4 Penyakit yang Disebabkan Berlebihan Konsumsi Garam

KESEHATANKU-Garam yang dikenal dengan sodium atau garam dapur, merupakan bahan tambahan yang sering digunakan disetiap makanan. Dengan penambahan garam makanan yang dimasak akan menjadi lebih lezat. Kandungan natrium yang ada pada garam sangat diperlukan oleh otot dan dapat mengatur jumlah air dalam tubuh. Rata-rata asupan natrium harian bagi kebanyakan 1500 mg, sementara maksimum asupan 2300 miligram. Mengkonsumsi garam berlebihan dari yang telah direkomendasikan dapat menyebkan berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh konsumsi garam berlebihan:

1.Hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi yang mempengaruhi hampir kebanyakan orang. Banyak sekali faktor yang menyebabkan tekanan darah tinggi seperti stres dan mengkonsumsi garam secara berlebihan. Apabila anda sudah memiliki hipertensi sebaiknya kurangilah konsumsi makanan yang mengandung garam berlebih, dengan begitu dapat mencegah penyakit jantung dan stroke.

4 Penyakit yang Disebabkan Berlebihan Konsumsi Garam


2.Edema (retensi cairan)
Edema disebabkan oleh kelebihan cairan yang terdapat dalam tubuh, kondisi ini disebabkan oleh perubahan hormon, iklim dan asupan garam yang berlebihan. Edema atau retensi cairan dapat dikenali dengan adanya pembengkakan ditangan, pergelangan kaki maupun kaki. untuk menghindari edema sebaiknya jangan berlebihan dalam mengkonsumsi garam dan sebaiknya minum air putih secukupnya.

3.Jantung dan Stroke
Asupan garam berlebih tidak baik untuk kesehtan jantung anda, bahkan selain penyakit jantung penyakit stroke juga dapat timbul akibat berlebihan dalam mengkonsumsi garam.

4.Kanker perut
Bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) adalah faktor risiko utama terjadinya kanker perut karena dapat menyebabkan radang perut yang  dapat menyebabkan ulkus lambung dan kanker perut. H. pylori di perut tidak selalu akan menyebabkan kerusakan, namun garam dapat merusak lapisan perut, membuatnya lebih rentan terhadap efek H.pylori, dan garam juga dapat meningkatkan pertumbuhan dan tindakan bakteri sehingga lebih mungkin untuk menyebabkan kerusakan.

Itulah 4 penyakit yang disebabkan oleh konsumsi garam berlebihan, untuk mencegahnya sebaiknya anda minum air putih secukupnya sehingga kandungan garam dalam tubuh dapat terurai dan tidak berlebihan.