5 Manfaat Tomat yang Perlu Diketahui


KESEHATANKU-Tomat merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, warnanya yang menarik yaitu merah menyala ketika sudah tua menjadikan tomat sebagai penghias dimakanan. Meskipun begitu tomat bisa dimakan seperti buah, tetapi bisa juga dijadikan pelengkap makanan yang lainnya bahkan bisa dijadikan bahan utama dalam pembuatan manisan tomat. Harganya yang begitu murah dan memiliki tingkat keawetan yang tidak terlalu lama, membuat beberapa pengusaha memutar otak supaya tomat memiliki tingkat keawetan yang lebih lama salah satunya dengan dibuat manisan. Meskipun sudah melalui proses pengolahan tomat memiliki banyak khasiat untuk tubuh apabila cara pengolahannya benar sehingga nutrisi yang berada dalam tomat tidak rusak. Berikut adalah manfaat tomat untuk kesehatan tubuh:

1.Melindungi kulit dari sinar matahari
Siapa yang tidak suka memiliki kulit yang sehat?mengkonsumsi tomat dapat menjaga kesehatan kulit anda, ini dikarenakan adanya kandungan likopen yang ada dalam tomat. Likopen dalam tomat berfungsi untuk mencegah kerusakanan jaringan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet.


5 Manfaat Tomat yang Perlu Diketahui



2.Menjadikan tulang Kuat
Tomat memiliki kandungan kalium, magnesium, dan fosfor yang semua yang diperlukan untuk kesehatan yang baik. Vitamin K yang terdapat pada buah tomat dapat mencegah mengeroposnya tulang atau lebih dikenal dengan istilah osteoporosis. Dengan mengkonsumsi tomat secara rutin dapat mencegah dari osteoporosis.

3.Menjaga Kesehatan mata
Selain wortel ternyata tomat juga membantu dalam menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A dalam tomat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata serta mampu menajamkan penglihatan mata anda.

4.Mencegah peradangan atau anti inflamasi
Tomat tinggi bioflavonoid dan karotenoid, yang dikenal agen anti-inflamasi. sehingga tomat sangat baik untuk mencegah terjadinya peradangan. dengan begitu tomat merupakan obat alami untuk peradangan. sehingga mengkonsumsi tomat sangat baik untuk menjaga tubuh dari peradangan.

5.Menjaga kesehatan pencernaan
kandungan serat yang tinggi pada tomat sangat penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Sehingga, bagi siapapun yang menginginkan sistem pencernaan tetap sehat dan lancar, mulailah dengan mengkonsumsi buah tomat tersebut.

Itulah 5 manfaat buah tomat yang menakjukkan, jika tidak suka mengkonsumsinya langsung bisa dibuat jus maupun sebagai bahan pelengkap makanan anda.