5 Manfaat Daun kemangi yang Menakjubkan

Daun kemangi mudah ditemukan karena tanah yang ada diindonesia dan iklim sesuai dengan pertumbuhannya, bahkan dipekarangan rumah bisa ditumbuhi daun kemangi. Selain dipekarangan, daun kemangi juga bisa ditanam didalam pot. Daun kemangi merupakan daun yang memiliki banyak khasiat, daun kemangi biasanya digunakan sebagai lalapan. Selain kemangi masih ada beberapa dedaunan yang digunakan sebagai lalapan. Selain sebagai lalapan daun kemangi juga berkhasiat sebagai obat herbal.  Berikut adalah beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh:

1.Sebagai anti oksidan
kemangi memiliki kandungan vitamin A, magnesium, dan banyak nutrisi lainnya yang dapat membantu melindungi dinding sel dari kerusakan radikal bebas selain itu daun kemangi dapat meningkatkan aliran darah dan membantu mencegah kolesterol.



2.Obat anti peradangan
Eugenol yang terdapat pada dau kemangi atau yang disebut dengan minyak atsiri dari daun kemangi memiliki khasiat untuk mencegah peradangan. Ini disebabkan karena eugenol memblokir enzim cyclooxygenase yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan. Maka dari itu daun kemangi sebagai obat alami untuk mengobati peradangan yang terjadi pada tubuh.

3.Anti Bakteri alami
Selain eugenol terdapat kandungan minyak atsiri lainnya yaitu estragole, linalool, cineole, sabiene, dan limonene. kandungan minyak esensial yang terdapat pada daunkemangi mampu menghambat pertumbuhan bakteri patogen sehingga daun kemangi digunakan sebagai antibiotik alami. 

4.Mengobati sakit kepala
Daun kemangi dapat mengobati sakit kepala. Rebusan daun kemangi dapat mengobati gangguan ini, dengan menumbuknya dan mengkompreskan pada bagian kepala maupun memakannya sebagai lalapan.

5.Meredakan stress
Setiap orang akan mengalami stress, tetapi kandungan yang terdapat pada dau kemangi dapat meredakan stress karena hormone kortisol yang dapat menyebabkan stres dapat berkurang setelah mengkonsumsi daun kemangi.

Demikian 5 manfaat daun kemangi yang menakjubkan, jangan buang daun kemangi ketika sebagai lalapan. Makanlah meski sedikit karena memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh anda.