorang menderita hipertensi. Banyak orang yang berpikiran bahwa yang membutuhkan kalsium hanya anak kecil sedangkan orang dewasa tidak terlalu butuh dengan kalsium. Padahal orang dewasa juga membutuhkan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan menstabilkan tekanan darah.

4.Pisang
Buah pisang memiliki banyak manfaat salah satunya untuk mengendalikan kadar gula darah. kandungan kalium yang terdapat pada buah pisang dapat menjaga kesehatan anda. dengan tekanan darah yang stabil dapat mencegah penyakit stroke dan penyakit jantung.

5.Coklat
Kandungan flavonoid dalam coklat menyebabkan dilatasi pembuluh darah sehingga mengkonsumsi coklat sangat baik bagi penderita hipertensi. Mengkonsumsi coklat secara rutin dapat menurunkan tekanan darah anda.

Demikian 5 makanan yang baik untuk penderita hipertensi, semoga dengan mengkonsumsi makanan tersebut tekanan darah menjadi stabil dan normal